Senin, 10 Agustus 2015

RESEP RAHASIA MIE TEK TEK KHAS BANDUNG

Olahan Mie - Rahasia Resep Cara Membuat Mie Tek Tek Khas Bandung, banyak sekali olahan mie  termasuk yang dari Bandung ini. Mie tek tek banyak terlihat di kota bandung sekitar pukul 5 sore atau menjelang maghrib sampai malam jam 12. Ciri khas dari mi tek tek ini cara menjualnya dengan di pikul, walaupun gak di pikul kesana kemari. Mereka mangkal di tempat biasanya dan para pembeli sudah pada tau bahwa si-eMang (paman) itu biasanya ada di situ yaitu pinggir jalan atau trotoar dan pembelinya-pun biasanya sudah melanggan jadi sudah pada kenal orangnya dan rasanya. Penjual mie tek tek ini banyak saya jumpai di sekitar flay over Kiara Condong, untuk saya sendiri biasanya beli si - eMang yang mangkal sebelum flay over yang arah dari antapani ke stasiun KA kiara condong.


Ada 2 penjual di situ kanan dan kiri kalau yang kiri orangnya gendut gendut itu kalau saya lihat dari jam 4 atau 4:30 sore sudah pada ngantri pembelinya, sayang saya gak sempat ambil gambarnya karena mau beli malas ngantri-nya itu mungkin karena enak kali ya... Kalau yang sebelah kanan jalan ada lagi dia buka setelah maghrib, jadi kalau mau beli setelah maghrib tongkrongi saja di situ kalau gak mau ngantri. Si-eMang inilah langganan saya tepatnya di trotoar depan sebuah salon dekat gang kecil. Kalau warga sekitar biasanya pesan hanya dengan SMS saja, dah beres di sms balik kemudian orangnya ngambil.


Kata si-emang pengalaman yang paling di ingat dia pernah di undang oleh bapak Bopati bandung dan pejabat lainya bersama mie tek tek sekalian pikulan-nya. Wah hebat ya..cuma mie tek tek saja di undang oleh pejabat, ya mungkin enak dan sudah cocok dengan rasanya. Walaupun mie tek tek sekitar kiara Condong ini dinamakan mie tek tek Bandung tapi sebenarnya rata rata yang jual oran jawa juga, kalau yang bikin orang Bandung beda, mereka para pembeli lebih memilih oarang jawa yang bikin Itulah cerita saya tentang Mie tek tek, dinamakan mi tek tek karana bunyinya tek tek tek...


Nah sekarang kita mau bikin mie tek tek yang super lezat itu, ada 2 pilihan dalam memasak mie tek tek yaitu goreng kering dan kuah kalau di jawa mie nyemek, jadi kuahnya gak terlalu banyak dan gak terlalu sedikit "Nyemek nyemek" . Mie tek tek ini berisi Mie telor biasa yang di jual di pasar, tapi harus yang berlisensi Badan POM ciri mie warna kuning agak putih dan bulat bukan gepeng, dan untuk menambah nikmatnya rasa kecap yang utama, harus yang kecap benar nan nomer 1 bukan kecap abal abal yang rasanya pahit, bikin rusak rasanya itu. Seperti yang di permpatan jln Gatot subroto dan Jln kiara Condong (ibrahim Adji) arah jln Sukarno Hatta penjualnya sebelah kanan jalan, itu mie-nya warna kuning sekali dan kecapnya kecap yang abal abal tak bermerk kalau bumbu sudah pas tapi setelah kasih kecap itu jadi pahit dan kurang enak.

Wah kepanjangan ini ceritanya, Ok mari kita saatnya mengumpulkan bahan bahan-nya...

RESEP RAHASIA MIE TEK TEK KHAS BANDUNG

Bahan-bahan mie tek tek bandung :
► 150 gram mie telor,
► 2 butir telur, buat orak arik
► 150 gram daging ayam tanpa tulang, potong dadu
► 150 gram kol, iris kasar
► 100 gram causin (sawi) , potong 3 cm
► 100 ml air
► 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

► 5 siung bawang merah
► 4 siung bawang putih
► 1 sdt merica
► 3 butir kemiri
► 1 sdt garam

Bumbu lainnya :

► 1 sdm minyak wijen
► 3 sdm kecap manis
► 1/2 sdt kaldu bubuk (jika suka)

Bahan Acar Mentah, Aduk rata :

► 1 buah wortel, potong dadu kecil
► 1 buah mentimun, potong dadu kecil
► 4 buah bawang merah, potong dadu kecil
► 15 buah cabai rawit
► 1 1/2 sdm cuka
► 1 sdt garam
► 1 sdm gula pasir
► 200 ml air panas

Cara Membuat :

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.
  2. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan air, masak hingga air tinggal sedikit.
  4. Masukkan kol, sawi, telur orak arik, mi aduk rata.
  5. Tambahkan bumbu lainnya. Masak hingga bumbu meresap.
  6. Angkat, sajikan dengan acar mentah dan kerupuk.

Cara di atas di bikin kering, jika ingin ada kuahnya kasih saja air secukupnya menurut selera anda jadi jangan sampai kering. Itulah RESEP RAHASIA CARA MEMBUAT MIE TEK TEK KHAS BANDUNG yang memang benar benar mantaappp...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar