Minggu, 29 Desember 2013

Resep Dan Bumbu Bebek Goreng Khas Surabaya

Resep Rahasia Cara Membuat Bebek Goreng Surabaya - Sajian bebek goreng ini begitu nikmat jika dihidangkan bersamaan dengan nasi pulen yang ditanak agak sedikit lemes, sambal bawang dan lalapan segar, ditambah saat menikmatinya di temani orang yang paling kita cintai...

Berbicara mengenai Bebek Goreng, nih ada Resep Bebek Goreng Khas Surabaya yang bisa bunda coba dirumah sebagai menu pengganti untuk keluarga bunda tercinta.

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor bebek muda
  • 1 liter air mineral
  • 1 batang serai yang dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas dimemarkan 

Bumbu Yang Dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah, kupas kulitnya
  • 4 siung bawang putih, kupas
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • ½ sendok teh merica butiran
  • 2 buah MAGGI® Blok Rasa Ayam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam

Resep Cara Membuat Bebek GorengCara Mengolah Bebek Goreng Surabaya: 

  1. Potong-potong daging bebek menjadi 4 bagian, lalu bersihkan.
  2. Reebus air bersamaan dengan daun salam, lengkuas dan bumbu halus.
  3. Masukkan potongan bebek kedalam rebusan, dan masak dengan api sedang sampai air habis dan daging bebek menjadi empuk.
  4. Jika sudah empuk, Angkatlah potongan bebek, lalu tiriskan hingga dingin.
  5. Selanjutnya, Goreng daging bebek dalam minyak goreng panas dan banyak sampai kering.
  6. Angkat, dan tiriskan. 
  7. Sajikan hangat dengan nasi pulen, sambal bawang dan lalapan segar.


Resep Ayam Panggang Bumbu Lada Hitam

Resep Ayam BakarUntuk proses pembuatan ayam bakar bumbu lada hitam cukup simple, yaitu kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sedangkan untuk bumbu ayam bakar sendiri bunda tidak usah terlalu pusing, karena bumbunya sangatlah simpel dan mudah diperoleh, sehingga tidak menghabiskan waktu bunda saat berlibur dan bersantai bersama keluarga tercinta.

RESEP AYAM BAKAR BUMBU LADA HITAM

Bahan-Bahan :

  • 4 potong paha ayam 
  • 1 batang daun bawang ( Daun Loncang ), iris halus

Bahan Bumbu:

  • 2 sendok makan minyak sayur ( digunakan untuk menumis bumbu )
  • 1 siung bawang putih, dicincang halus
  • 3 butir bawang merah, dicincang halus
  • 2 sendok makan ®MAGGI Saus Tiram
  • 2 sendok makan ®MAGGI Seasoing
  • 1 sendok makan saos cabe botolan
  • 1.1/2 sendok teh lada hitam, memarkan agak sedikit halus

CARA MENGOLAH AYAM PANGGANG BUMBU LADA HITAM:

Membuat Bumbu:
  1. Tumis terlebih dahulu bawang putih dan bawang merah sampai layu dan harum.
  2. Kemudian tambahkan sisa bahan-bahan lainnya, aduk sampai mendidih. dan Angkat.
Proses Memanggang Ayam:

    Resep Ayam bakar Yang Mudah
  1. Baluri potongan daging ayam dengan Bumbu hingga merata. Dan diamkan selama 30 menitan.
  2. Letakkan potongan daging ayam yang sudah dibaluri bumbu kedalam pinggan tahan panas. Lalu taburi dengan potongan daun bawang.
  3. Kemudian, ayam dipanggang dalam oven panas dengan suhu 180 C, selama 30 menitan.
  4. Setelah 15 menitan dipanggang, balikkan ayam dan panggang kembali hingga agak kering dan matang.
  5. Angkat, potong-potong, sajikan.


Untuk @4 orang

Untuk artikel terkait ayam bakar bisa Bunda baca di Aneka Resep Ayam Bakar Atau Reses Olahan ayam bisa baca di Aneka Olahan Ayam

Resep Ayam Bakar Jeruk Limau

Resep Ayam Bakar With Jeruk Limau - Resep masakan ini sangat cocok disajikan saat santai bersama keluarga dan sebagai resep menu bakaran untuk menyambut tahun baru yang sebentar lagi datang... :D

Resep Bumbu Dan Cara Membuat Ayam Bakar Jeruk Limau

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong-potong menjadi 6 bagian, dan memarkan
  • 5 buah bawang merah, kupas kulitnya
  • 3 siung bawang putih, kupas kulit luarnya
  • 1 sendok makan air perasan jeruk limau
  • 1 sendok makan garam
  • 2 buah jeruk limau, dibelah dua
  • 3 sendok makan kecap manis, merk apa saja
  • 100 ml santan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan minyak digunakan untuk menumis bumbu ayam

Resep Ayam Bakar

Cara Mengolah  Ayam Bakar Jeruk Limau: 

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih
  2. Rendamlah potongan ayam kedalam air perasan jeruk limau dan garam selama kurang lebih 30 meniit. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Daun jeruk juga ikut di tumis sampai tercium aroma harum dari tumisan bumbu.
  4. Masukkan potongan ayam yang telah direndam dalam perasan air jeruk tadi dan aduk sampai berubah warna.
  5. Tambahkan kecap manis dan santan. Aduk-aduk sampai ayam setengah matang.
  6. Kemudian bakar ayam dengan bara api bersama potongan jeruk limau sampai benar-banar matang.
  7. Sajikan bersama nasi lemas dan hangat.

Kamis, 26 Desember 2013

Resep Dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Zebra, Itu Gampang..!!

Resep Kue Basah Bolu Gulung Zebra - Yummy...!! Lezatnya kue bolu Gulung Zebra ini sulit untuk dilupakan. hehe. Manis dan Legit rasa kue ini sangat mendominasi, sangat cocok jika dijadikan menu saat ada acara-acara penting keluarga. Jika Bunda tertarik ingin mencoba membuat kue bolu ini dirumah, bisa langsung di praktekkan. Proses cara membuat kue bolu gulung zebra tergolong cukup mudah di praktekkan kok, bahan baku pembuatanya juga gampang diperoleh. Jadi gak usah ragu untuk mencoba membuat kue ini ya? Oke berikut ini resep keu bolunya..

#RESEP KUE BOLU GULUNG ZEBRA ala Resep Rahasia Masakan

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung terigu berprotein rendah
  • 200 gr telur, ambil bagian putih telurnya ( White eggs )
  • 1/4 sendok teh pasta cocolate ( Coklat )
  • 1/4 sendok teh garam masak ( Salt )
  • 1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
  • 100 gram gula pasir putih
  • 25 gram minyak goreng
  • 25 ml susu cair ( Milk )


Bahan Vla Keju:

  • 180 gram susu cair
  • 25 gram gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 2 1/2 sendok makan tepung maizena
  • 50 gram keju cheddar, parut

Cara Mudah Membuat Kue Bolu Gulung Zebra:
Resep Kue Bolu Gulung Zebra


  1. Kocok terlebih dahulu putih telur, garam,dan emulsifier hingga menjadi setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sembari dikocok terus sampai adonan benar-benar mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu kedalam kocokan telur tadi sambil diayak dan aduklah sampai rata.
  3. Tambahkan minyak goreng dan susu cair sedikit demi sedikit sembari diaduk pelan.
  4. Kemudian, ambil 1/3 adonan (150 gram). Dan tambahkan 1/4 sendok teh pasta cokelat. Aduk merata. ( Adonan dibagi menjadi 2 bagian putih dan coklat )
  5. Ambil dengan menggunakan sendok adonan putih dan cokelat secara bergantian ke dalam loyang ukuan 26x26x3 cm yang sudah dialasi kertas roti. Cara menuangkan adonan harus berada di tengah loyang di titik yang sama. Ukuran loyang yang digunakan 26x26x3. Ratakan adonan sambil dimiring-miringkan loyangnya. Kemudian kukus adonan tadi di atas api sedang sekitar 15 menit sampai matang. Sisihkan.
  6. Cara mebuat Vla Keju: Susu, gula pasir, dan maizena direbus sambil diaduk-aduk sampai rebusan meletup-letup. Matikan api. Masukkan kuning telur. Aduk lagi hingga meletup-letup. Tambahkan keju. Aduk sampai keju larut. Angkat, dinginkan.
  7. Oleskan vla keju. Gulung dan padatkan.
  8. Kue bolu gulung zebra telah siap di buat dan sajikan.
@16 potong


Kamis, 19 Desember 2013

Resep Dan Cara Membuat Pizza Tanpa Oven

Resep Masakan Indonesia | Resep Kue Pizza - Kamu suka makan Pizza? Pizza merupakan makanan khas Italia yang paling banyak digemari karena rasa yang cheesy dan yummy lezatnya..

Nah, kali ini Resep Rahasia Masakan Indonesia akan membagikan tips cara membuat  kue pizza tanpa harus dioven telebih dahulu untuk membuat pizza, kebanyakan pizza pada umumnya kan harus diopen terlebih dahulu, ribet bukan klo harus di open? Untuk membuat pizza tanpa oven caranya gampang, cukup yang kamu butuhkan hanyalah wajan yang tidak lengket dan wajan yang mampu menyerap panas dengan baik sehingga kamu akan mendapatkan kematangan yang merata. Berikut adalah resepnya.

Resep Dan Cara Membuat Pizza Tanpa Oven

Bahan Adonan Untuk Pizza
  • 140 gram tepung terigu berprotein sedang
  • 1 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 ml air

Bahan Untuk Topping

  • 2 buah sosis, iris tipis
  • Paprika (warna apa aja sesuai selera)
  • Jamur kancing, iris tipis
  • 1 cup keju yang diparut
  • Smoked beef

Bahan Saus
- Untuk membuat saus bisa menggunakan saus tomat, sauce barbeque atau saos bolognese kemasan, sesuaikan dengan selera saja.

Cara Membuat Pizza Tanpa Oven 

  1. Masukkan tepung terigu, baking powder dan garam. Aduk sampai tercampur rata.
  2. Tuangkan air dan minyak zaitun sedikit demi sedikit. Uleni adonan sampai benar-benar kalis. Buatlah adonan tadi menjadi bulatan-bulatan.
  3. Siapkan wajan anti lengket. Lapisi wajan dengan margarin, Lalu masukkan adonan roti pizza pada wajan. Kamu bisa memilih ingin lapisan roti yang tebal ataukan yg tipis. Kalau ingin roti yang tipis, pipihkan saja dengan jari sampai menyeluruh pada wajan.
  4. Masukkan saus yang sudah kamu buat tadi pada lingkaran dalam adonan dan silakan berkreasi dengan pilihan topping yang kamu mau. Jangan lupa taburi keju parut,  atau kamu juga bisa menggunakan keju yang mudah leleh pada permukaan pizza.
  5. Hidupkan api kecil saja. Tutuplah wajan supaya pizza bisa matang dengan rata. Tunggu sekitar 10 menit. Jika kamu ingin memastikan kematangan pizza, kamu bisa menggunakan garpu. Gunakan waktu beberapa menit lebih lama bila memang belum matang.
  6. Selesai
Untuk 4-6 orang.

Cukup mudah bukan? Kamu juga bisa memfariasikan topping lainya sesuai dengan keinginan kamu. Segera deh kamu praktekkin Resep Kue Pizza Tanpa Oven ini.. Kamu juga bisa mencoba Resep Cara Membuat Pudding Tiramissu dan Resep Kue Bolu Lapis Karamel. Atau Cari resep kue lengkap di Aneka Resep Kue

Jumat, 13 Desember 2013

Resep Kue Pie With Cornflakes

Kumpulan Resep Kuliner Nusantara - Kue pie mungkin sudah tidak asing lagi yah? Ya, pie yang dilapisi coklat akan memberikan nuansa beda dan tentunya bercitarasa yang nikmat jika dihidangkan bersama keluarga tercinta. Penasaran? Pengen tau gimana caranya membuat pie coklat yang lezat? Berikut ini adalah resep cara membuat kue Pie With Cornflakes seperti yang dilansir female.kompas.com

Resep cara Membuat Kue Pie lapis Coklat
Bahan :

  • 10 batang biskuit cokelat
  • 100 ml susu kental manis cokelat
  • 50 gram corn flakes 

Cara membuat Pie With Cornflakes:

  1. Ambil 10 batang biskuit, hancurkan biskuit sampai halus. Dan campurkan biskuit halus dengan susu kental manis cokelat.
  2. Selanjutnya, masukkan adonan kue pie ke dalam cetakan pie kecil, tekan-tekan adonan sampai padat dan memenuhi seluruh bagian cetakan. Dinginkan. 
  3. Terakhir, keluarkan adonan dari cetakan, lalu tambahkan corn flakes ke dalam mangkuk pie, kemudian sajikan. 


Resep karya : Chef Yeni Ismayani untuk Tupperware

Semoga resep Kue Pie diatas memberikan inspirasi anda untuk semakin rajin dalam mengolah kreasi hasil masakan anda dirumah yah? Jangan lupa baca artikel saya sebelumnya Resep Lumpia Goreng Khas Kota Semarang dan Resep Ayam Goreng Kecap Manis.


Senin, 09 Desember 2013

Resep Ubi Panggang Tabur Keju Yang Nikmat

Resep Ubi Panggang Keju - Ubi bisa diolah menjadi berbagai jenis panganan, bisa digoreng, bisa dikukus, dijadikan keripik, dan dengan dipanggang. Mungkin kalo ubi panggang masih banyak yang belum tahu yah? Berikut ini adalah Cara Membuat Ubi panggang Tabur Keju yang saya kutip dari vimale.com sebagai bahan referensi artikel resep masakan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Bahan Utama :
  • 4 butir ubi putih berukuran sedang, cuci sampai bersih
  • 300 gr keju quick melt, potong bentuk dadu
  • 1/2 sendok teh bubuk lada hitam
  • 1/2 sendok teh bubuk paprika
  • 8 lembar kertas aluminium foil ukuran 30x30 cm
Bahan pelengkap :
  • Smoked beef panggang
  • Pucuk daun peterseli

Ubi panggang

Cara Membuat Ubi Panggang :
  1. Letakkan ubi di atas 2 lembar kertas aluminium foil, lipat dibagian atasnya seperti bungkus kado. Sisihkan.
  2. Tata ubi di dalam oven, kemudian panggang selama kurang lebih 40 menit dengan kisaran suhu 200 'C, angkat dan sisihkan.
  3. Buka kertas aluminium, belah menyilang menjadi 4 bagian menggunakan pisau. Lakukan dengan langkah yang sama, letakkan ubi satu per satu kedalam mangkuk kecil. Sisihkan.
  4. Berikan keju dibagian atas dan dalam ubi. Sisihkan.
  5. Panggang kembali ubi dengan suhu 180 derajat Celcius. Setelah matang, hilangkan uap panasnya.

Sabtu, 07 Desember 2013

Tips Cara Memilih Telur Yang Masih Baru Dan Bagus Kualitasnya

Tips Memilih Telur Yang Baru - Telur merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai bentuk olahan, bisa dimasak menjadi sambal, Mie dan Kue. Namun apakah Anda tau dan bisa menebak kesegaran isi dalam telur? Mungkin agak sulit bagi sebagian orang untuk menebak apakah telur ini masih segar, sudah tidak segar, atau bahkan sudah busuk.

Bagi pemula mungkin agak sulit membedakan telur mana yang baik dan telur mana yang jelek kualitasnya. Jika dilihat dari kulit luarnya semua telur memiliki bentuk dan warna yang sama sehingga sulit untuk membedakan. Nah, beruntungnya ada cara mudah untuk membedakan telur yang masih segar dan telur yang sudah tidak baik.

cara memilih telur baru
Telur


Berikut adalah Tips Cara Membedakan Telur Yang Masih baik Dan Tidak :

  • Sediakan sebuah baskom dengan tinggi wadah yang cukup agar seluruh bagian telur terendam.
  • Jika telur dalam posisi tidur, berarti telur masih segar.
  • Jika telur agak sedikit miring atau mengambang, berarti usianya sudah sekitar 4 - 9 hari.
  • Jika telur yang direndam dalam posisi tegak, berarti telur ini sudah disimpan lebih dari 10 hari.
  • Cara seperti ini sangat penting untuk Anda ketahui, karena semakin segar telur yang Anda pilih, semakin baik hasil masakan atau kue Anda.


Tips Menyimpan Telur Baru dan Lama

Jika stok telur belum habis, sebaiknya sebelum membeli telur yang baru pisahkan telur yang lama agar lebih cepat digunakan. Berilah penanda untuk telur yang lama, misalnya dengan cara memisahkan telur di wadah lain atau memberi satu titik dari pewarna makanan di kulit telur untuk telur yang lebih lama.

Demikianlah Tips Memulih Telur Yang Baik, semoga tips diatas mampu membantu anda. Selamat mencoba..>!!

Tips Cara Aman Saat Menggoreng Ikan Agar Tidak Mudah Meletup

Tips Dapur Sehat - Memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bukan? Apalagi memasak masakan favorit kesukaan Anda bersama keluarga. Melihat keluarga tercinta tersenyum bahagia saat menyantap hidangan yang anda sajikan.

Namun banyak wanita enggan jika harus memasak menu ikan goreng. Berbagai alasan muncul, yang paling jelas dan pasti adalah karena takut dengan letupan minyaknya yang bisa sewaktu-waktu melukai kulit. Memang benar saat menggoreng ikan minyak akan meletup dan loncat kesana-kemari saat ikan dimasukkan kedalam wajan penggorengan. Namun Anda jangan khawatir, karena disini akan dibagiikan tips cara menggoreng ikan agar minyak tidak meletup mengenai kulit Anda.

Berikut adalah Tips Memasaknya :

1. Perhatikan jumlah minyak yang dugunakan untuk menggoreng

Minyak yang dugunakan sebisa mungkin jangan lebih dari sepertiga ukuran wajan penggorengan.
Perlu diperhatikan bahwa minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu oleh suhu panas. Dan semakin banyak jumlahnya maka minyak akan semakin mudah meluap.

2. Menjaga suhu minyak agar jangan terlalu panas

Untuk menggoreng ikan akan lebih aman kalau Anda menggunakan minyak goreng yang memiliki titik didih yang tinggi misalnya vegetable oil atau sunflower oil. Namun jika Anda memilih menggunakan minyak biasa yang digunakan untuk menggoreng ikan, maka Anda wajib menjaga suhu minyak goreng agar tidak terlalu panas.

Jika Anda menggunakan minyak biasa trik pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memanaskan minyak menggunakan api besar, kemudian stabilkan suhu panasnya dengan memindah ke mode api kecil atau sedang.

3. Sesuaikan ukuran bahan

Bukan dengan cara memasukkan semua bahan ke dalam penggorengan maka Anda bisa mempercepat waktu memasak. Justru akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mempertimbangkan ukuran bahan yang akan digoreng saat memasaknya.

Semakin penuh wajan yang digunakan, maka suhu pada minyak akan semakin menurun. Jika suhu pada minyak rendah, maka waktu penggorengan akan semakin lama, selain itu minyak juga akan diserap oleh bahan.



Air Vs minyak

Dalam suhu yang sama, apabila air dicampurkan dengan minyak maka minyak akan mengambang. Namun, bila minyak berada pada suhu tinggi, maka ia akan membuat air menguap sehingga menimbulkan letupan-letupan kecil.

Untuk itu, siapkan tutup khusus untuk wajan sehingga saat bahan yang Anda goreng kadar airnya cukup tinggi, letupannya akan ditahan oleh penutup wajah dan tidak sampai ke mana-mana.

Tips mengurangi letupan saat menggoreng

Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi letupan pada saat melakukan penggorengan diantaranya adalah :

1. Melapisi wajan menggunakan daun pisang pada saat menggoreng ikan
2. Meneteskan perasan air jeruk nipis pada minyak sebelum digunakan untuk menggoreng

Tips Cara Aman Saat Menggoreng Ikan Agar Tidak Mudah Meletup diatas berdasarkan essai yang kamu rangkum dari vimale.com. Semoga informasi Tips dapur ini bermanfaat bagi pembaca semua

Jumat, 06 Desember 2013

Resep Lumpia Goreng Khas Semarang

Resep Lumpia Semarang - Saat kemarin ResepHariIni telah membagikan Resep Cara Membuat Ayam Goreng Ala Resto Mbok Berek, giliran pada kesempatan ini akan membagikan Resep Lumpia Semarang khusus untuk pembaca semua. Lumpia goreng merupakan cemilan ringan yang dibuat dari sayur-sayuran dan daging sebagai isinya, makanan ini sangat cocok disajikan saat masih hangat dan begitu nikmat jika dinikmati bersama keluarga tercinta. Penasaran pengen tau cara pembuatanya? Yuk intip langsung resepnya.



Bahan-bahan untuk Membuat Lumpia :

  • 15 lembar  kulit lumpia 
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan air
  • Minyak goreng 

Bahan-bahan Isi Lumpia :

  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok teh Ebi disangrai, haluskan
  • 50 gram udang, cacah kasar
  • 50 gram daging ayam, cincang kasar
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 200 gram rebung, iris lembut
  • 1 sendok makan kecap manis 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 1/2 sendok teh gula pasir 
  • 2 sendok teh minyak goreng, buat tumisan 

Bahan Saus untuk Penyajian Lumpia :

  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 300 ml air 
  • 50 gram gula merah, sisir/rajang halus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 2 sendok makan tepung sagu dan 1 sdm air, larutkan untuk pengental saus


Cara Membuat Lumpia Semarang:

Cara membuat isi Lumpia : 

  1. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, tumis terlebih dahulu campuran bawang putih dan ebi sampai keluar aroma harum. Masukkan udang serta daging ayam. Aduk-aduk sampai berubah warna. Sisihkan dipinggiran wajan. 
  2. Kemudian masukkan telur. Goreng orat-arit. Masukkan rebung. Aduk-aduk hingga layu.
  3. Tambahkan kecap manis, merica bubuk, garam serta gula pasir. Masaklah hingga semua bumbu meresap.
  4. Siapkan selembar kulit lumpia. Taruh bahan isian lumpia di atas kulit lumpia. Lipat dan gulung kulit sampai rapi dan rekatkan menggunakan larutan tepung terigu. 
  5. Goreng dengan minyak dalam wajan yang suda dipanasi sampai lumpia matang dan berwarna kecokelatan.
  6. Angkat dan tiriskan

Membuat Saus untuk Sajian : 
  1. Rebus air dan bawang putih yang sudah dihaluskan sampai mendidih. 
  2. Tambahkan gula merah, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk sampai seluruh campuran larut.
  3. Masukkan larutan tepung sagu agar saus lebih kental. Masak hingga mendidih.
  4. Lumpia siap untuk dihidangkan lengkap dengan saus pelengkap sajian.

Mudah kan Cara membuat Lumpia khas Semarang? Tunggu apa lagi, silahkan di coba..!!

Kamis, 05 Desember 2013

Resep Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Dan Krenyess

Cara Membuat Keripik BayamCara membuat Keripik Bayam - Tokoh film kartun Popeye dan Olive tidak asing lagi bagi kita, setiap kali popeye memakan bayam, kekuatan super popeye akan semakin bertambah kuat. Nah, kalo kita makan bayam apa bisa sekuat popeye yah? hehe.

Selain bayam dijadikan bahan sayuran, bayam juga bisa dibuat sebagai cemilan yang enak dan gurih lho.. Caranya dengan membuat keripik bayam, tektur keripik bayam yang renyah dan citarasa gurih dari bayam membuat lidah tak mau berhenti untuk ' ngemil '. Penasaran dan pengen tau cara membuat keripik bayam yang renyah dan enak? Ikuti cara pembuatanya berikut ini :

Bahan Keripik Bayam

  • 1 ikat bayam, usahakan daunya yang lebar
  • 1/2 gelas tepung terigu
  • 1 gelas tepung beras
  • 1 gelas santan dari seperempat bagian kelapa parut
  • Minyak goreng

Bahan Bumbu Keripik

  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh bubuk jintan
  • 1/2 sendok  teh bubuk ketumbar
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1/2 sendok teh gula jawa iris

Cara Membuat Keripik Bayam:

  1. Ambil bagian daun bayamnya saja. Cuci bersih dan Sisihkan. Semua bahan bumbu diulek / digiling sampai halus. 
  2. Bumbu halus dimasukkan ke dalam campuran tepung terigu, tepung beras dan aduk sampai tercampur rata. 
  3. Tuangi santan ke dalam campuran tepung dan bumbu, aduk sampai adonan tidak menggumpal dan sedikit encer. 
  4. Setelah itu, lapisi sehelai daun bayam dengan adonan tepung hingga rata. Goreng dalam minyak panas sedang hingga tepung warna kuning kecokelatan. Tiriskan dan Sajikan.


Kandungan Gizi Pada Bayam tiap 100 gram: 

Energi              : 36   kal
Protein             : 3,5  g
Lemak              : 0,5  g
Karbohidrat      : 6,5  g
Serat                : 0,8  g
Kalsium            : 267 mg
Fosfor               : 67 mg
Besi                  : 3,9 mg
Vitamin A         : 6.090 IU
Vitamin B1        : 0,08 mg
Vitamin C          : 80 mg
Air                     : 86,9   g

Ternyata bayam memilki kandungan gizi yang banyak manfaat ya? Tertarik untuk membuat keripik bayam yang enak dan renyah untuk cemilan keluarga dirumah? Coba aja deh resep diatas. Pasti oke deh...!!! Jika anda tertarik dengan keripik singkong balado, nih Resep Cara Membuat Keripik Balado Yang Renyah Dan Krenyesss.

Selasa, 03 Desember 2013

Resep Dan Bumbu Sop Buntut Sapi Spesial - Masakan Indonesia

Resep dan bumbu sop buntut spesial
Resep Sop Buntut Sapi Spesial - Mendengar namanya terasa aneh yah? Yah, sop buntut sapi merupakan hidangan yang termasuk banyak penggemarnya juga lho. Apalagi disajikan saat cuaca hujan gerimis seperti saat ini.. Heeem, Yummi... Lezaaaatnyaa..!!!

Untuk membuat sop buntut tidak begitu sulit kok, bumbu masakan yang digunakan juga tidak terlalu banyak dan ribet. Sehingga pembaca semua bisa langsung mencoba dan mempraktekan resep sop buntut ini di rumah..

Bahan:

  • 500 gram buntut sapi, dipotong kecil-kecil dan direbus
  • 6 buah sosis sapi, potong 2 cm, bentuk kembang 
  • 1 liter air bersih
  • 100 gram kacang merah, rebus 
  • 3 siung bawang putih, haluskan 
  • 1 bawang bombay, potong kotak 
  • 1 buah tomat ukuran besar, dipotong-potong 
  • 2 iris jahe, dimemarkan 
  • 2 buah wortel, bentuk kembang 
  • 2 tangkai daun bawang, dipotong-potong 
  • 2 tangkai seledri, dipotong-potong 
  • 2 butir cengkeh 
  • ½ sendok teh bubuk biji pala 
  • 50 gram kacang polong
  • garam dan merica secukupnya 

Cara Membuat Sop Buntut:


  1. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe sampai aroma menjadi harum.
  2. Tuangkan tumisan bumbu tadi ke dalam rebusan buntut. Sebelumnya kaldu diukur terlebih dahulu. Tambahkan air sampai seluruh kaldu berjumlah 2 liter
  3. Masukkan wortel, irisan daun bawang, irisan daun seledri, irisan tomat, cengkeh, garam, merica, dan bubuk biji pala.
  4. Setelah wortel setengah matang, masukkkan kacang merah rebus, sosis. Sebelum diangkat, masukkan kacang polong. Biarkan sesaat lalu angkat.
  5. Sop selesai dimasak


@Untuk 6 porsi

Untuk jenis sop ini ternyata memiliki banyak varian olahan lho, Ada yang sop buntut sapi, sop buntut kambing, sop buntut kerbau dan lain lain, dan ternyata sop ini juga banyak di hidangkan di restauran / resto juga lho...

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Kecap Manis

Aneka Masakan Ayam - Jika membahas tentang makanan nusantara rasanya gak ada habisnya, karena bumi kita terdiri dari berbagai macam suku, etnik dan budaya. Resep makanan yang disajikan berbeda pula dari daerah satu ke daerah yang lain. Namun okelah, kita musti bangga dengan kekayaan kuliner yang kita miliki. Pada Artikel resep masakan kali ini resephariini akan membagikan resep masakan ayam untuk anda semua, yaitu Resep Cara Membuat Ayam Goreng Kecap yang tentunya enak banget...
Langsung aja yah  ? :D

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • Merica bubuk. 1/2 sendok teh 
  • Air jeruk lemon. 1 sendok makan
  • Garam. 1.1/2 sendok teh 
  • Minyak goreng untuk menggoreng 

Bumbu Saus:

  • Margarin untuk menumis, 100 gram
  • Gula pasir, 1.1/2 sendok makan 
  • Bawang bombay, potong panjang, 1 buah 
  • Bawang putih, memarkan dan cincang kasar, 3 siung 
  • pekak, 1 buah
  • Garam, 1/2 sendok teh teh
  • Kecap manis, 4 sendok makan
  • Air 200 ml 
  • Air jeruk lemon, 1 sendok teh 
  • Daun bawang, iris miring. 1 batang 

Bahan Pelengkap:

  • Jeruk limau. 1 buah

Cara Membuat Ayam Goreng Kecap :


  1. Daging ayam di lumuri air jeruk lemon, garam dan merica, dan diamkan kurang lebih 30 menit.
  2. Goreng ayam menggunakan minyak panas di atas api sedang sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan margarin hingga meleleh, kemudian masukkan gula pasir, biarkan sampai larut dan kecoklatan.
  4. Tumis bawang bombay, bawang putih dan pekak sampai beraroma harum.
  5. Tambahkan kecap manis dan garam, aduk sampai rata. Masukkan air beserta air jeruk lemon, masak hingga kental dan bumbu meresap.
  6. Masukkan ayam, aduk rata hingga ayam terbalut bumbu. Tambahkan daun bawang sebelum diangkat kemudian aduk rata.
  7. Sajikan dengan nasi hangat dan jeruk limau.
Untuk menambah perbendaharaan resep masakan bisa anda baca juga di blog sahabat saya  tentang Resep Rahasia Masakan

Kamis, 28 November 2013

Resep Bumbu Rahasia Ayam Goreng Mbok Berek

Resep Rahasia Masakan Indonesia - Sebenarnya ayam goreng ini proses pembuatanya hampir-hampir sama dengan ayam goreng yang lain, Yang menjadi ciri khas masakan Nusantara ayam goreng Mbok Berek adalah sajian menu sambal dan tidak memakai kecap manis. Berikut adalah Resep membuatnya :

Bahan Bumbu Rahasia Ayam Goreng Mbok Berek:
  • 1 ekor daging ayam yang masih muda
  • 8 butir bawang merah sedang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm langkuas
  • 4 lembar daun salam
  • garam secukupnya saja
  • air kelapa
  • minyak goreng untuk menggoreng
Cara Pembuatanya :

  1. Daging ayam dibelah  2 bagian dan cuci bersih.
  2. Giling bumbu bawang merah, bawang putih dan garam.
  3. Letakkan potongan ayam kedalam wajan, kasih bumbu yang udah digiling  tadi .
  4. Geprek lengkuas sampai memar, sedangkan daun salam dibiarkan utuh. Tuangi air kelapa, tutup wajannya, godok menggunakan api besar. Jika sudah mendidih apinya dikecilkan.
  5. Masak sampai ayamnya empuk dan bumbu meresap. Lalu goreng dengan minyak panas sampe berwarna coklat matang.

Rabu, 27 November 2013

Resep Ayam Goreng Mbok Berek

Resep Ayam Goreng Mbok Berek - Warung makan ayam goreng Mbok Berek selalu ramai di kunjungi oleh pecinta kuliner, masakan dengan citarasa khas dan ayam goreng yang nikmat membuat lidah ketagihan ingin selalu makan di resto itu.

Bahan Bumbu:

  • 1 ekor daging ayam muda
  • 8 butir bawang merah sedang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm langkuas
  • 4 lembar daun salam
  • garam secukupnya saja
  • air kelapa
  • minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuatnya :

  1. Langkah pertama, Belah daging ayam menjadi 2 bagian kemudian cuci sampai bersih.
  2. Tumbuk halus semua bumbu bawang merah sedang, bawang putih, garam secukupnya saja
  3. Kemudian, Letakkan potongan ayam kedalam wajan, beri bumbu yg telah ditumbuk haluskan tadi .
  4. Langkuas digeprek sampai pipih, sedangkan daun salam dibiarkan utuh. Tuangi air kelapa, tutup wajannya, masak dengan api besar.
  5. Jika sudah mendidih apinya dikecilkan. Godok sampai ayamnya empuk.
  6. Langkah terakhir ayam digoreng dengan minyak yg panas hingga berwarna kecokelatan.


Penasaran ingin mencoba Resep Ayam Goreng Mbok Berek? Langsung praktek aja, jangan tunggu lama-lama... hehe. Resep yang bisa anda coba juga di rumah, Rese Ayam Goreng Fried Chicken Krispy.

Minggu, 24 November 2013

Resep Ayam Masak Rica-rica Super Pedas

Resep Ayam Masak Rica-rica - Nusantara sangat kaya akan kulinernya yah, didukung oleh hasil rempah-rempah terbesar sehingga Nusantara terkenal juga dengan berbagai macam kuliner yang enak-enak dan lezat. Adapun kuliner asli Nusantara yang paling banyak dimasak adalah menu masakan rica-rica. Bicara soal menu rica-rica, Resep Rahasia Masakan Indonesia ada resep spesial nih untuk bunda semua. Simak resepnya yah? Jangan Lupa dipraktekin... hehe

Bahan - bahan :
  • Ayam sedang ( 1 ekor ) 
  • Air ( 300 cc )
  • Minyak goreng ( 1 cangkir )
Bumbu Halus:
  • Bawang merah ( 6 butir ) 
  • Tomat ( 2 buah )
  • bawang putih ( 4 siung )
  • Jahe ( 1 cm )
  • Gula pasir ( 1 sdt  )
  • Cabe merah ( 100 gr  )
  • garam secukupnya
Cara memasak :
  1. Ayam di potong-potong menjadi 4 bagian
  2. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu hingga beraroma harum
  3. Kemudian masukkan ayam kedalam tumisan bumbu tadi dan masak hingga bumbu merata
  4. Tambahkan air sedikit dan masak ayam hingga 1/2 matang dan angkat
  5. Panggang ayam diatas api sedang sambil di lumeri dengan bumbu yang telah disediakan.
Selain Resep Ayam Masak Rica-rica Resep Rahasia Masakan Indonesia juga punya resep istimewa nih untuk bunda coba dirumah Resep Kentucky Fried Chicken ( KFC ) Crispy yang enak dan renyah.

Sabtu, 23 November 2013

Resep Kentucky Fried Chicken ( KFC )

Kentucky Fied Chicken Extra Crispy - Renyahnya ayam goreng krispi sungguh menggugah selera. Resep dan cara membuat Kentucky Fried Chicken ( KFC ) ternyata sangat mudah lho. Bunda pengen mencobanya dirumah? Pasti pengen dong? Yuk simak resepnya berikut ini.. :)

Bahan membuat Kentucky Fried Chicken :
  • 1 ekor ayam utuh dibagi menjadi beberapa bagian
  • 8 cangkir shortening ( minyak beku )
  • 1 butir telur  ukuran sedang
  • 1 cangkir susu cair
  • 2 cangkir tepung bumbu
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 3/4 sendok teh merica bubuk
  • 3/4 sendok teh MSG
  • 1/8 sendok teh Bawang Putih bubuk
  • 1/8 sendok teh soda kue

Cara membuat Fried Chiken :

    Fried Chiken
  1. Langkah awal, Panaskan minyak goreng didalam wajan penggoreng
  2. Campurkan susu dan telur. Aduk-aduk hingga tercampur rata. dan sisihkan
  3. Campurkan tepung berbumbu, bawang putih bubuk, garam, lada , MSG dan soda kue
  4. Letakkan masing-masing potongan ayam ke serbet supaya air dari ayam hilang.
  5. Potongan-potongan ayam dicelupkan kedalam campuran telur dan susu, kemudian baluri ayam dengan campuran tepung kering, 
  6. Celupkan lagi baluran pertama ke dalam campuran telur dan susu, lalu baluri kembali sampai ayam terlapisi dengan baik.
  7. Sisihkan ayam yang sudah terlapis tepung pada piring
  8. Goreng potongan ayam yang telah berlapis tepung kedalam miyak yang sudah panas hingga kering dan wara kecokelatan
Artikel  resep masakan diatas merupakan resep masakan barat, Mungkin bunda juga pengen mencoba Resep Ayam Bakar Bumbu Rendang yang merupakan Resep Asli Nusantara ?

Resep Rahasia Masakan Sambal Udang Saus Tiram ala Masakan Restauran

Resep Rahasia Aneka Masakan Seafood - Nikmatnya rasa sambal udang saus tiram menggugah lidah kita untuk segera menikmatinya, apalagi dinikmati dengan nasi sedikit kalis ( tdk akas ). Hemm, nikmatnya terasa banget.. hehe.
Proses memasak sambal udang saus tiram tidak terlalu sulit untuk di coba. Nah, jika ingin mencoba resep sambal udang saus tiram ala resep rahasia masakan, dibawah ini saya bagikan artikel resep rahasianya. Simak dan praktekkan yah? :)

Bahan-bahan yang harus di siapkan:

  • 200 gr Udang berukuran sedang, bersihkan
  • 1/4 siung Bawang Bombay, iris 
  • 1 gr Kacang Kapri 
  • Minyak goreng untuk menumis
  • 80 ml Air
Bumbu halus :
  • 2 sdm Saus Sambal
  • 1 sdm Saus Tomat
  • 1 ruas Jahe, iris
  • 3 sdm Saus Tiram
  • Merica, secukupnya saja 
  • Garam secukupnya saja
Cara Memasak Udang Saus Tiram:
    Resep Udang saus tiram
  1. Irisan bawang bombay ditumis terlebih dahulu hingga layu.
  2. Kemudian tambahkan irisan jahe, dan tumis hingga aroma harum.
  3. Selanjutnya, masukkan kacang kapri dan 2 sdm air, masak hingga matang.
  4. Tambahkan udang, masak sampai udang berubah warna kemerahan.
  5. Masukkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, merica, garam dan sisa air.
  6. Masak sampai air berkurang dan agak kental.
  7. Angkat dan sajikan hangat.
Yummi... Masakan Sambal Udang Saus Tiram sudah selesai di buat. Sangat simple dan mudah bukan resep cara membuat sambal udang saus tiram yang enak dan lezat? Jadi tunggu apa lagi, segera praktekkan dirumah yah ?  Selamat mencoba..!! Resep Rahasia Cara Memasak Ayam Bakar Bumbu Rendang

Jumat, 22 November 2013

Resep Steak Kentang Goreng Kress

Cara membuat Steak Kentang Kress - Untuk menikmati stek kentang kress yang enak dan lezat seperti menu hidangan ala restaurant food court gak perlu mengeluarkan budged yang banyak, sehingga menguras kantong yang lagi bolong karena terus digerogoti oleh kebutuhan. hehe.

Untuk bisa menikmati steak ini anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa harus capek2 pergi ke mall atau restauran, dan dengan biaya yang minim, namun hasil rasa steak kentang kressnya gak kalah dengan buatan cheaf kondang lho. Tertarik kan? Cekidot praktekin resep rahasianya..

Bahan bumbu Steak Kentang Goreng :

  • 2 buah kentang mentah, bersihkan dari kulit luar
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sdm garam
  • 400 ml Air  
  • Minyak  goreng secukupnya saja


Cara Membuat Steak Kentang Goreng yang enak:

    Steak kentang Goreng
  1. Kupas kentang dari kulitnya, kemudian cuci sampai benar-benar bersih dan diiris memanjang sebesar korek api ( Seperti Steak )
  2. Masukkan irisan kentang tadi ke dalam panci, Kemudian campurkan garam, bawang putih, dan air.
  3. Irisan kentang yang telah tercampur bumbu tadi kemudian di rebus hingga air dalam panci mendidih sambil diaduk. Tiriskan kentang dan siram dengan air dingin.
  4. Goreng kentang dalam minyak panas hingga hampir matang (hingga kentang mengeras) kemudian ditiriskan.
  5. Diamkan kentang yang telah digoreng tersebut hingga menjadi dingin (biasanya sekitar 1 jam).
  6. Setelah dingin, goreng kembali kentang tersebut sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


Selasa, 19 November 2013

Resep Dan Cara Membuat Omelet Telur Enak

Resep Dan Cara Membuat Omelet Telur Enak

Resep rahasia masakan yang akan saya bagikan disini adalah Resep Omelet Telur. Menu yang satu ini memiliki citarasa yang enak dan lezat, proses pembuatanya tidak jauh beda dengan cara membuat martabak telor. Yang membedakan mungkin hanya bahan baku pembuatanya saja. Penasaran bagaimana proses pembuatanya? Ikuti caranya berikut ini :

Bahan Untuk Membuat Omelet:

  • 3 butir telur
  • 1/2 buah bawang bombay kecil, cincang halus
  • 1/2 buah wortel, cincang halus
  • 1 lembar rumput laut panggang
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • garam secukupnya saja
  • Cabai bubuk secukupnya saja

Cara Membuat Omelet Telur ala Resep Rahasia Masakan:

  1. Kocok telur terlebih dahulu menggunakan sendok garpu.
  2. Kemudian tambahkan irisan bawang bombay, wortel, garam, cabai bubuk dan Aduk sampai tercampur rata.
  3. Panaskan minyak di pan dadar, tuangkan campuran telur lalu Masak dengan api kecil sampai matang.
  4. Taruh lembaran rumput laut di atas omelet, kemudian gulung omelet sampai padat.
  5. Diamkan hingga dingin lalu potong-potong dan sajikan.


Tips: Gunakan peralatan memasak yang bersih dan higienis agar kesehatan keluarga terjamin.

Simple kan cara membuat omlet telur yang enak itu? Langsung dipraktekin deh resepnya, daripada nanti lupa... hehe.

Jumat, 15 November 2013

Tips Cara Memasak Ayam Yang Enak dan Sehat

Tips Cara Memasak Ayam Yang Enak dan Sehat - Kemarin Resep rahasia masakan telah memposting Resep Cara Membuat Kue Klepon dan kali ini kami akan mencoba membagikan tips cara memasak Ayam yang sehat untuk anda semua. Ayam adalah salah satu lauk yang paling mudah disajikan dan kegemaran banyak orang. Mengkonsumsi ayam memberikan efek kesehatan baik bagi tulang, otot, maupun mendukung nutrisi lainnya seperti protein.

Selain itu, ayam kaya akan selenium yang membantu mencegah penyakit arthritis. Kaya akan zinc, ayam mampu menyeimbangkan hormon testosterone di dalam tubuh serta melindungi jantung.

Bagi wanita, kandungan magnesium di dalam ayam dapat meredakan gejala PMS. Sedemikian banyaknya manfaat ayam, Anda harus tahu bagaimana cara penyajian yang tepat dan sehat. Berikut adalah beberapa cara mengolah ayam agar menjadi menu yang sehat dikonsumsi, seperti dikutip dari boldsky.

Dipanggang di atas wajan yang dilapisi daun pisang

Ayam panggang adalah salah satu menu lezat yang dapat membuat bumbu meresap lebih dalam. Selain itu, memanggang ayam juga merupakan metode yang cukup sehat karena langsung menggunakan lemak yang dikandungnya.

Direbus
Memasak ayam dengan cara rebus biasanya ditemukan pada sup. Sup ayam ini selain kaya akan beragam nutrisi juga mampu membantu menyembuhkan flu, mengembalikan immune tubuh serta membantu menurunkan berat badan.

Dibumbui khusus

Menggoreng ayam agak tetap sehat Anda harus menambahkan bumbu khusus yang membuat ayam jadi lebih sehat. Misalnya saja menambahkan kemangi, bubuk cabai, oregano, jinten, paprika, bawang, jahe atau ketumbar.

Dioven

Bila Anda punya oven, maka Anda bisa mengolah ayam dengan cara dioven. Terlebih dahulu ayam ditaburi bumbu dan dioven selama beberapa menit sesuai dengan resep yang Anda coba. Tetapi jangan sampai ayamnya gosong ya, karena nutrisinya akan hilang.

Dikukus

Membayangkan ayam kukus memang sepertinya kurang menyenangkan. Tetapi, ayam kukus bisa diaplikasikan berbagai resep sehingga Anda tidak merasa bosan dan rasanya tetap enak.

Ditumis

Campurkan ayam ke dalam tumisan sayur, maka Anda akan mendapatkan masakan yang multi nutrisi.

Sumber : cariartikel.com

Selasa, 05 November 2013

Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah - Aneka Kue Basah


Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Gurih Dan Nikmat

Kue Klepon atau Onde-onde merupakan aneka kue yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki ciri khas berbentuk bulatan menyerupai bola pingpong dengan bagian dalam berisi gula merah, serta bagian luar dibaluti dengan parutan kelapa sehingga memberikan rasa yang gurih dan nikmat apa lagi di hidangkan bersama Wedang Ronde. Proses pembuatan kue klepon tidak memerlukan teknik khusus dan bahan-bahan yang digunakan juga sangat simple, kue ini mudah untuk membuatnya.  


RESEP KUE KLEPON ISI GULA MERAH

Bahan :
  • 250 gram tepung beras ketan 
  • ½ buah kelapa setengah tua, parut kasar, kukus bersama ¼ sdt garam selama 10 menit 
  • 100 gram gula merah, sisir30 lembar daun suji, tumbuk 
  • 1 lembar daun pandan 
  • 1 sdm air kapur sirih 
  • ¼ sdt garam 
  • Air hangat secukupnya 
CARA MEMBUAT KLEPON ISI GULA MERAH ENAK :

  1. Tuang 1 sendok makan air hangat ke atas daun suji lalu remas-remas, peras dan saring.
  2. Campur rata tepung ketan, air kapur sirih dan garam lalu tuang air daun suji dan air hangat, uleni sampai kalis.
  3. Ambil 1 sendok teh adonan, beri isi dengan gula merah lalu bentuk menjadi bulat seperti bola pingpong.
  4. Setelah semua adonan telah menjadi bulatan bola-bola dengan isian gula merah, selanjutnya rebus dalam air mendidih hingga terapung. Angkat lalu gulingkan bulatan klepon di kelapa kukus secara merata, sajikan 10 buah kue klepon dengan dialasi daun pandan.

Tips Membuat Kue Klepon: 
Perhatikan semua bahan-bahan dan peralatan yang digunakan benar2 bersih dan higienis agar tercipta makanan yang sehat serta aman untuk di konsumsi keluarga tercinta. 

Semoga artikel Resep Cara Membuat Kue Klepon atau Onde-onde dari Resep Rahasia Masakan Nusantara bermanfaat bagi pembaca semua. Selamat mencoba...!!! 

Senin, 04 November 2013

Resep Wedang Ronde Dan Cara Membuatnya

Resep Cara Membuat Wedang Ronde Yang Enak

Wedang Ronde[ bhs Jawa ] atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai minuman yang banyak di konsumsi untuk minuman penghangat badan dan dijadikan sebagai minuman kesehatan. Wedang ronde sendiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, karena wedang ini diolah dari bahan-bahan rempah obat, seperti Jahe, kayu manis, cengkih, dll. 

Tertarik ingin mencoba membuat wedang ronde yang menyehatkan dan menyegarkan ini? Berikut adalah Cara pembuatanya:

Bahan Untuk Membuat Wedang Ronde :
  • 100 gram tepung ketan 
  • 100 ml air hangat 
  • Pewarna hijau dan merah secukupnya ( Gunakan Pewarna khusus makanan) 
Bahan Kuah Wedang Ronde:
  • 150 gram gula pasir 
  • 2 cm kayu manis 
  • 5 cm jahe, bakar layu, memarkan 
  • 5 butir cengkih 
  • 2 batang serai, ambil bagian putih, memarkan 
  • 800 ml air 
Bahan Pelengkap Ronde :
  • 4 lembar roti tawar, potong dadu, sangrai/panggang sampai kering 
  • 75 gram kacang tanah kupas, sangrai sampai kecoklatan
Cara Membuat Wedang Ronde :
  1. Masukkan tepung ketan dalam sebuah mangkuk, tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis sehingga mudah dibentuk.
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian dan masing-masing diberi pewarna.
  3. Kemudian bentuk adonan dua bagian tadi menjadi bulatan-bulatan kecil. 
  4. Rebus dalam air mendidih di atas api kecil hingga mengapung. 
  5. Angkat dan sirami dengan air dingin, tiriskan.
  6. Rebus semua bahan sirup hingga mendidih, angkat dan saring. 
  7. Sajikan bola-bola ronde dalam mangkuk saji yang telah dituangi dengan sirup serta taburan kacang tanah dan roti selagi hangat.

Semoga Resep Wedang Ronde diatas bermanfaat bai pembaca semua. Selamat Mencoba..!

Minggu, 27 Oktober 2013

Resep Rahasia Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rendang

Aneka Resep Masakan Padang - Resep Rahasia Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rendang

Banyak variasi masakan yang bisa diolah menggunakan bumbu rendang, seperti halnya Ayam Bakar Bumbu Rendang. Ayam bakar yang diolah dengan bumbu rendang ini juga memiliki rasa yang nikmat, pembuatanyapun cukup mudah. Simak Resep Rahasianya berikut ini :

Bahan dan bumbu:
  • 8 potong ayam 
  • 16 sendok makan bubuk rendang 
Cara membuat Ayam Bakar Bumbu Rendang :
    Resep Aneka Masakan Padang
  1. Langkah pertama, lumuri ayam dengan bumbu rendang selama ½ jam
  2. Panaskan tempat pemanggangan yang akan digunakan
  3. Ayam dipanggang satu per satu di atas api kecil
  4. Setelah berubah warna, dibalik ke sisi lainnya
  5. Pastikan bahwa dalamnya sudah matang, lalu angkat


Demikian Resep Rahasia Ayam Bakar Bumbu Rendang- Aneka Masakan Padang yang bisa anda coba. Mudah bukan? Jika anda ingin mencoba membuat Pepes Ikan, Resepnya bisa anda baca di postingan saya Tips Cara Membuat Pepes Ikan Maknyuuuss.
Selamat mencoba..!!

Minggu, 20 Oktober 2013

Aneka Masakan Jepang - Resep Rahasia Teriyaki Tofu

Aneka Resep Masakan Jepang - Resep Rahasia Teriyaki Tofu

Penasaran dengan menu masakan ala Jepang?? Yups, Jepang terkenal dengan menu sushinya yang enak. Namun menu masakan Jepang bukan hanya itu saja, salah satunya adalah Teriyaki. Jangan salah, teriyaki juga tidak kalah lezatnya lho ketimbang sushi. Penasaran kan bagaimana cara membuat teriyaki yang enak dan lezat? Yuk ikuti resep rahasianya berikut ini..!

Bahan-Bahan :

  • 1 sdm minyak sayur
  • 10 gr bawang Bombay, cincang halus
  • 300 gr tofu sutera, potong-potong 
 Bahan Saus Untuk Teriyaki:

  • 3 sdm saus teriyaki
  • 1 sdm Maggi Seasoning
  • 1/4 sdt jahe parut
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 1/2 sdt  gula pasir
  • 1 sdt air jeruk lemon 
 Bahan Pelengkap Hidangan:

  • Salad Sayuran
  • Maggi Blok Rasa Ayam
  • 1 sendok teh garam
Cara Membuat Teriyaki Yang Enak Dan Lezat : 

  1. Tumis terlebih dahulu bawang Bombay hingga layu dan tercium aroma harum.
  2. Masukkan Saus, aduk sampai mendidih dan Angkat.
  3. Tuangkan saus tadi ke dalam mangkuk.
  4. Masukkan potongan tofu ke dalam saus bumbu, diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.
  5. Panaskan wajan berdasarkan tebal hingga benar-benar panas.
  6. Masukkan tofu dan bumbunya. Masak dengan api yg sedang hingga berwarna kecokelatan kedua sisinya.
  7. Angkat dan sajikan hangat dengan bahan pelengkap tofu.

Nah, disini anda bisa mencoba Aneka Rahasia Masakan secara lengkap, Pastikan anda mempraktekkan yah? Semoga artikel diatas membantu anda pembaca setia blog resep Rahasia Masakan. Jika anda suka dengan mie ayam, Artikel Resep Rahasia Cara Membuat Mie Ayam bisa anda jadikan pilihan untuk di coba.. :)

Sabtu, 12 Oktober 2013

Resep Rahasia Cara Membuat Pepes Ikan Mas Yang Lezat

Resep Rahasia Cara Membuat Pepes Ikan Mas Yang Lezat - 

Pepes atau dalam bahasa Sunda sering disebut Pais adalah proses cara memasak dengan menggunakan daun pisang sebagai bahan pembungkus bumbu dan bahan pangan. Cara pengolahan pepes ini sangat lazim ditemukan dalam seni memasak masakan Sunda. Di antaranya, pais lauk emas atau pepes ikan mas adalah jenis pepes yang paling digemari masyarakat.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas dan lebih lengkap proses pembuatan dan bumbu pepes ikan mas yang enak, silahkan ikutilangkah memasak berikut ini..

Bahan Pepes Ikan :
  • 1 ekor Ikan Mas
  • 6 btr Bawang merah, iris tipis
  • 3 siung Bawang putih, iris tipis
  • 1 sdm Air jeruk nipis
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 2 batang Serai, potong jadi 2 , memarkan
  • 3 buah Belimbing sayur, iris tipis
  • 10 cm Kunyit, kupas, iris tipis
  • 3 cm Lengkuas, kupas, iris tipis
  • 3 buah Cabai merah, iris kasar
  • 7 buah Cabai rawit
  • 25 lembar Daun kemangi
  • 2 bua Tomat, potong-potong
  • Garam, secukupnya
  • Daun pisang, secukupnya

Cara memasak Pepes Ikan :

  1. Lumuri terlebih dahulu ikan Mas dengan daun jeruk nipis dan garam, diamkan sekitar 30 menit, bertujuan agar bau amisnya hilang.
  2. Kemudian campur semua bahan bumbu lainnya, aduk hingga tercampur rata.
  3. Ambil selembar daun pisang, letakkan 1/2 bagian campuran bahan-bahan di atasnya. Taruh ikan kakap putih di atas bumbu. Tutup dengan sisa campuran bumbu.
  4. Gulung daun pisang tadi dan padatkan, semat kedua ujungnya dengan lidi.
  5. Panaskan panci pengukus, kukus selama 10 menit. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat celcius hingga matang.
  6. Angkat dan buka kedua sematnya.
  7. Sajikan.

# Untuk 1 porsi Pepes Ikan

Semoga Resep rahasia cara membuat pepes ikan mas yang lezat diatas bermanfaat bagi pembaca.. Selamat mencoba...!! Oh iya, ada postingan menarik juga nih yang bisa anda coba, yaitu Resep Cara Membuat Martabak Telor Super Uenakk

Minggu, 29 September 2013

Resep Rahasia Cara Membuat Sate Padang Asli Minang - Aneka Resep Masakan Padang

Resep dan Cara Membuat Sate Padang Asli Khas Minang 

Minang kabau selain wisata alamnya yang menakjubkan, ada sisi lain yang sangat luar biasa yang ada di daerah ini, yaitu wisata kulinernya yang sudah terkenal diseantero nusantara dan bahkan dunia. Berbagai menu masakan padang ini diolah dengan bahan rempah-rempah asli Indonesia, sehingga memberikan citarasa istimewa. Seperti halnya menu sate padang yang khas di kota padang, sate ini diolah dengan kombinasi rempah yang komplit dan memiliki keunikan tersendiri dari sate yang lain, sate pada umumnya dibuat dengan kuah kacang, sedangkan sate padang dibuat menggunakan kuah tepung. 

Selain sate, mungkin anda juga sudah familiar dengan menu masakan padang seperti : Minuman Teh Talua, Masakan Petai Bada Kariang, Keripik Balado, Masakan Sambal Lado Ijo, Sayur Daun Singkong Padang, Masakan Petai Sambal hijau. yang kesemuanya itu merupakan kekayaan kuliner khas Minang. 

Kembali pada judul yang sedang di bahas yaitu Resep Rahasia Cara Membuat Sate Padang Asli kas Minang, kali ini ResepRahasiaMasakan akan membagikan resep dan cara membuat sate padang untuk anda. Berikut resep Rahasianya!

Bahan Untuk Membuat Sate Padang Khas Minang :
  • 1 kg daging sapi / lidah sapi 
  • 50 gram tepung beras 
  • 1 batang serai, memarkan 
  • 4 lembar daun jeruk purut 
  • 2 potong asam kandis 
  • garam secukupnya saja
  • air untuk memasak
Bumbu yang dihaluskan :
    Resep cara membuat sate padang khas minang
  • 10 buah cabai keriting merah 
  • 2 sendok makan ketumbar disangrai 
  • 1 sendok teh merica 
  • 1 sendok teh biji jinten sangrai 
  • 10 butir bawang merah 
  • 1 ruas jari kunyit, dicingcang 
  • 1 ruas jari jahe, cincang 
  • 2 cm lengkuas, dicincang 
Cara membuat sate padang Asli Minang Kabau:
  1. Terlebih dahulu rebus daging sapi hingga empuk, masukkan semua bumbu kecuali tepung beras 
  2. Selanjutnya potong daging berbentuk dadu dan tusuk dengan tusukan sate 
  3. Bakar tusukan sate padang diatas tungku dengan bara api. Jangan lupa olesi dengan margarin. 
Cara membuat Kuah atau saus sate padang :
  1. Didihkan sisa kaldu daging rebus sebanyak 500 ml 
  2. Kemudian tambahkan tepung beras yang sudah dicairkan aduk hingga tercampur dan aduk hingga mengental
    Mudah bukan Resep cara Membuat Sate Padang Khas Minang? Semoga sedikit artikel dari kami bisa di praktekkan dengan baik. Mungkin anda tertarik dengan artikel Resep Ayam Bakar Bumbu Balado ?
    Selamat Mencoba...!!!

    Minggu, 22 September 2013

    RESEP CARA MEMBUAT KUE DONAT YANG ENAK DAN MUDAH

    Resep Rahasia Cara Membuat Kue Donat Yang Lezat

    Pada artikel sebelumnya sudah dibagikan cara membuat martabak telor spesial dan resep cara membuat pastel goreng renyah kini Resep Rahasia masakan Indonesia akan membagikan Artikel tentang resep cara membuat kue donat yang enak. Siapa sih yang gak tau kue yang namanya Donat? hehe.. Ya, kue dengan ciri memiliki lubang di tengahnya ini memang banyak disukai, termasuk admin Resep Rahasia Masakan juga suka banget sama kue Donat.. :D. 

    Berbicara soal kue donat, donat sendiri memiliki berbagai jenis bahan dan varian rasa tergantung dari selera anda, ada yang terbuat dari donat tepung terigu, kue donat dari tepung kentang, dan lain-lain. Dari segi harga juga bervariasi, ada yang murah sampai yang mahal. Namun disini Resep rahasia Masakan Nusantara Akan membagikan resep cara membuat kue donat agar pembaca bisa belajar dan mencoba membuat kue donat dengan mudah dan enak tanpa harus jajan di luar...hehe.

    Bahan :
      Resep Kue Donat
    • 500 gr tepung terigu 
    • 2 Kuning telur 
    • 250 ml Susu cair 
    • 100 gr gula pasir 
    • 11 gr Ragi instan 
    • 1/4 sdt Baking powder 
    • 1/2 sdt Garam 
    • 100 gr Mentega 
    Cara Membuat Kue Donat :

    1. Campurkan terigu, gula pasir, ragi instan, baking powder dan garam menjadi satu, kemudian aduk sampai tercampur rata.

    2. Masukkan kuning telur, aduk dan remas-remas hingga berbutir halus dan rata.

    3. Tambahkan mentega dan aduk hingga rata.

    4. Tuangi susu cair sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil di aduk dan diuleni hingga semua tercampur rata dan adonan menjadi kalis. Diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian bulatkan adonan dan tutup dengan lap basah yang bersih. Setelah itu diamkan selama 1 jam.

    5. Bagi adonan menjadi 30 bulatan berbentuk bola, lalu diamkan kembali selama 1 menit.

    6. Cetak adonan bola dengan menggunakan cetakan donat atau anda bisa juga melubangi bagian tengah bola dengan menggunakan jari anda.

    7. Goreng dalam minyak panas dan dengan api yang kecil, tunggu hingga mengembang dan berwarna agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


    Tips :
    1. Goreng dengan menggunakan minyak yang benar-benar panas, tapi api yang digunakan harus kecil agar donat tidak cepat gosong.
    2. Agar terlihat lebih cantik, anda bisa menghias donat yang sudah matang dengan menggunakan mentega, messes, coklat leleh, gula halus, atau permen warna warni, menurut selera sobat anda.


    Resep Rahasia Cara Membuat Kue Donat Yang Lezat


    Minggu, 15 September 2013

    Resep Dan Cara Membuat Martabak Telor Spesial Dan Enak


    Resep Rahasia Cara Membuat Martabak Telor Spesial Dan Lezat 

    Pada artikel sebelumnya resep rahasia masakan Indonesia telah membagikan resep cara membuat bakso sapi Kadipolo khas Kota Solo yang merupakan bakso andalan masyarakat kota Surakarta. Nah, Pada artikel kali ini Resep Rahasia Masakan Indonesia akan membagikan resep yang sangat istimewa yaitu Resep dan Cara Membuat Martabak Telor Yang Enak. Ya, Resep ini bisa anda coba dirumah sebagai hidangan untuk keluarga tercinta. Berikut adalah resep rahasianya.

    Bahan Untuk Membuat Martabak Telor :
    • - Telur bebek 5 butir
    • - Bawang daun, iris tipis 4 tangkai
    • - Kulit lumpia, siap beli 30 lembar
    • - Minyak goreng, untuk menggoreng 
    Daging Tumis:
    • - Minyak goreng 2 sdm
    • - 3 siung bawang putih, cincang
    • - Bawang bombai, cincang 50 gr
    • - Daging sapi giling 150 gr
    • - Bumbu kari bubuk 1 sdm
    • - Garam 1 sdt
    • - Gula pasir 1 sdt
      Cara Membuat Martabak
    Cara Membuat Martabak:
    1. Cara Membuat Tumis daging isi martabak telor : panaskan minyak goreng terlebih dahulu, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan daging giling, bumbu kari, garam dan gula pasir. masak hingga daging matang.
    2. Kocok telur bebek, daun bawang, dan tumis daging. Aduk rata.
    3. Ambil selembar kulit lumpia. Tambahkan campuran telur di bagian tengah. Lipat bentuk persegi.
    4. Goreng dalam minyak panas sampai matang dan kecoklatan. Angkat.
    Untuk hasil yang maksimal, ikuti langkah-langkah di atas. Semoga Resep Rahasia Cara Membuat Martabak Telor Spesial diatas bermanfaat dan mampu memberikan wawasan kuliner dan ilmu memasak anda. Selamat mencoba...!!!

    Jumat, 13 September 2013

    RESEP RAHASIA BAKSO SAPI KADIPOLO KHAS KOTA SOLO

    Resep Rahasia Bakso Sapi Kadipolo | Siapa hayoo yang gak suka bakso sapi? hemm, tentunya pada suka kan dengan menu yang satu ini? hehe. Dan pernahkah anda mencoba bakso kadipolo yang enak dan terkenal di kota solo itu? kalo  belum, segera coba deh biar gak penasaran. hehe

    Bakso sapi merupakan sajian yang selalu nikmat disajikan dalam cuaca apapun dan tidak terikat waktu. Menu yang satu ini merupakan menu favorit oleh banyak kalangan. Baik pria maupun wanita, Tua dan muda.

    Kembali pada tujuan awal, proses pembuatan bakso sapi kadipolo yang enak itu ternyata tidak sulit lho.. Jika anda ingin mencoba membuat bakso sapi spesial khas Kota Solo ini artikel resep rahasia cara membuat bakso sapi khas Solo sangat tepat untuk anda jadikan referensi anda. Berikut ini adalah resep baksonya.
    Bumbu dan Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi Kadipolo:
    • Daging sapi segar 300 gram
    • Garam 1 sendok teh
    • Bawang putih 2 siung, cincang lembut
    • Merica bubuk 1 sendok teh
    • Tepung kanji 400 gram
    • Putih telur 1 buah.
    Cara Membuat Bakso Kadipolo:
    Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kadipolo Khas Solo
    1. Cincang daging sampai halus ( digiling juga bisa ), Campur dengan garam, aduk rata.
    2. Selanjutnya, uleni adonan Bakso sampai lembut dan bisa di pulung, campurkan bawang putih dan merica bubuk.
    3. Setelah adonan tercampur rata, masukkan tepung kanji bersama putih telur, campur sampai adonan kalis.
    4. Bentuk adonan menjadi bulatan dengan cara adonan di genggam dan sedikit di pencet, usahakan bulatan keluar diantara jari telunjuk dan ibu jari.
    5.  Ambil adonan tersebut dengan sendok, kemudian rebus dalam air yang mendidih, biarkan bulatan bakso sapi hingga mengapung, angkat dan tiriskan. 
    Semoga Resep Rahasia Cara Membuat Bakso Kadipolo diatas bermanfaat dan bisa anda praktekkan sendiri dirumah. 

    Minggu, 08 September 2013

    Resep Masakan Khas Jawa Tengah - Lemper Semar Medem

    Resep Cara Membuat Kue Lemper Semar Medem Khas Masakan Jawa Tengah - Artikel resep masakan kali ini akan membahas tentang resep dan cara membuat kue lemper semar medem yang merupakan makanan khas dari daerah Jawa Tengah, Bahan serta bumbu yang harus dipersiapkan cukup mudah dan proses pembuatanya juga simple. Ikuti langkah-langkah memasaknya berikut ini.
    Bahan : 
    • 1 ptg dada ayam, kukus hingga matang, suwir-suwir
    • 500 gr beras ketan putih, cuci, tiriskan
    • 2 lbr daun jeruk purut
    • 100 ml santan cair
    • 1 sdm gula pasir
    • 500 ml santan kental
    • 1 sdt garam
    • 1 btg sereh, memarkan
    • 2 lbr daun salam
    • 3 sdm minyak untuk menumis
    Dadar :
    • 5 butir telur ayam
    • 1/2 sdt garam
    Resep Kue Semar Medem Khas Jawa Tengah
    • 2 sdm terigu
    • 100 ml air santan
    Bumbu Yang dihaluskan : 
    • 1 sdt ketumbar sangrai
    • 2 siung bawang putih
    • 6 btr bawang merah
    • 1/2 cm kencur

    Cara membuat Lemper Semar Medem Khas Jawa Tengah
    Cara Membuat Isi Lumpia
    1. Tumis bumbu hingga harum, masukkan daun jeruk purut. 
    2. Setelah bumbu matang, masukkan daging ayam dan santan cair. Aduk rata. 
    3. Tambahkan gula pasir, masak terus hingga bahan mengering. Angkat dan dinginkan
    4. kukus beras ketan hingga setengah matang. Angkat. 
    5. Didihkan santan. Masukkan garam, sereh dan daun salam. Campurkan ketan, aduk merata. Matikan api. Biarkan sampai santan terserap habis. Aduk, kukus kembali sampai ketan matang.

    Cara Membuat Dadar : 

    1. Kocok telur dan garam. Sisihkan. 
    2. Larutkan terigu dengan santan. Campurkan ke dalam telur kocok, aduk merata. 
    3. Buat dadar tipis dengan garis tengah 25 cm. Lakukan sampai adonan habis
    4. Ambil 1 sdm ketan, pipihkan. Isi dengan tumisan ayam. Tutup dengan sedikit ketan, paatkan .
    5. taruh lemper diatas telur dadar. Bungkus lemper dengan cara melipat seperti amplop. Ikat dengan seutas serat daun pandan.
    6. sajikan dengan irisan cabai merah dan areh.

    Baca Juga :

    Jumat, 06 September 2013

    Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Lapis Karamel

    Resep dan Cara Membuat Kue Bolu - Kue Bolu merupakan sejenis kue cake yang paling banyak digemari, makanan yang satu ini sangat cocok di hidangkan saat resepsi, ulang tahun, acara penting, dan sebagai hidangan anda dirumah bersama keluarga tercinta. Proses Cara Membuat Kue Bolu pun sangatlah mudah, Semudah Cara Membuat Pudding Tiramissu, dan bahan-bahan yang digunakan juga gampang dicari. Jika anda tertarik ingin mencobanya, berikut kami sajikan resep dan cara pembuatanya untuk anda.

    Bahan Untuk Membuat Kue Bolu Lapis Karamel:
    • 200 gr gula pasir
    • 200 ml air panas
    • 75 gr terigu
    • 75 ml susu kental manis
    • 50 gr margarin
    • 25 gr tepung maizena
    • 3 btr telur, dikocok lepas
    • 1 sdh soda kue
    • 1/4 sdh garam
    • 1/2 sdt baking powder
    Cara Membuat Kue Bolu Lapis Karamel Yang Enak:
    Resep Dan Bahan Kue Bolu Lapis Karamel1. Panaskan gula terlebih dahulu diatas teflon dengan api kecil hingga mencair dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, tuangi dengan air panas, rebus hingga karamel larut. 
    2. Kemudian sisihkan dan biarkan dingin, saring dan ukur sebanyank 250 ml. 
    3. Siapkan loyang pencetak berbentuk cincin dgn diameter bawah 16 cm, kemudian olesi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu.  
    4. Panaskan oven dengan suhu 180'C.  
    5. Selanjutnya, ayak tepung terigu, maizena, soda kue, baking powder dan garam, masukkan ke dalam wadah baskom dan masukkan telur serta air karamel secara berselang-seling (dalam 3 tahap) sambil diaduk dengan menggunakan frisher hingga rata dan licin. 
    6. Setelah itu, masukkan margarin dan aduk sampai rata. Margarin akan begerindil kecil-kecil dan mengapung di atas adonan, kemudian tambahkan susu kental manis, aduk sampai rata. Lalu tuangkan adonan tadi ke dalam loyang. 
    7. Panggang ke dalam oven selama kurang lebih 45 menit, setelah matang keluarkan dan dinginkan. 
    8. Kemudian balik kue di atas piring, potong-potong, dan kue bolu karamel siap untuk dihidangkan.

    Artikel Resep Kue Bolu dan Cara Pembuatanya di atas bisa anda praktekkan dirumah, waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu ini gak terlalu lama kok, luangkan waktu 1 jam saja sudah lebih dari cukup untuk mempraktekkan Resep Bolu Lapis karamel ini. Baca juga artikel resep menarik sebelumnya Resep Dan Cara Membuat Agar-Agar Santan Yang Enak.