Kamis, 21 Agustus 2014

Manfaat Jahe, Salah Satunya dapat Menghilangkan Stres



Jahe biasa dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan. Biasanya hanya dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Atau dijadikan minuman penghangat badan yang biasa dinikmati dengan menu wedang jahe.

Ternyata, jahe tak cuma bermanfaat untuk itu saja lho. Jahe juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Berikut ini manfaat dari rempah khas Indonesia yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan nafsu makan
Jahe ternyata dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi bagi Anda yang memiliki anak yang nafsu makannya rendah bisa diberikan sedikit parutan jahe mentah sebelum makan. Niscaya, nafsu makan anak Anda pun akan meningkat.
Tak hanya itu, jahe pun mampun menyerap nutrisi penting yang terdapat dalam tubuh.

2. Mencegah perut buncit
Konsumsi makananan secara berlebihan tentu menyebabkan penumpukan lemak di daerah perut. Inilah yang seringkali membuat perut menjadi buncit. Tapi, tak perlu khawatir. Selain menambah nafsu makan, jahe pun ternyata bisa menahan nafsu makan Anda jika dikonsumsi dengan cara yang berbeda.

Dalam artikel yang ditulis dalam British Journal of Nutrition tahun 2006, jahe ternyata memiliki efek pada regulasi gula darah, kolesterol, dan lemak. Beberapa iris jahe yang direbus dengan air hangat dan dikonsumsi sebelum makan bisa meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan. Peningkatan inilah yang membuat Anda cepat membakar kalori dan meratakan perut.

3. Mengurangi rasa mual
Rasa mual seringkali dirasakan oleh orang yang berhenti merokok karena nikotin. Rasa mual tersebut terjadi karena nikotin menimbulkan reaksi penarikan di perut. Kunyah setengah ruas jahe dapat membantu Anda atasi rasa mual di perut. Jika tak kuat dengan rasa pedasnya, bisa ditambahkan madu.

4. Menghilangkan stres
Mengonsumsi segelas wedang jahe ternyata tak cuma memberikan efek kehangatan ke tubuh kita. Wedang jahe bisa menjadi cara ampuh untuk meredakan stres.

"Jahe mengandung antioksidan kuat, gingerol, yang membantu membersihkan bahan kimia berbahaya tubuh yang dihasilkan ketika kita khawatir, sehingga jahe dapat membantu stres psikologis juga," jelas ahli gizi, Alice Mackintosh.

Menikmati air panas yang dicampur dengan jahe cincang dan irisan lemon dipercaya dapat memecah asam lambung yang dikeluarkan sistem pencernaan manusia saat sedang stres.

5. Mengobati radang sendi
Selain dikonsumsi sebagai pengobatan dalam, jahe pun dapat digunakan sebagai obat luar. Aktivitas berat tentu membuat sendi-sendi di tubuh terasa nyeri. Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan jahe yang sudah ditumbuk halus dan telah dicampur dengan garam batu dan madu. Campuran ini kemudian dibalurkan ke daerah sendi yang terasa sakit. Jahe memiliki efek anti-inflamasi sehingga bisa membantu kita meringankan rasa sakit karena nyeri sendi.

Sumber: health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar