Kamis, 10 April 2014

Teh Hijau Bermanfaat Cerdaskan Otak



Manfaat teh hijau untuk meningkatkan fungsi otak telah dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Basel, Jerman. Minuman ini bukan cuma mencerdaskan tapi juga memperbaiki memori.

Para peneliti menyebutkan, ada peningkatan yang nyata pada kemampuan memori otak setelah seseorang mengonsumsi teh hijau. Mereka juga mengklaim teh hijau bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hilangnya daya ingat yang disebabkan oleh kelainan mental

Antioksidan dalam teh diketahui meningkatkan sambungan antar sel-sel otak. Selain itu studi lain menyebutkan asam amino dalam teh hijau yang bernama teanin juga merangsang aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa pada otak. Akibatnya seseorang merasa lebih relaks.

Dalam studi yang dilakukan di Jerman ini, para partisipan studi diberikan minuman yang mengandung ekstrak teh hijau. Mereka kemudian diminta mengerjakan sejumlah tes memori.

Selama mengerjakan soal tersebut, aktivitas otak para partisipan dimonitor dengan pemindaian MRI untuk melihat sambungan parietal dan bagian depan otak. Ternyata memang ada peningkatan sambungan. Hal tersebut bisa menyebabkan daya ingat meningkat. 


Sumber: health.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar