Rabu, 30 Desember 2015

Resep Kerang Hijau Buncis Saus Tiram Super Pedas

Resep Kerang Hijau Buncis Saus TiramKalo bunda beli kerang hijau, kira-kira mau masak apa? Hemm, kayaknya lebih lezat dibuat menjadi menu masakan Kerang Hijau Saus Tiram ya.. Apalagi dimasak pedas dan dihidangkan saat musim hujan kayak gini.. Yummi, bikin tambah laper..

Kerang Hijau Buncis Saus Tiram

Ngomongin masalah masak-memasak kerang hijau ini, sebenarnya nggak susah-susah amat kok, bumbu dan bahanya juga gampang banget didapat. Biasanya si kalo masak kerang, mimin suka menambahkan dengan sayur sehat kacang buncis. Hemmm, rasanya nikmat banget pokoknya.. Pengen tau apa aja bahan, bumbu dan cara memasak Masakan Kerang Hijau Buncis Saus Tiram seperti yang mimin masak? Simak resep dibawah ini ya..


Bahan dan Bumbu Masakan Kerang Hijau Buncis Saus Tiram:


  • 1/2 kg Kerang Hijau
  • 1/2 kg Kacang Buncis
  • 2 helai Daun bawang
  • 1 buah Bawang bombay
  • 2 siung Bawang putih
  • 4 buah Cabe
  • Saos tiram secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula  secukupnya


Cara Memasak  Kerang Hijau Buncis Saus Tiram:


  1. Iris bawang putih dan juga bawang bombay, kemudian tumis sampai wangi. Masukkan potongan cabe.
  2. Beri kecap manis, kecap asin, saos tiram, merica dan juga gula. Tambahkan sedikit air. Aduk hingga rata.
  3. Sementara itu, masukkan kerang hijau yang sudah dicuci bersih kedalam saos bumbu. Masak sampai cangkang kerang terbuka.
  4. Masukkan potongan kacang buncis dan masak hingga buncis layu. Cicipi
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat masakan kerang hijau buncis saus tiram yang baru saja dibuat. Yummi
Gampang banget kan bunda, Resep Masakan Kerang Hijau Buncis Saus Tiram diatas? Yuk masak-masak. Jangan lupa Share resep ini ke temen yang lain ya.. Budayakan berbagi, karna berbagi itu indah.. Selamat masak..!

Selasa, 29 Desember 2015

RESEP MALAM TAHUN BARU, AYAM BAKAR SAUS BARBEQUE MATAP...!!!

Olahan Ayam Bakar - Bagaimana Cara membuat Ayam Bakar Saus Barbeque yang paling enak? - Wah ..cocok banget nih...buat persiapan tahun baru, memang pada umumnya ketika menyambut tahun baru orang orang pada melek matanya sampai jam 12 malam apa yang ditunggu? yang pasti meraka akan berpisah dengan tahun yang selama ini di lalui-nya dan tidak akan kembali lagi dan menyambut tahun baru, tahun yang penuh harapan.

Cara membuat Ayam Bakar Saus BarbequeBanyak tetangga dan saudara kita menjelang malam tahun baru pada bakar bakar, bakar jagung, bakar sate, bakar ayam saus barbeque dan bakar rumah, hahh...!!! bakar rumah? gak salah tuh... iya soalnya sering kejadian malam tahun baru pada main kembang api nyasar ke dalam rumah kena bahan yang mudah terbakar, akhirnya ludes tuh rumah.

Cara Membuat Ayam Bakar Saus BBQ

Cara membuat ayam bakar saus BBQ ini mudah dan tidak repot , bahan-nya mudah didapat diwarung tetangga, Anda bisa mencobanya di rumah rame rame bersama teman dan tetangga, wah pokoknya asiklah kalau rame rame begini. Apa saja resep dan bumbu Ayam Bakar Saus Barbeque? dan bagaimana cara membuatnya? yuk mari'...jangan kelama'an ngocehnya.

RESEP MALAM TAHUN BARU, AYAM BAKAR SAUS BARBEQUE MATAP...!!!

Bahan bahan Ayam Bakar Saus Barbeque:
  • 500 gram paha atau sayap ayam, cuci bersih
  • 200 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 4 sdm air jeruk lemon atau jeruk nipis
Bumbu saus BBQ:
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 4 sdm saus barbeque instan
  • 2 sdm saus tiram
  • 4 sdm saus tomat
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
Cara Membuat Ayam Bakar Saus BBQ:
  1. Mula mula Lumuri ayam dengan cairan jeruk lemon atau jeruk nipis. Diamkan sebentar. lalu Cuci bersih.
  2. Kemudian Campur gula dan air, panaskan hingga menjadi karamel, angkat, sisihkan dulu.
  3. Tumis bawang putih hingga harum. Campur bawang putih. karamel dan bumbu lainnya dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Kemudian Masukkan ayam dalam bumbu, aduk rata biarkan bumbu sedikit meresap. lalu Angkat dan panggang ayam dengan alat pemanggang atau pembakar. Silakan Panggang hingga ayam matang. Bolak-balik agar ayam tidak gosong.
Baca juga ini: RESEP RAHASIA AYAM BAKAR BUMBU BALI PALING ENAK

Silakan Sajikan ayam selagi masih hangat dengan tambahan irisan timun, tomat, nasi hangat dan sambal. kalau tidak mau repot sambalnya yang serba di iris terdiri dari cabai rawit, bawang merah, kecap manis dan garam aduk jadi satu tambahi air sedikit, hmm..nyam nyam. Begitulah Cara Membuat Ayam Bakar BBQ menyambut malam tahun baru...

RAHASIA RESEP SATE SAPI KHAS PADANG SPESIAL PALING LEZAT

Olahan Daging - Bagaimana Cara Membuat Sate Padang yang Paling Enak? - Ada yang beda dari pada yang lain dengan cara yang akan saya bagikan ini, pada umumnya saus sate padang memakai air biasa tapi ini memakai air bekas cucian beras tapi endapkan dulu kalau orang jawa bilang air leri, kalau gak salah seperti kuah coto makassar. Kalau bumbu yang lain sama saja, dagingnya pakai daging sapi.

Tentang olahan Sate, di Indonesia Makanan sate memang sudah dikenal sejak dulu. Karena wilayah indonesia ini terdiri dari pulau pulau dan terbagi menjadi beberapa suku, sehingga adatnyapun berbeda beda itulah uniknya Indonesia, tidak ada negeri lain yang seperti ini. Karena perbedaan inilah mempengaruhi juga adat dan cara memasak makanan-nya ternasuk cara membuat sate ini.
Cara Membuat Sate Padang yang Paling Enak
Kalau di jawa tengah pelengkap sate biasanya hanya irisan cabai, bawang merah, dan tomat. Kalau di jawa barat ada 2 pilihan dengan acar dan bumbu kacang, nah kalau di Padang ini dengan saus yang terbuat dari tepung beras kemudian dicampurkan dengan bumbu dan rempah khas Padang. Rasanya unik seperti sayur tapi bukan sayur, hmm..ingin mencoba bikin sendiri? yuk mari'...


Bahan Yang dibutuhkan Untuk Membuat Sate Padang
  • daging sapi 1/2 kilogram
  • tepung beras 50 gram
  • air bekas cucian beras 1/2 liter
Bumbu Yang dihaluskan
  • bawang merah 5 buah
  • bawang putih 3 siung
  • daun jeruk 2 lembar
  • kunyit 2 cm, potong-potong
  • jahe 2 cm, potong-potong
  • lengkuas 1 cm, potong-potong
  • serai 1 1/2 batang, memarkan
  • asam kandis 1/2 potong
  • daun kunyit 1/2 lembar
  • adas bubuk 1/2 sdt
  • jinten bubuk 1/2 sdt
  • merica bubuk 1/2 sdt
  • ketumbar bubuk 1/2 sdm
  • cabe merah, sesuai selera
  • garam 1 sdt
  • minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Saus Sate Padang:
  1. Campur tepung beras dengan bumbu (sisakan bumbu untuk oles daging), dan air cucian beras, lalu masak sampai mendidih.
  2. Angkat dan tempatkan di wadah.
Cara Membuat Sate Padang:
  1. Mula mula Cuci bersih daging sapi dan kemudian potong menjadi 4 bagian dulu
  2. kemudian Panaskan minyak lalu tumis bumbu-bumbu halus tadi sampai tercium harum
  3. Masukan daging sapi yang telah dipotong tadi. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai daging sapi empuk.
  4. Jika sudah angkat lalu potong-potong daging tersebut dan buatlah menjadi beberapa tusukan.
  5. Lemudian Olesi dengan minyak dan campuran bumbu lalu bakar diatas arang.
  6. Angkat dan letakan diatas piring saji dan kemudian siram dengan saus sate padang.
Baca juga: APA ITU SATE KLATHAK? NIH...RESEP DAN CARA MEMBUATNYA

Begitulah cara Membuat Sate Padang yang Paling Enak, selamat mencoba...O iya jangan lupa silakan berbagi dimedia sosial agar sahabat anda juga bisa membuat dan menikmati lezat-nya sate padang ini..

RESEP CARA MEMBUAT DENDENG BOTOKOK CABAI HIJAU PALING ENAK

Olahan Daging Khas Padang - Bagaimana cara membuat dendeng "Botokok" Cabai Hijau Yang Paling Enak? - Apa itu Dendeng Botokok? namanya ko' aneh ya, lah yang pasti kalau dendeng semua orang tau yaitu daging sapi yang di iris tipis agak lebar kemudian dipukul pukul dengan ulegan (batu cobek). Makanan jenis ini berasal dari Sumatera Barat tepatnya Padang, yang bikin unik adalah bumbu cabai hijau-nya yang mengeluarkan aroma langu dipadu aroma daging sapi. Wah boleh juga tuh...enak sepertinya.

Dendeng botokok ini asli resepnya saya koleksi dari sahabat Facebook ia pengusaha sebuah rumah makan khas Padang. Kalau masakan padang pastinya semua orang cocok, walaupun ada yang gak suka pedas-nya, ah atur atur saja tingkat pedasnya. Ok, mari kita mulai membuat dendeng Botokoknya...
Cara membuat dendeng Botokok

Resep Dan Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Padang Sumatera Barat

Bahan bahan:
  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 2½ gelas air
  • 1 sendok makan air asam Jawa
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
Bumbu Yang DiHaluskan:
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Sambal, Tumbuk Kasar
  • 15 cabai hijau
  • 10 buah bawang merah
Caranya Membuat Dendeng Botokok:
  1. Mula mula Rebus daging sapi dalam air di atas api sedang. Masukkan bumbu halus, tambahkan air asam Jawa, ungkap sampai daging lunak dan bumbu meresap. 
  2. Kemudian Angkat daging, iris tipis mengikuti serat, lalu pukul-pukul hingga melebar.
  3. Serelah itu Goreng daging hingga kering dan berwarna kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.
Cara Membuat Sambal Dendeng Botokok 
  • Giling kasar cabe hijau dan 5 siung bawang merah, 3 siung bawang merah diiris kemudian tumis. Tambahkan air jeruk nipis dan daun jeruk, lalu masak hingga harum.
  • Masukkan dendeng, garam, dan sisa air lalu aduk rata, Angkat dan sajikan.
Baca juga: RESEP CARA MEMBUAT GULAI BAGAR KAMBING KHAS PADANG

Begitulah cara membuat dendeng "Botokok" Cabai Hijau Yang Paling Enak, hemm...ternyata mudah-kan? Olahan daging sapi yang dibikin dendeng ini rata rata anak anak juga suka yang penting atur saja tingkat pedasnya...

Resep dan Cara Membuat Sambal Penyet Spesial

Resep Mudah dan Praktis Cara Membuat Sambal Penyet Spesial

Resep Sambal Penyetan. Pas banget disajikan untuk cocolan ayam bakar dan ayam goreng. Yummi banget pokoknya..! Daripada kamu repot beli ayam penyet, pecel lele diluar, mending buat sendiri aja. Selain hieginis, yang pasti juga lebih hemat uang kan.. Yuk coba resepnya..


Bahan-bahan Sambal Penyetan:


  • 5 buah cabe merah besar
  • 15 buah cabe rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah besar
  • 1 sdt garam
  • 3 sdt gula merah sisir
  • 2 sdt terasi matang (goreng/bakar)
  • ¼ sdt Penyedap rasa jika suka


Cara Membuat Sambal Penyetan:


  1. Goreng dulu cabai, bawang putih, bawang merah, dan juga tomat hingga layu. Goreng terasinya juga sebentar.
  2. Ulek dan haluskan semua bahan yang sudah digoreng diatas sampai halus. Beri garam, gula dan juga penyedap rasa jika suka. Ulek kembali sampai garam dkk tercampur rata. 
  3. Sambal Penyetan yang sudah dibuat pun Siap disajikan untuk menemani ayam goreng, tempe goreng, ikan goreng, dan segala olahan yang kamu buat. Yummi..!
Semoga Resep dan Cara Membuat sambal Penyet diatas siapa tau bisa kamu jadiin sebagai peluang usaha rumahan. Lebih dobel manfaatnya.. Yuk masak-masak. Jangan lupa bantu share serep ini ya bunda..

Resep Roti Kuah Santan Yang Lezat

Resep Roti Santan - Pengen buat menu sajian yang bisa menghangatkan tubuh saat musim hujan seperti sekarang ini? Mungkin roti kuah santan ini bisa menjadi solusinya. Selain dapat menghangatkan tubuh, roti ini juga sangat gampang kok jika kalian mau mencobanya.. Seperti ini resepnya..

Resep Roti Santan

Bahan-bahan

  • 2 lembar roti tawar
  • 1/2 gelas gula pasir
  • 2 gelas air
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 gelas santan
  • Susu kental manis 


Cara Membuat:

  1. Campur air, daun pandan, dan juga gula, panaskan sampai mendidih
  2. Tambahkan santan, aduk dan masak selama 1 menit.
  3. Potong roti menjadi 4 bagian, Lalu siram roti dengan kuah santan secukupnya. Jangan lupa tambahkan susu kental manis diatasnya. 
  4. Selesai, roti kuah santan pun siap disantap. Yummi..
Sangat mudah kan resep diatas? Yuk masak-masak..!

Senin, 28 Desember 2015

CARA PRAKTIS MEMBUAT URAP (KULUPAN) PALING ENAK

Olahan Praktis - Bagaimana cara membuat urap daun singkong, bayam, kol, tauge (kecambah), kacang panjang  yang paling enak - Aku yakin pasti anda suka sekali dengan yang namanya urap ini, kalau orang jawa bilang kulup. Masakan ini sangat praktis dan mudah cara memasaknya, yang penting ada pada bumbu sambal kelapan-nya, kalau dedaunan anda boleh mancoba semua daun yang dapat di makan.

Untuk bumbu sambal kelapa yang anda butuhkan hanya cabai, kelapa setengah tua di parut, dan yang terpenting adalah ada aroma daun jeruk purut, sebenarnya tidak ada jeruk purut tidak apa apa tapi anda akan kehilangan sensasi harum, wangi-nya yang khas banget.
cara membuat urap atau Kulup selera nusantara
Daun yang bisa dibikin urap ini bermacam macam, diderah saya yaitu Sragen (solo) biasanya menggunakan irisan daun pepaya, irisan daun mengkudu, daun bayam, daun singkong, daun kenikir. Kemudian pelengkapnya dengan irisan kacang panjag, boncis iris serong, kecambah/tauge keriting bahkan ada juga petai cina (mlanding) muda juga enak dicampurkan. Yang mana saja yang anda dapatkan boleh saja dibikin urap.

Olahan ini cocok untuk derah mana saja karena saya sudah memperharikan dari berbagai derah di Indonesia. Nah.. kakecuali jawa barat daerah Bandung dan sekitarnya saya perhatikan urapnya beda karena saya lihat ada sedikit basah seperti kasih kuah dan ada bumbu sengir sengir di hidung sepertinya ada semacam kencur, hemm...pokoknya ada bedanya.

cara membuat urap atau Kulup selera nusantara yang paling enak
Resep Dan Cara Membuat Urap (Kulup) Sayur Paling Enak Selera Nusantara

Bahan untuk sayuran:
  • Sayur bayam, hilangkan tangkainya.
  • Sayur singkong yang masih muda .
  • Daun lainya yang menurut selera dan keiginan anda
  • Kol yang telah dibuang terlebih dahulu tulang daunnya dan iris dengan ukuran setengah centimeter saja.
  • Tauge 
  • Kacang panjang yang dipotong sesuai dengan selera.
  • Wortel yang juga dipotong menjadi korek api.

Bahan yang diperlukan untuk bumbu sambal urap:
  • Kelapa muda yang telah diparut memanjang.
  • Cabai merah sekitar 3 buah atau sesuai selera. (dan cabai rawit jika ingin pedas)
  • Bawang putih sebanyak 2 siung.
  • Air dari asam jawa.
  • Sekitar 1,5 sendok kencur yang telah dicincang. (Tidak pakai gak apa apa jika tidak suka)
  • Daun dari jeruk purut sebanyak 3 lembar iris kecil kecil
  • Garam.
  • Gula merah sekitar 2 sendok. Silakan uleg bumbu urap ini kecuali ampas kelapa pisahkan yang nanti tinggal dicampurkan saja

cara memasak urap Selera nusantara:
  1. Mula mula Rebuslah beberapa sayuran dengan cara yang terpisah atau berurutan pilih saja mana yang cepat layu di akhirkan, dengan jangka waktu dari perebusan yang jangan terlalu lama karena akan merusak system dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayuran tersebut.
  2. Perbedaan merebus tentu saja berada pada tingkat kekerasan dari sayur yang Anda rebus. Jika wortel atau beberapa sayuran lain yang keras maka berikanlah waktu yang lebih lama. Sedangkan untuk sayur tauge Anda juga bisa memberikannya air panas saja agar tidak terlalu matang. Jika semua beres pisahkan dulu tiriskan
  3. Setelah semua siap kita bikin sambal, Anda dapat memulai untuk menghaluskan bahan-bahan semua bumbu yang telah disebutkan untuk mengaduknya bersamaan dengan kelapa muda yang telah diparut sebelumnya. Kalau anda orang jawa tengah biasanya dipadu tempe + teri dan petai cina.
  4. Kemudian setelah semua bahan telah teraduk dengan rata maka Anda dapat segera untuk mengukusnya di tempat yang memungkinkan Anda untuk dapat mengukus kelapa berbumbu tersebut. 
  5. Setelah kurang lebih 15-20 menit, Anda dapat menyajikan sambal urap dengan sayuran kesukaan Anda. jika Anda merasa kurang lengkap, maka Anda juga dapat menemani cara makan Anda dengan kerupuk atau juga ikan asin dan tahu tempe. 

Bigitulah cara membuat urap atau Kulup selera nusantara yang paling enak, saya yakin dengan urap ini selera makan anda akan bertambah dan kenyanglah anda...

RESEP CARA MEMBUAT GULAI PAKIS PALING ENAK

Gulai Pakis Padang - Bagaimana cara memasak pakis dengan bumbu gulai khas padang - Tumbuhan jenis paku pakuan (Pakis) ini banyak tumbuh di tanah jenis gambut, anda akan banyak menjumapai di daerah sumatera dan kalimantan tumbuh di sekitar hutan dan sungai. Jenis pakis ini banyak tapi yang bisa dimasak untuk menjadi sayur yang lezat ini jenis pakis yang ujungnya menggulung dan tangkainya bulat panjang dan agak tebal.

Cara memasak pakis ini saya ambil resepnya dari padang sumatera barat, karena saya sudah mencobanya dan rasanya benar benar super lezat. Ada 2 pilihan cara memasaknya yaitu dengan di tumis (Oseng") dan gulai demgan ciri khas ada santan-nya. Untuk anda yang suka di tumis atau orang jawa bilang di Oseng oseng bisa baca pada artikel halaman sebelumnya di sini RESEP DAN CARA MEMASAK PAKIS YANG PALING ENAK. Untuk kali ini akan kami bagikan cara dan resep gulai pakis yang paling enak.
Cara memasak pakis dengan bumbu gulai khas padang
Resep Masakan Gulai Paku (Pakis) Khas Bumbu Padang (Sumatera Barat)

Bahan bahan:
  • ½ kg daun pakis muda yang sudh disiangi
  • 750 cc santan dari 2 ½ butir kelapa (Pisahkan jadi 2 santan kental dan cair)
  • 200 gr udang, kupas (bisa juga dengan ikan asin jambal atau ikan teri).
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 buah asam kandis
  • 30 lembar daun ruku-ruku atau daun kemangi

Bumbu Yang DiHaluskan:
  • 1 ons cabe merah
  • 10 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Masakan Gulai Paku (Pakis) Khas Padang :
  1. Muala mula Cuci daun pakis yang sudah disiangi, lalu tiriskan dahulu.
  2. Lalu Didihkan santan cair dengan semua bumbu berikut udang, aduk-aduk agar santan tidak pecah.
  3. Masukan daun pakis, tunggu mendidih sekali lagi, masukan santan kental. Masak terus sampai santan berminyak, jika sudah dirasa matang angkat dan sajikan.
Baca juga: (BUKAN) RAHASIA RESEP SAYUR DAUN SINGKONG KHAS PADANG

Begitulah sahabat semua, cara yang sangat mudah dan praktis memasak Gulai Pakis Yang Paling enak, sajian ini paling enak dimakan saat siang hari dengan nasi hangat hemm..nyam nyam...

RESEP RAHASIA AYAM BAKAR BUMBU BALI PALING ENAK

Olahan Ayam -  Bagaimana CaRa Membuat AYam Bakar Bumbu Khas Bali Yang Paling Enak? - Olahan ayam memang tak ada habisnya karena tiap daerah beda bumbunya, termasuk yang akan saya bagikan ini yaitu Ayam bakar Bumbu Khas Daerah bali. Tak cuma bumbu ayam bakarnya tapi akan saya bagikan pasangan-nya yaitu Sambal, yah..sambal pasangan yang cocok untuk ayam bakar.

Ayam Bakar Bumbu Khas Bali - Untuk anda yang belum pernah ke Bali, nah inilah ayam bakar khas bali. Dengan paduan tempah rempah yang lengkap khas bali ini membuat ayam bakar ini beda dari tempat lain...
CaRa Membuat AYam Bakar Bumbu Khas Bali
Resep Ayam Bakar Bumbu Bali

Bahan-bahan Ayam Bakar:
  • 1 ekor ayam, potong 4 bagian
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 3 butir cengkeh
  • 100 ml air
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu Ayam Yang dihaluskan :
  • 5 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 10 buah cabe merah
  • 15 buah cabe rawit
  • 3 ruas jahe
  • 4 ruas lengkuas
  • 3 ruas kencur
  • 1 sendok teh terasi, goreng
  • 18 butir kemir, Silakan diuleg dulu agar lembut
Cara Membuatnya Ayam Bakar Bumbu Bali:
  1. Mula mula Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan tadi, masukan daun salam, serai, pala bubuk, daun jeruk, dan cengkeh sampai harum.
  2. Kemudian Masukkan ayam, merica, garam, air, dan gula kemudian masak dengan api kecil sampai ayam empuk dan kuah mengental selama sekitar 20 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Terakhir Pangganglah ayam tadi di atas bara api kemudian sesekali di olesi dengan kuah bumbunya tadi , jika sudah dirasa cukup matang angkat. 
Sambal Ayam Bakar Bali:  

Bahan bahan:
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • 10 buah cabe rawit, iris halus
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 2 batang serai memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuatnya Sambal:
  1. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian tumis bawang merah, cabe rawit dan bawang putih hingga harum. Lalu masukkan terasi, garam, gula dan serai. kemudian aduk hingga matang. Karena semua sudah di iris halus, tidak perlu di uleg.
  2. Terakhir, Sajikan ayam panggang dengan sambal, bersama lalapan selada air, irisan ketimun, irisan tomat buah. Hmmm...nyam nyam..!!!
Begitulah cara membuat Ayam Bakar Khas Bali yang paling enak....
Baca juga: Resep Ayam Madu Bakar Yang Nikmat Dan Mantap

Minggu, 27 Desember 2015

Resep Mie Goreng Ikan Tuna Spesial dan Cara Membuatnya

Resep  Spesial Hari Ini: Mie Goreng Ikan Tuna. Mie memang sangat mudah diolah menjadi apa aja, dan yang pastinya masakan ini disukai oleh semua anggota keluarga. Bahkan untuk membuat aneka olahan dari mie ini kamu tak butuh banyak bahan untuk memasaknya.

Mie Goreng Ikan Tuna

Emm, Ngebahas soal aneka masakan mie memang nggak ada habisnya. Terlebih masakan mie goreng, banyak banget masakan mie goreng yang bisa kita jumpai dan mungkin udah banyak juga yang mencobanya, seperti: Resep Mie Aceh, Resep Mie Jawa, Resep Mie Magelangan, dll.

Lalu gimana kalo membuat resep mie goreng ikan tuna? Resep ini sama seperti reseb mie lainya, berikut resep dan cara membuatnya..

Bahan-bahan Mie Goreng Ikan Tuna:


  • 1 kaleng ikan tuna, potong-potong 
  • 1 bungkus mie telor (sekitar 200 gr)
  • 100 gr udang kupas
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 ikat sawi, potong-potong
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • minyak goreng secukupnya


Bumbu Mie Goreng Ikan Tuna:


  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdt lada hitam
  • garam secukupnya


Cara memasak Mie Goreng Ikan Tuna:


  1. Cara pertama rebus mie telur terlebih dahulu hingga matang. Tiriskan dan jangan lupa campur dengan sedikit minyak agar mie tidak lengket.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan ikan tuna dan tumis hingga harum. Beri daun bawang, tomat dan juga udang kupas. Tumis lagi sampai udang berubah warna.
  3. Selanjutnya, masukkan potongan sawi, tumis hingga sawi agak layu. Tambahkan kecap manis, kecap asin dan juga lada hitam. Aduk rata.
  4. Terakhir, masukkan mie kuning dan beri garam secukupnya. Masak hingga mie matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan... Yummi.


Bunda, itulah Tips masak dan resep cara membuat Mie goreng Ikan Tuna Spesial. Mie goreng ini bisa ditambahi kerupuk atau acar. Jika dirasa kurang pedas bunda juga boleh menambahkannya dengan cabai rawit. Selamat mencoba. Semoga resep masakan sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi masakan bagi Bunda-bunda yang lain. Jangan lupa bantu share resep masakan dari kami ya... :)

Resep Masakan Sederhana: Sayur Rebung Kuah Santan Gurih Pedas

Resep Sayur Rebung Enak dan Mudah. Saat musim penghujan seperti sekarang ini, biasanya banyak tumbuh sayuran segar yang bisa kita olah menjadi masakan lezat dan sehat. Salah satu sayur sederhana yang tumbuh subur saat musim hujan adalah sayur rebung. Apa itu sayur Rebung? Rebung adalah bambu muda yang bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat.


Berbicara soal rebung, mimin jadi keinget pada salah satu masakan sederhana berbahan rebung ini, yaitu Masakan Sayur Rebung Kuah Santan yang gurih dan pedas. Saking nikmatnya, masakan ini hampir mirip dengan masakan opor ayam kuah santan yang gurih dan pedas.

Nah, buat bunda yang penasaran soal gimana sih cara membuat sayur rebung kuah santan yang enak seperti opor ayam dan apa saja bahan bunbu yang harus disiapkan? Berikut ini tutorial masak step by step cara membuat dan bahan untuk memasak sayur rebung yang bisa bunda ikuti. Perhatikan baik-baik dan jangan lupa sambil praktek di rumah ya. Jangan lupa juga Share dan Bagikan ke temen sosial media kamu resep masakan di blog ini :)

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan:


  • 350 gr rebung muda (iris tipis, rebus dan buang air lalu rendam selama satu malam lalu cuci bersih dan tiriskan sebelum dimasak)
  • 200 ml santan kelapa (dari 1 butir kelapa)
  • 3 cm lengkuas (memarkan) 
  • 2 lembar daun jeruk 
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya) 
  • Garam (secukupnya) 
  • 1 lembar daun salam 
  • Gula (secukupnya) 
  • Minyak (secukupnya) 


Bumbu Halus Untuk Sayur Rebung:


  • 10 cabai rawit
  • 3 cabai merah besar (buang isi) 
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih 
  • 4 cm kunyit 
  • 3 butir kemiri


Cara Membuat Sayur Rebung Spesial:


  1. Tumis bumbu yg udah selesai dihaluskan menggunakan minyak secukupnya sampai aromanya harum. Tambahkan garam, gula dan juga lengkuas.
  2. Masukkan sedikit air ke dalam bumbu yg sudah ditumis dan biarkan sampe mendidih. 
  3. Masukkan irisan rebung yang telah disiapkan. Masak sekitar 10 menitan bersama bumbu hingga bumbu meresap. 
  4. Tambahkan daun salam , daun jeruk, dan juga kaldu ayam bubuk secukupnya. Aduk semua bahan sampai tercampur rata dan biarkan kembali mendidih. 
  5. Terakhir, masukkan santan kelapa ke dalam masakan dan aduk rata. 
  6. Masak hingga mendidih dan rebung matang. 
  7. Yups, Masakan Sayur rebung pun siap untuk disajikan. Yummi..


Bunda, itulah Tips masak dan resep cara membuat sayur rebung kuah santan yang mudah, enak, gurih dan juga pedas. Biar rasa masakan sayur rebung ini jadi lebih nikmat dan juga menggugah selera, Bunda bisa menambahkannya dengan daging ayam dan juga bawang merah goreng di dalamnya. Semoga resep masakan sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi masakan bagi Bunda-bunda yang lain. Selamat mencoba dan jangan lupa bantu share resep masakan dari kami ya... :)

Sabtu, 26 Desember 2015

(BUKAN) RAHASIA RESEP SAYUR DAUN SINGKONG KHAS PADANG

Olahan Daun Singkong - Bagaimana cara membuat Sayur daun singkong Khas Padang? - "Daun singkong" selain murah dan mudah di dapat, segala olahan-nya enak untuk dimakan bersama nasi. Daun singkong (godong serapah, budin - Bhs. Jawa, daun Sampeu' - bhs. Sunda) Biasanya kalau diwarung Padang untuk bahan lalapan, tapi kali ini kami akan bagikan resep dan cara membuat sayur daun singkong, Kalau orang Padang mungkin sebutan-nya Gulai karena ada santan kentalnya. Mungkin ini kalau di jawa tengah biasa di namakan Oblok Oblok, kalau di jawa barat (sunda) Buntil (daun singkong diikat dan didalamnya berisi ampas kelapa dan teri).

Gulai daun singkong khas Padang ini ternyata mudah cara membuatnya karena bumbunya mudah didapat tidak seperti memasak masakan padang lain-nya. Cara memasaknya persis sama dengan oblok oblok daun singkong seperti di Jawa tengah mungkin bedanya disini ada campuran kacang merah atau kacang "Tholo". Ok sahabar semua mari' kita mulai kumpulkan bahan-nya...



Gulai Daun Singkong Khas Padang
Bahan bahan:
  • 2 ikat daun singkong yang masih segar
  • 150 gram kacang merah
  • 1 gelas saja santan kenal
Untuk bumbunya Anda harus mempersiapkan:
  • 3 bawang putih
  • 10 cabe merah
  • 6 butir kemiri
  • 1 potong kunyit
  • 1 potongan terasi berukuran kecil
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 1 ruas jari
  • Garam sesuai selera Anda
Cara Membuat Masakan Gulai Daun Singkong
  1. Yang pertama harus Anda lakukan adalah merebus daun singkong tersebut bersamaan dengan kacang merah (kacang tholo) hingga lunak. (Jika anda ingin daun singkong dipotong potong, lakukan seblum direbus, tapi kalau di jawa tengah setelah durebus terserah anda bagaimana enaknya)
  2. Lalu untuk bumbunya cukup Anda haluskan, kecuali daun salam serta lengkuas agar Anda sisihkan terlebih dulu.
  3. Jika semua bumbu sudah halus, Anda campurkan bersama dengan bahan yang di rebus, dan masukan juga bahan-bahan lainnya menjadi satu
  4. Lalu tambahkan santan kental, lengkuas yang terlebih dulu Anda memarkan, dan daun salam.
  5. Masak hingga air santannya tersisa sedikit sembari Anda aduk-aduk.
Bigitulah cara membuat sayur (Gulai) daun singkong khas Padang yang paling enak dan mak nyussss. Tips sayur daun singkong sebaiknya dimakan untuk sekali - dua kali, yang pasti jangan disimpan lama untu esok hari, walaupun diangeti tetap tetap akan terasa basi.

Jumat, 25 Desember 2015

RAHASIA RESEP KALIO CUMI + TELUR PUYUH PALING ENAK

Resep Masakan Padang - Bagaimana Membuat Kalio Cumi Campur Telur Puyuh Yang Paling Enak? - Tidak biasa ini kalio kok cumi dan relur puyuh, anda pasting sering lihat masakan jenis Kalio ini biasanya bahan utamanya daging sapi atau daging ayam karena masakan kalio ini mirip rendang penyajian-nya juga sama cuma beda agak basah saja. Sengaja saya membagikan resep kalio ikan cumi ini, kalau pakai daging-kan sudah biasa nanti bosan lagi.

Kalio cumi ini menurut saya lebih enak, tau sendirikan ikan cumi ini? rasanya gurih, sedap ada sensasi kenyal kenyalnya dipadu dengan telur puyuh, cara makan-nya tinggal ma' ceplus gitu. Saya yakin anak anak juga pasti lebih suka yang ini, untuk cara membuatnya juga cukup mudah dan lebih cepat dibanding dengan daging, yuk mari'...

Resep cara membuat Kalio Cumi yang paling enak

Cara Membuat Kalio Cumi
BAHAN :
  • 500 gram cumi ukuran sedang
  • 20 butir telur puyuh atau bisa diganti telur ayam, dll sesuai selera
  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 500 ml santan cair

BUMBU DIHALUSKAN :
  • 150 gram cabai merah keriting
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1 batang serai, iris tipis
  • 1 sendok teh garam

CARA MEMBUAT KALIO CUMI ALA MINANG :
  1. Mula mula Bersihkan cumi, cuci, dan potong cumi bentuk cincin atau utuh sesuai selera saja.
  2. Rebus telur puyuh, kupas kulitnya. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Kemudian masukkan santan, daun jeruk, daun kunyit, serai. Silakan Masak hingga kuah mengental.
  4. Masukkan cumi dan telur puyuh dan Masak hingga semua bahan matang.
Nih Baca juga: RESEP RAHASIA RENDANG ASLI PADANG

Nah..begitu caranya bikin Kalio Cumi + Telur puyuh yang paling enak, sajian ini alternatif selain daging sapi yang mungkin bosan karena terlalu sering makan daging...

CARA PRAKRIS MEMBUAT TUMIS PETAI + UDANG UWH...HAAAH..!!!

Olahan Petai - Bagaimana cara paling praktis memasak petai + Udang? - Petai bagi sebagian orang pasti ada yang tidak suka bahkan paling dibenci, tapi kalau mau jujur makan dengan lalapan petai (Pete) ini akan menambah nafsu makan. Bau petai-nya yang gak enak tapi makan-nya yang lezat, tapi jika anda tidak terbiasa makan banyak jangan dipaksakan karena saya sendiri pernah saking enaknya gak cukup 1 piring nambah lagi saya, akibatnya mabuk petai kepala pusing dan seakan akan sekeliling saya baunya petai terus selama seharian. Sejak saat itu saya tidak berani lagi makan petai.

Tumis Petai Udang kering (rebon) - Kalau hanya untuk menghilangkan baunya, anda bisa coba mengunyah beras mentah tapi jangan ditelan dan minum susu putih sakset, tapi kalau bisa susu murni kemudian sikat gigi. Cara ini akan lebih cepat mengurangi bau mulut anda. yuk kita mulai memasak tumis petai-nya jangan lama lama basa basinya...

Tumis Petai Udang kering
Tumis Petai Udang Kering (Rebon)
Bahan bahan:
  • 5 papan petai, kupas, belah dua
  • 100 g buncis, iris serong
  • Udang kering (rebon) secukupnya, bisa juga udang goreng kering tumbuk halus,  kalau tidak anda bisa ganti Ebi
  • 1 sdm kecap manis 
  • garam secukupnya
Bumbu Halus:
  • 6 bawang merah 
  • 4 siung bawang putih
  • 10 Buah cabe merah 
  • 5 buah cabe rawit 
  • 1 buah tomat
Cara Memasak :
  1. Mula mula Tumis bumbu halus hingga harum. aduk rata. Masukan udang. aduk rata.
  2. kemudian Masukan garam + sedikit air. Aduk rata. lalu Masukan petai, buncis + kecap. aduk rata. masak jangan lama lama agar tetep kriuk kriuk.
  3. Angkat & Sajikan selagi hangat.
Coba juga nih... RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG SAMBAL LADO HIAJAU + PETAI

Itulah reep dan cara membuat tumis petai bersama udang kering yang pedasss enak uwh haaahh......!!! selamat mencoba..

RAHASIA RESEP BALADO TONGKOL + JENGKOL PALING ENAK

Olahan Ikan - Bagaimana Cara Membuar Ikan Tongkol Balado Campur Jengkol Yang Paling Enak? Dan Apa Saja Resepnya? - Ikan tongkol ini salah satu kesukaan saya, dagingnya yang padat rasanya yang gurih dan tidak eNeg inginya selalu nambah jika lagi makan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ikan tongkol goreng bumbu balado dicampur engkol yang di geprek, untuk anda yang tidak suka jengkol tidak pakai tidak apa apa karena dengan bumbu baladonya saja sudah cukup enak.

Resep ini saya dapat dari sahabat Facebook pengelola rumah makan Padang yang selalu membagikan resepnya, tidak mengapa-ka kalau saya bagikan disini. Sebanarnya Ikan togkol ini selain juga enak jika dimasak dengan bumbu asam padeh, tapi kita akan bikin variasi bunbu kering. Oke sahabat semua yuk kita mulai memasak Balado Tongkol Jengkolnya...

Cara Membuat Tongkol Balado Campur Jengkol
Cara Memasak Balado tongkol jengkol

Bahan-bahan :
  • 1 ekor ikan tongkol ukuran sedang, potong2
  • 6 buah jengkol, belah dua
  • 20 bh cabe merah keriting
  • 1 siung bwg putih
  • 6 bh bwg merah
  • 1 bh tomat ukuran sedang, iris
  • royco dan garam
  • secukupnya cuka

Langkah Langkah Membuat Bakado Tongkol jengkol:
  1. Mula mula ikan tongkol yg sudah dibersihkan dan dipotong2 beri royco + sedikit cuka, aduk lalu masak dlm wajan dengan api kecil hingga air tongkol mengering, lalu goreng
  2. Kemudian goreng jengkol tadi hingga kekuningan, angkat dan keprek dg ulekan
  3. Silakan ulek cabe merah, bawang merah, bawang putih, garam hingga halus
  4. Lalu tumis tomat hingga setengah matang lalu masukkan cabe yg sudah d ulek tadi, masak dengan api kecil beri sedikit penyedap rasa
  5. Kemudian jika sudah mulai matang masukkan jengkol aduk aduk hingga matang.. lalu campur dengan tongkol yg sudah d goreng, aduk aduk lagi, jika dirasa sudah matang angkat dan sajikan..
Coba juga ini: CARA MEMASAK IKAN TONGKOL ASAM PADEH KHAS PADANG

Hmm...nyam nyam sedap, mudah-kan cara membuatnya? begitulah cara memasak ikan tongkol dengan bumbu balado dan jengkol yang paling enak...

RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG CABAI HIJAU PEDESSS...

Olahan Ayam - Bagaimana Cara membuat ayam goreng dangan Bumbu Cabai Hijau? - ayam lagi ayam lagi...! ya gak apa apa, kalau mau jujur olahan daging ayam ini setiap orang pasti suka, tapi jangan terlalu sering nanti bosan, di jadwal saja misalnya 5 hari sekali makan dengan lauk ayam. Anda bisa ganti variasinya bumbu dan cara memasaknya, seperti yang akan saya bagikan ini yaitu Ayam goreng dengan bumbu cabai hijau.

Kalau digoreng saja kan gak ada seninya, nah...disini akan kita campur degan bumbu cabai Ijo. Dengan adanya aroma dari cabai hijau yang agak langu dipadu dengan sengatan pedasnya pasti akan menambah selera makan anda sekeluarga, bagaimana cara membuat-nya? mudah banget kok caranya, yuk mari aku tunjukan...

Cara membuat ayam goreng Bumbu Cabai ijo

Bahan Resep Ayam Cabe Hijau:
  • 1 ekor ayam broiler, cuci bersih, potong 8 bagian
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah serai, memarkan pangkalnya

Bumbu Yang DiHaluskan:
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai hijau besar
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 3 cm jahe
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt garam

Cara membuat Goreng Ayam Cabe Ijo
  1. Mula mula seperti biasa Lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan, biarkan selama 15 menit.
  2. Lalu Goreng ayam dalam minyak banyak hingga kuning kecokelatan, Kemudian Tumis seluruh bumbu halus hingga harum dan matang,
  3. Terakhir masukkan daun jeruk dan serai. Kemudian masukkan ayam goreng. Aduk hingga bumbu cabai hijau merata.
  4. Jika bumbu sudah rata diaduk, berarti dudah siap disantap itu, angkat saja dan Sajikan mumpung masih hangat..
Coba yang ini juga ya..RESEP RAHASIA AYAM BACEM KHAS YOGYAKARTA MAK NYUSSS

Begitulah Cara membuat ayam goreng cabai hijau yang pedass uhw...haaah...!!! nikmat, Ok selamat mencoba sahabat semua...

Rabu, 23 Desember 2015

RESEP CARA MEMBUAT GULAI BAGAR KAMBING KHAS PADANG

Olahan Daging Kambing - Bagaimana Caranya Membuat Gulai Bagar Kambing Khas Padang, Apa saja Resep Dan Bumbunya? - Dengan Aroma yang regus ini Daging kambing cocok banget dimasak apa saja mau disate, tongseng taupun gulai semuanya terap enak. kalau biaanya saya berbagi olahan daging kambing khas daerah Jawa, sekarang kita intip cicipi hasil olahan daerah Sumatera khususnya Padang, disana ada namanya "Gulai Bagar Daging Kambing" yang lezat ciri khas masakan Padang yang sudah tidak diragukan lagi rasanya.

Gulai Bagar Kambing ini sangat cocok dimakan ketika kumpul bareng dengan keluarga besar, seperti saat hari raya idul fitri ataupun idul adha. Lalu apa saja resep dan bumbu gulai Bagar kambing ini? yuk langsung saja tak perlu banyak banyak basa basinya...


Caranya Membuat Gulai Bagar Kambing Khas Padang

Resep, Bumbu Cara membuat 
Gulai Bagar Kambing Khas Padang Yang Lezaaat..!!

Bahan bahan:
  • 1 ½ kg daging kambing dengan tulang, potong-potong
  • 500 gr kentang, potong-potong
  • 350 cc santan kental
  • 1500 cc santan cair, dari 1 ½ butir kelapa
  • 15 butir bawang merah, iris tipis
  • 8 butir bawang putih, cincang
  • 5 cm kayu manis
  • 3 butir cengkeh
  • 1 sdt merica halus
  • 1 sdm garam
  • 2 asam potong (glugur/kandis)
  • 2 sdm minyak/margarin/mentega
Bumbu (disangrai dan haluskan):
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • ¼ sdt adas
Proses Cara membuat Gulai Bagar Kambing
  1. Mula mula Tumis bawang putih dengan minyak hingga kuning. Lalu Masukkan bawang merah, aduk sampai layu.
  2. Kemudian Masukkan daging kambing beserta semua bumbu. Lalu Aduk hingga berubah warna
  3. Selanjutnya Tuang santan cair, masak hingga daging lunak
  4. Masukkan kentang, santan kental, masak hingga matang dan kuah berminyak
  5. Hidangkan dengan acar ketimun
Coba juga nih....  RESEP RAHASIA SATE KAMBING SOLO YANG EMPUK, HARUM, GURIH & NIKMAT

Nah begitulah cara Membuat Gulai Bagar Kambing Khas Padang, yang lezat. Agak ribet tapi hasilnya hemm mantap, tidak sia sia ber-repot ria terbayar dengan menikmati Gulai Bagar Kambing-nya..

RESEP MEMBUAT GURAMI ACAR MERAH ASAM MANIS PEDAS ENAK

Olahan Ikan - Bagaimana cara memasak Ikan Gurami Acar Merah Bumbu asam, manis, pedas Yang Paling Enak? - Nama Ikan gurami setiap daerah berbeda soalnya saya pernah dengar yang nyebut seperti gurame (Sunda); grameh (Jawa.); kalui (Jambi.); ikan kali (palembang) yang mana sajalah yang penting ikan-nya seperti itu. Ikan gurami ini sebenarnya cocoknya dibakar dimakan dengan sambal dan lalapan, tapi masa' mau dibakar terus sekali sekali kita masak versi lain biar gak bosan.

Dagingnya yang padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Gurami hampir selalu tersedia di restoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan terutama gurami bakar dan gurami asam-manis pedas, seperti yang akan saya bagikan ini. Yuk langfsung saja kita go head..!!


Resep Bumbu Ikan Gurami 
Acar Merah Asam, Manis, Pedas Paling Enak

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ikan gurami, bersihkan
  • 10 sendok makan air
  • 2 sendok makan cuka
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 10 butir bawang merah utuh
  • 2 buah tomat hijau, potong-ppotong
  • 10 buah cabai rawit utuh
  • 1 buah mentimun, potong dadu
  • Garam, merica bubuk,
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 buah cabai merah besar
  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara membuat  Ikan Gurami Acar Merah Bumbu asam, manis, pedas 
  1. Mula mula Lumuri ikan dengan garam, merica. Kemudian Goreng hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan dahulu
  2. Lalu Panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu halus, jahe, daun jeruk hingga harum;
  3. Kemudian Masukkan air, cuka, garam, . Masak hingga matang;
  4. Tambahkan daun bawang, cabai rawit, bawang merah, mentimun, tomat. Aduk rata, terakhir jika sudah matang angkat dan sajikan...
Baca juga nih... CARA BAKAR IKAN GURAME AGAR ENAK, GURIH, LEZAT

Begitu caranya bikin masakan ikan Gurami Acar Merah Bumbu asam, manis, pedas Yang Paling Enak? bagaimana mudahkan cara membuatnya, sampai ketemu pada resep berikutnya yang lebih enak lagi...

Selasa, 22 Desember 2015

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana

Resep Menu Masakan Hari Ini, Sambal Goreng Kentang Ati Sederhana. Masakan ini rasanya nikmat dan bikin selera makan makin bertambah, Resep masakan sambal goreng kentang ati ini cara membuatnya mudah lho bund. Bahan dan bumbunya pun sangat murah dan sederhana.


Bunda bisa membuatnya untuk berbagai sajian, misalnya untuk menu masakan harian, acara tasyakuran, acara hajatan, dll.

Baca Juga: RESEP ATI AMPELA BUMBU BALADO

Bahan sambal goreng kentang ati:


  • 2 buah kentang ukuran besar (kupas kulitnya, potong dadu)
  • 3 buah hati dan ampela ayam (potong dadu sesuai selera)
  • 200 ml santan kelapa 
  • 2 lembar daun jeruk 
  • 3 cm lengkuas (memarkan) 
  • Gula merah (secukupnya, sisir halus) 
  • 1 lembar daun salam 
  • Garam (secukupnya) 
  • Minyak (secukupnya) 
  • Air asam jawa (secukupnya)


Bumbu sambal goreng kentang ati:


  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya) 
  • 1 buat tomat (belah 6)
  • 7 buah cabai merah besar (buang isi, haluskan)
  • 5 butir cabai rawit (haluskan) 
  • 5 siung bawang putih (haluskan) 
  • 7 siung bawang merah (haluskan) 
  • 2 cm jahe (haluskan) 
  • 5 butir kemiri (haluskan) 


Cara Membuat sambal goreng kentang ati:


  1. Pertama, goreng kentang sampai berubah warnanya menjadi kecokelatan. Hati dan ampela ayam pun digoreng dahulu hingga matang. Angkat.
  2. Kedua, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan air asam jawa, gula merah, daun salam, daun jeruk dan juga lengkuas.
  3. Ketiga, Masukkan kentang dan hati ampela goreng, lalu aduk hingga rata hingga bumbu meresap ke dalam masakan dengan baik.
  4. Keempat, Tambahkan santan kelapa, lalu masak hingga matang. Biarkan hingga air santan surut dan masakan mendidih.
  5. Angkat dan Sajikan


Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Sederhana pun selesai dibuat. Mudah dan praktis kan? Yuk masak...

------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Resep Nasi Gurih Pandan Wangi Spesial

Resep Nasi Gurih Pandan Untuk Tasyakuran. Negara tercinta kita ini memiliki banyak budaya yang unik dan menarik, salah satunya adalah dalam hal nasi bancakan, nasi yang gurih dan wangi ini biasanya disajikan saat acara tasyakuran.


Nah, buat bunda yang pengen membuat nasi bancakan dengan rasa yang nikmat dan tak ada waktu membuat nasi kuning tetapi ingin menyuguhkan nasi putih yang berbeda? Bunda bisa mencoba resep ini nih, Namanya nasi gurih pandan. Seperti ini resep dan cara membuatnya..

Baca Juga: Resep Gado-Gado Pengantin Enak dan Mudah


Bahan Nasi Gurih Pandan:


  • 500 gr   beras 
  • 15 Helai daun pandan
  • 100 ml  santan kental
  • 500 ml  air
  • 1 sdm   garam


Cara membuat Nasi Gurih Pandan Wangi:


  1. Daun pandan di blander dengan dicampurkan setengah air dari 500ml, saring, lalu peras airnya. Aduk air perasan pandan bersama dengan santan, dan sisa air.
  2. Selanjutnya, kukus beras sampai panas dan juga masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.
  3. Setelah itu, Campurkan beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
  4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat.


Nah itulah resep dan cara membuat Nasi Gurih Pandan Wangi yang cocok untuk acara syukuran keluarga.

------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Senin, 21 Desember 2015

RESEP CARA MEMBUAT KUE WAJIK KETAN YANG LEGIT BANGET

Aneka Kue - Bagaimana cara membuat wajik (wajit) ketan gula merah yang manis dan legit? Apa saja resepnya? - Ehmm...melihat tampilan gambarnya saja seakan akan kita kembali ke masa masa kapaaan..gitu, jaman kita masih senang senangnya kumpul bersama keluarga. Ya iyalah...secara gitu lho, dikota besar susah sekali kita menemukan kue wajik ini, karena memang sudah gak ada yang buat kue wajik kecuali ada hajatan pernikahan atau selametan. Kue wajit yang terbuat dari ketan, gula merah dan kelapa ini sebenarnya tiap daerah di indonesia sudah ada karena para orang tua kita masih mewariskan, cuma namanya mungkin berbeda.

Tampilanya yang berwarna kuning kecoklatan ini membuat kita ingin sekali memakan-nya karena sudah rindu gak pernah makan kue wajik. Mungkin untuk anda yang tinggal di daerah Jogyakarta, Solo, Sragen dan sekitarnya masih ada yang jual di pasar dan biasanya dijual bersama jenang "Gulo", tapi untuk daerah Jakarta dan Bandung ini susah sekali saya menemukan-nya. Saya sendiri kalau pulang kampung sering menyempatkan diri untuk membeli oleh oleh wajik dan Jenang Gulo karena di sini (Bandung) tetangga pada nanya oleh oleh khas daerah saya ya saya bawa'in saja wajik dan Jenang Gulo ini.
cara membuat wajik ketan yang manis dan legit
Jadi bener nih...sudah kangen dangan legitnya kue wajik ini? Saya pewrnah memperhatikan cara membuanya ketika mbk Yu sakan bikin, terkihat agak kesusahan beliau ketika mengaduk aduk diatas wajan, lalu saya membantunya. Dari aroma asapnya sudah terasa manis legit, wangi karena ada campuran daun pandan dan daun jeruk purut "adah entut" he he he..bergurau. Oke langsung saja yuk kita kumpulkan bahan bahan-nya...

Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah
  • ½ kg beras ketan putih. pilih yang super(bagus).
  • 350 gr gula merah (pilih gula merah yang enak (gula aren))
  • 50 gr gula pasir
  • 1½ gelas Santan (bisa di ambil dari 1 - 2 butir kelapa)
  • 1/4 sdt garam
  • 2 atau 3 lembar daun pandan
  • 3 lembar daun jeruk purut.
  • 200 ml air

Cara Membuat Kue Wajik:
  1. Mula mula cuci bersih beras ketan, rendam beras sampai terendam selama 2-3 jam. tiriskan.
  2. Panaskan kukusan/ dandang dan kukus beras ketan selama 40 menit hingga 3/4 matang.
  3. Ambil panci tersendiri masak air200 ml hingga mendidih.
  4. Kemudian masukkan beras ketan yang sudah 3/4 matang ke dalam 200 ml air mendidih. aduk rata hingga air tereserap dan meresap ke beras ketan. diamkan dulu...
  5. Di sela sela waktu silakan masak santan, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan dan daun jeruk hingga mendidih dan kental. ( Sebaiknya menggunakan wajan penggorengan besar dan lumayan tebal untuk menghindari kemungkinan cepat gosong) 
  6. Lalu masukkan adonan ketan masak hinggga santan dan gula terserap habis oleh ketan. aduk-aduk selama proses santan terserap. masak terus hingga kering dan berwarna coklat mengkilap.
  7. Lalu angkat, panas-panas tuang ke dalam baki atau loyang ratakan sambil di tekan-tekan. dinginkan.
  8. Kemudian potong-potong sesuai selera hias dengan potongan daun pandan dan siap disajikan.
Baca juga: TEMPE KRIPIK YANG KEMRIPIK OLEH OLEH KHAS SRAGEN

Nah begitulah resep dan cara membuat wajik (wajit) ketan gula merah yang manis dan legit, Kue waik ini ciri khas daerah saya Sragen - Solo. kalau untuk daerah lain mungkin sama saja caranya hanya ukuran atau takaran bahan mugkin yang beda.

Sabtu, 19 Desember 2015

CARA PRAKTIS MEMASAK TAHU BUMBU TAUCO PALING ENAK

Olahan Tahu - Bagaimana cara memasak tahu bumbu tauco yang paling enak? - Makanan jenis tahu atau tempe ini di indonesia sepertinya sudah menjadi kebutuhn pokok selain murah dan enak, dan sepertinya makan tahu ini benar benar akrap dan merakyat. Dulu ketika saya merantau ke malaysia susuah sekali mencari tahu, karena rupanya disana itu jarang yang bisa bikin sendiri, bahkan ada yang belum tau apa itu Tahu? orang ini mandor saya orang tambi (keturunan india banglades) yang hitam itu lho orangnya, saking tidak taunya dikira kue setelah saya suruh coba merasakan-nya komentarnya wuih...sedaaap. Semenjak itu ia selalu beli jika ada orang Indonesia jual tahu.

cara memasak tahu bumbu tauco yang paling enak

Makanan Jenis tahu ini juga cocok dimasak apa saja, di Indonesia ada banyak variasai olahan tahu yaitu kupat tahu, tahu gejrot, tahu gimbal, batagor (baso tahu goreng) dan lain lain. Untuk kali ini saya akan berbagi memasak tahu sederhana dan praktis yaitu dengan cara di tumis dengan bumbu tauco. bagaimana caranya? yuk mari'....

Tahu Masak Bumbu Tauco
Bahan Tahu Masak Tauco:
  • 5 Buah tahu kuning/putih dipotong potong menjadi 4 bagian
  • Minyak goreng secukupnya
Campuran Untuk Tauco
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 5 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabai merah, iris tipis
  • 2 buah cabai hijau, iris tipis
  • 1 ruas jari lengkuas, iris-iris
  • 2 batang daun bawang
  • 100 gram tauco
  • 100 ml air
  • garam secukupnya, tambah bumbu penyedap lainnya sesuai selera
Cara Membuat Tahu Masak Tauco
  1. Goreng tahu dalam minyak panas hingga matang, setelah itu Angkat tahu dan ditiriskan
  2. Panaskan minyak, tumis bawang dan bawang putih hinga harum masukan cabai merah, cabai hijau, lengkuas, daun bawang, tauco, garam dan air dan air, aduk rata dan masak hingga mendidih
  3. masukan tahu, dan bumbu penyedap aduk rata, angkat dan sajikan
Baca juga: 4 RESEP RAHASIA KUPAT TAHU KOTA MAGETAN, SOLO, BANDUNG DAN JAKARTA

Begitulah cara memasak tahu bumbu tauco yang paling enak, ternyata mudah dan praktis-kan caranya. Kalau ibu ibu yang sudah senior pasti sudah bisa caranya tidak perlu buka di google juga, tapi untuk anda ibu ibu muda pasti masih cari cari caranya....

Jumat, 18 Desember 2015

RESEP TUMIS CUMI PEDAS YANG PALING ENAK

Olahan Ikan - Bagaimana Cara Mamasak Tumis Cumi Pedas yang Paling Enak? - Ikan jenis cumi cumi ini memang enak dimasak apa saja, seluruh badan-nya seakan akan rata dengan daging semua jika dimakan ada sensasi "kenyil kenyik" gitu wuih...mantap pokoknya, gak cukup 1 piring kalau makan dengan cumi mah...2 piring baru kenyang dan puas.

Tumis Cumi pedas ini resepnya saya dapat dari teman Facebook, gak ada salahnya-kan kalau saya bagikan disini. Cerita sedikit tentang ikan cumi cumi, Bentuknya yang unik kalau di perhatikan seperti  pipa, kepala yang berkembang sempurna, dan 10 tangan yang panjang yang bermangkuk penghisap, tangan-tangan ini berguna untuk menjerat mangsanya kemudian disobek menggunakan rahangnya yang kuat, mirip dengan paruh binatang.

Tumis Cumi Pedas Yang Paling Enak
Cumi-cumi menghisap air melalui rongga pusat tubuhnya, rongga mantel, dan memaksanya keluar melalui suatu pembuluh yang lentur yang disebut dengan sifon, Sifon terletak tepat di belakang tangan. Oleh karena pancaran air yang mendorong cumi-cumi berenang mundur. Sirip cumi-cumi merupakan 2 perluasan mantel seperti cuping yang digunakan sebagai kemudi pergerakannya. Matanya tidak memiliki kelopak mata, namun tampak seperti mata manusia. Cumi-cumi mempunyai tiga jantung dan berdarah biru kehitaman.

Inilah Ikan cumi cumi
Wah kepanjangan ini cerita tentang binatang cumi, mau dimakan saja pakai cerita segala, Okelah kalau begitu, mari kita mulai memasak Tumis Cumi Pedas Yang Paling Enak...

Resep Tumis Cumi Pedas
Bahan-bahan:
  • 500 gr cumi, potong-potong tipis
  • 2 buah paprika merah
  • 2 buah paprika kuning
  • 2 buah paprika hijau
  • 1 buah tomat merah, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris serong/lurus 
  • 4 buah cabai rawit, iris serong/lurus
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 buah asam jawa dicairkan (jika tidak ada bisa diganti 2 buah belimbing wuluh)
  • garam secukupnya
  • 2 sdm saus tiram
  • 3 sdm saus pedas
  • 1 sdm saus tomat
  • minyak untuk menumis
  • 100 ml air

Cara membuat:
  1. Mula mula silakan Tumis bumbu bumbunya yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah, asam jawa, cabai rawit dan daun bawang hingga harum.
  2. Kemudian Masukkan paprika dan tomat lalu cumi-cumi hingga berubah warna.
  3. Lalu Masukkan saus tiram, saus pedas, saus tomat, dan garam secukupnya.
  4. Masukkan air secukupnya dan tumis hingga berubah warna atau bumbu meresap.
  5. Jika sudah dirasa matang angkat dan sajikan hangat dengan nasi.
Coba ini juga: CARA PRAKTIS MEMASAK CUMI TUMIS KERING TINTA HITAM

Pada dasarnya memasak Ikan Jenis Cumi ini mudah dan cepat, tidak boleh lama lama. Begitulah Resep dan cara memasak Tumis Cumi Pedas yang paling enak, selamat mencoba sahabat...

RESEP CARA MEMBUAT TUMIS UDANG ASAM PEDAS

Olahan Ikan - Bagaimana Cara membuat Tumis Udang Rasa Asam Pedas Yang Paling Enak? - Ikan jenis udang ini sepertinya mau dimasak apa saja tetap cocok dan enak serta gurih rasanya, termasuk yang akan saya bagikan kali ini. Mungkin anda sudah biasa jika digoreng dan ingin variasi lain, jika dimasak hanya dengan digoreng saja anak kecil juga bisa, lagi pula dengan digoreng akan cepat habis 1 udang sekali telan, jadi gak cocok jika di sandingkan bersama nasi.

Cara membuat Tumis Udang Rasa Asam Pedas
Nah untuk kali ini saya akan berbagi masakan udang dengan cara ditumis dengan dibumbui belimbing wuluh yang asem itu, dipadu dangan pedasnya cabai. Sudah terbayang-kan rasanya yang pasti dengan adanya belimbing wuluh ini membuat air liur kita keluar sendiri "kencesss.." yuk mari' langsung saja..

Resep Dan Bahan Tumis Udang Asam Pedas

Bahan bahan :
  • 250 g udang, bersihkan kepalanya
  • 5 buah belimbing wuluh, iris serong
  • 5 buah cabe merah, iris serong (kalau ingin pedas + cabai rawit)
  • 5 buah cabe hijau, iris serong
  • 1 ruas jahe, iris halus 
  • 4 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 btg serai, geprek 
  • 1 sdm air jeruk limau 
  • 1 sdm saus tiram 
  • garam secukupnya
Cara Membuatnya:
  1. Mula mula Tumis bumbu iris hingga harum, masukan serai, aduk rata.
  2. Kemudian Masukan saus tiram, garam & air jeruk limau. aduk rata.
  3. Lalu Masukan belimbing + udang, aduk rata. masak dgn api kecil agar bumbu meresap.
  4. Jika udang berubah warna & belimbing layu, angkat saja tandanya sudah matang dan siap disantap...

Bagaimana mudah-kan caranya? menu maskan Udang Asam Pedas ini cocok sekali dimakan saat menjelang istirahat siang yang panas itu dangan nasi hangat, wuih...mantap...!!!

RESEP DAN CARA MEMASAK PAKIS YANG PALING ENAK

Cara Praktis Memasak - Bagaimana cara membuat Tumis Pucuk Pakis yang paling enak? - Untuk anda yang di luar jawa seperti sumatera dan Kalimantan pasti sudah tidak asing lagi dangan namanya Pakis, karena saya lihat disana banyak tumbuhan pakis liar dipinggir hutan atau tepi sungai karena memang tempatnya cocok ditumbuhi tanaman pakis yang bisa dibuat sayaur. Tapi jika anda hidup ditanah Jawa pasti gak pernah melihat pakis yang bisa di sayaur, ada juga jenis seperti rumput...
cara membuat Tumis Pucuk Pakis yang paling enak
Pengalaman saya sendiri ketika merantau di kalimantan (Sarawak), sering sekali saya membuat sayur pakis ini. Rasanya enak ada sensasi kriyuk kriyuknya apa lagi kalau bumbunya ditambahi udang wuih...mantap rasanya. Tanpa lauk yang dipegang juga sudah enak, Lalu bagaimana cara memasak tumis pakis yang paling enak? nih saya kasih resepnya...

Cara Membuat Tumis Pucuk Pakis Yang Paling Enak

Bahanya:
  • 1 ikat pakis, siangi cuci bersih
  • 100 g udang, kupas kulitnya atau bisa juga udang rebon yang kecil" itu
  • garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya (Jika anda suka)

Bumbu Cukup Diiris (Dihaluskan):
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 1 buah tomat
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuatnya:
  1. Tumis bumbu yang sudah di iris hingga harum sekalian bersama udang, kemudian masukan pakis, aduk rata.
  2. Masukan air secukupnya, garam secukupnya dan penyedap rasa. aduk hingga layu.
  3. Jika dirasa sudah matang angkat saja tidak perlu lama..

Itulah Cara paling praktis memasak Tumis Pakis Paling Enak sedunia, selamat mencoba dan menikamati...


Selasa, 15 Desember 2015

RESEP CARA MEMBUAT LELE GORENG BUMBU KUNING PEDASSS..

Olahan Ikan - Bagaimana Cara memasak Lele Goreng Bumbu Kuning Pedass Dan Apa Resepnya? - Ikan lele memang mudah carinya dan harganya-pun murah, banyak sekali variasi masakan dari lele ini, anda bisa lihat dipinggir jalan raya menjelang sore sampai malam hari banyak penjual yang menjajakan makanan khas dari lele yaitu pecel Lele, masakan ini cukup simpel lele hanya di goreng dah mateng diangkan dan disajikan bersama nasi putih dan sambel serta lalapan, jika anda ingin membuat-nya baca saja disini sudah saya tulis RAHASIA RESEP PECEL LELE YANG MA' NYUSS..

Tapi untuk kali ini kita masak ikan lele dangan bumbu kuning yang pastinya lebih enak, resep ini saya dapatkan dari sahabat Facebook, caranya-pun cukup mudah dan praktis. Ingin coba bikin? yuk' mari'...

Cara memasak Lele Goreng Bumbu Kuning Pedass
Resep Lele Goreng Bumbu Kuning Pedas
Bahan-bahan:
  • 5 ekor lele, potong jadi 2
  • 3 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
Bumbu kuning:
  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai hijau, potong-potong
  • 5 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris tipis
  • 1 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya
  • 1 sdm air jeruk nipis atau cuka
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • 1 sdt merica
  • 100 ml air
  • minyak secukupnya untuk menumis
Cara membuaT lele goreng Bumbu Kuning Pedasss...!!
  1. Mula mula Haluskan bumbu bawang putih dan garam lalu rendam lele dalam bumbu halus selama kurang lebih 15 menit. 
  2. Lalu Panaskan minyak dan goreng lele hingga kering. Sisihkan dahulu...
  3. kemudian Haluskan bumbu kuning berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai rawit dan kunyit. Tumis bumbu kuning, masukkan batang serai, daun jeruk, jahe, merica gula dan garam secukupnya. Masukkan air secukupnya dan tunggu hingga agak mengental.
  4. masukkan lele yang sudah digoreng, aduk rata dan masak hingga lele agak layu. Setelah dirasa mateng angkat dan Siap sajikan dengan nasi hangat.
Baca juga: CARA GORENG IKAN GABUS SUPAYA RENYAH GURIH NIKMAT

Nah...begitulah cara memasak Lele Goreng Bumbu Kuning Pedass... ternyata mudah-kan? sajian lele goreng ini bisa anda jadikan menu alternatif jika bosan dengan daging ayam...

RESEP DAN CARA MEMBUAT KAKAP MASAK LADA HITAM

Olahan Ikan - Bagaimana membuat masakan ikan kakap dengan bumbu lada hitam? - Ikan jenis kakap ini termasuk mahal lho 1 kg kalau gak salah 90 ribu rupiah..makanya jarang warung yang menjual, kuatir gak laku. Ikan kakap banyak di jumpai daerah kepulauan Riau dan biasanya yang sering kita temukan adalah kakap merah. Hari ini kita akan memasak ikan kapa dengan bumbu lada hitam dan pedas, sebagaimana ikan lain-nya ikan kapa ini praktis cara masaknya dan tidak repot...


Resep dan Bahan Kakap Merah lada Hitam
  • 500 g ikan kakap, potong sesui selera (bs diganti dgn ikan lain)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 sdt lada hitam, tumbuk kasar
  • 5 buah cabe rawit, iris serong
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt air jeruk / air asam jawa
  • gula + garam secukupnya
Bumbu Halus:
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
Cara Memasak-nya...
  1. Mula mula Bersihkan ikan, lumuri dgn air jeruk nipis & garam. biarkan selama 15 menit. untuk menghilangkan bau amis
  2. Kemudain Cuci ikan, tiriskan & goreng hingga matang. Angkat & sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukan serai, aduk rata.
  4. Masukan air jeruk nipis, saus tiram, lada hitam, gula, garam & sedikit air.
  5. Masukan ikan & irisan cabe rawit, aduk rata. masak dgn api kecil hingga bumbu meresap.
  6. Angkat & Sajikan.
Baca juga: RESEP CARA MEMBUAT PANGEK/GULAI IKAN TENGGIRI PALING ENAK

Itulah cara praktis memasak  ikan kakap dengan bumbu lada hitam selamat mencoba...

CARA PRAKTIS MEMASAK IKAN PARI TAUCO + PETAI YANG MAK NYUSSS..

Resep Masakan Padang - Bagaimana Cara memasak Ikan Pari Bumbu Tauco Campur Petai Yang Mak Nyusss..? - Bingung memasak ketika mendapatkan ikan pari? nih saya ada resep yang mungkin bisa anda coba, ikan pari ini sangat unik dengan tubuhnya yang lebar mata mereka berada di atas tubuh mereka dan mulut mereka pada sisi bawah, ikan pari tidak bisa melihat mangsanya; sebagai gantinya, mereka menggunakan bau dan electroreceptors (disembut ampullae dari Lorenzini) mirip dengan hiu. ikan pari memakan terutama moluska, krustasea, dan kadang-kadang juga ikan kecil. Beberapa mulut ikan pari 'mengandung dua gigi taring yang kuat.

Cara memasak Ikan Pari Campur Petai
Cukup sepertinya kita mengenal ikan Pari, nah sekarang saatnya kita memask ikan pari yang paling enak dan mak nyusss kata pak bondan. Yuk mari' kita kumpulkan rsep bahan dan bumbunya...

BAHAN IKAN PARI TAUCO
  • 500 g ikan pari asap, potong sesuai selera
  • 2 sdm tauco
  • 2 papan petai, kupas
  • 2 member daun jeruk
  • 2 btg serai, memarkan
  • 1 sdt air asam jawa
  • garam secukupnya

Bumbu Iris:
  • 10 buah cabe hijau, iris serong
  • 5 Buah cabe merah, iris serong
  • 3 siung bawang putih, iris tipis

Cara Memasak Ikan Pari Tauco:
  1. Mula mula Tumis bumbu iris hingga harum, masukan daun jeruk + serai. aduk rata.
  2. Kemudian Masukan tauco, garam, air asam jawa & air biasa secukupnya. aduk rata.
  3. Terakhir Masukan ikan Pari, aduk rata. masak dgn api kecil atau sedang hingga bumbu meresap. Jangan lupa masukan petai, aduk rata. masak sebentar lalu angkat.
Baca juga: RESEP DAN CARA MEMBUAT GULAI KEPALA KAKAP YANG SUPER LEZAT

Begitulah Cara memasak Ikan Pari Bumbu Tauco Campur Petai Yang Mak Nyusss.. dari gambarnya saja sudah terlihatr menarik-kan? ayo buruan dimasak ikan parinya...

RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG SAMBAL LADO HIAJAU + PETAI

Resep Masakan Padang - Bagaiamana Cara Memasak Ayam Goreng Sambal lado Hijau Campur Petai Yang Paling Enak - Bicara masakan daerah sumatera khususnya Padang ini tak ada habisnya, hampir semua masakan-nya enak dan diterima suku manapun buktinya setiapa ada rumah makan Padang saat istirahat siang penuh dengan antrian yang mau makan siang. Tapi taukah anda sebenarnya anda tidak perlu ngantri dirumah makan, jika dekat sempatkan pulang untuk amkan siang di rumah bersama keluarga dengan masakan Padang Pula.

Cara Memasak Ayam Goreng Sambal lado Hijau Campur Petai
Situs WisataKuliner-Kita ini sudah menyajikan resep dan cara memasak makanan khas padang, silakan buka buak di sini banyak masakan Padang, seperti yang akan saya bagikan di sini cara mudah dan praktis cara membuat Ayam Goreng Sambal Lado Hijau campur Petai* yang paling enak, untuk anda yang tidak suka petai boleh tidak usah pakai, sebab dengan bumbu sambal Hijaunya saja sudah cukup enak, Ok mari kita kumpulkan bahan bahan-nya..

RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG SAMBAL LADO HIAJAU + PETAI

Bahan bahan:
  • 1 kg ayam, potong potong
  • 2 papan petai, kupas
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 2 buah tomat hijau, potong potong
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, memarkan
Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah 
  • 5 buah bawang putih
  • 10 buah cabe hijau
  • 10 buah cabe hijau 
  • 3 cm kunyit
  • 3 buah kemiri 
  • 3 cm jahe
  • garam secukupnya
Cara Membutnya:
  1. Mula mula Ayam cuci bersih, lalu lumuri dgn garam + air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. sisihkan dahulu...
  2. Silakan Goreng ayam dengan api kecil hingga matang. angkat & sisihkan dahulu...
  3. Kemudian anda Tumis bumbu halus hingga harum, masukan serai, daun jeruk, tomat & petai, aduk hingga rata.
  4. Lalu Masukan garam, & ayam, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Nah... kalau sudah matang Angkat & Sajikan.

Baca juga: RESEP CARA MEMBUAT PANGEK/GULAI IKAN TENGGIRI PALING ENAK

Bagaimana ibu ibu, mudah-kan cara membuat Ayam Goreng Sambal lado Hijau Campur Petai Yang Paling Enak, jangan lupa baca resep lain-nya dan silakan share ke media sosial agar teman anda juga bisa membuat dan menikmati Ayam goreng sambal lado hijau+ petai ini...