Sabtu, 05 Juli 2014

Jangan Simpan Makanan Segar Ini di Kulkas

 Seringkali orang menyimpan makanan di kulkas untuk menjaga kesegaran atau supaya tidak lekas basi. Bahkan terkadang hampir semua makanan langsung disimpan di kulkas, baik dalam kondisi masih tertutup maupun sudah terbuka.
Padahal tidak semua makanan bisa disimpan di kulkas untuk mempertahankan keawetannya. Berikut makanan segar yang sebaiknya tidak disimpan kulkas setelah dibuka.

1. Alpukat
Buah alpukat atau avokad biasanya kita beli dalam kondisi keras. Karena itu, buah ini pun perlu disimpan dulu untuk sekian waktu guna membuat strukturnya lebih mudah untuk dimakan. Buru-buru menyimpan alpukat di kulkas akan menghentikan proses pematangan dari buah. Karena itu, lebih baik alpukat disimpan di suhu ruang dan dihindari dari paparan cahaya matahari langsung.

2. Bumbu dapur segar
Meskipun sudah dibungkus rapat, sebaiknya bumbu dapur segar tidak disimpan di kulkas. Karena seperti kopi, bumbu dapur segar akan menyerap bau bahan-bahan makanan lain di sekitarnya, sehingga kehilangan baunya yang seharusnya.

3. Saus pedas
Saus pedas mengandung asam cuka yang tahan disimpan di suhu ruangan untuk waktu lama. Asam cuka bersifat mengawetkan sehingga saus pedas pun tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

4. Melon
Setelah dibelah, banyak orang yang menyimpan melon di kulkas supaya tidak segera busuk. Namun ternyata menyimpannya di suhu ruang bisa menjaga kadar antioksidan di dalamnya.

5. Tomat
Tomat tidak seharusnya segera disimpan di kulkas begitu dibeli. Ini supaya ada kesempatan bagi tomat untuk menjadi sepenuhnya matang sebelum dikonsumsi. Bila sudah yakin matang, barulah tomat bisa disimpan di kulkas.

sumber: health.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar