Rabu, 02 Desember 2015

Resep Kue Putu Enak, Gurih Super Legit

Resep Kue Hari Ini - Suka sama kue tradisional ini bunda? Yups, yang ngaku suka, wajib deh melestarikan warisan kuliner nusantara ini. Jangan sampe jajanan lezat seperti kue putu ini kalah sama makanan-makanan ala barat sana.

Resep Kue Putu

Buat generasi muda, jangan salah loh.. Kue putu ini memiliki rasa yang lezat, enak, legit dan juga rasanya gurih. Sebab rasanya yang super enak, kue putu menjadi salah satu jajanan favorit. 

Akan terasa lebih nikmat jika kue putu ini disantap saat-saat hujan sore hari, ditemani secangkir kopi panas atau teh panas. Yummi..

Hemm, gimana sih cara membuat kue putu ini di rumah? Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue putu? Dari pada terus-terusan tanya gimana caranya, yuk ikuti resepnya bunda...


Bahan - Bahan Kue Putu:

  • 400 gr tepung beras
  • 150 gr kelapa parut (kelapa yang tdk terlalu muda/tua) 
  • 150 gr gula merah, sisir halus 
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya / 1 sdt 
  • 1 lembar daun pandan 
  • Cetakan bambu (diameternya 3 sampai 5 cm) 
  • Daun pisang secukupnya


Cara Membuat Kue Putu:

  1. Didihkan air ke dalam panci, kemudian beri garam dan masukkan daun pandan, aduk sebentar hingga garam larut dan aroma daun pandan wangi. 
  2. Sementara itu, Tuangkan tepung beras kedalam baskom. Tuang air hangat (No.1) sedikit demi sedikit sambil aduk adonan hingga tepung membentuk butiran-butiran halus. 
  3. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam cetakan bambu yang sudah disiapkan (Isi setengah). 
  4. Masukkan gula merah yang telah disisir halus, tutup bagian atasnya dengan sedikit adonan.
  5. Jika sudah, siapkan dandang untuk mengukus kue putu. Kukus selama 10 menit. Sembari menunggu kue putu matang, siapkan loyang atau piring yang telah dilapisi dengan daun pisang. 
  6. Angkat kue putu yang sudah matang, lalu sajikan. ( Jangan lupa taburi kue putu dengan parutan kelapa).


------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Jadikan blog resep ini sebagai blog favorit kamu. Dan jika kamu punya resep masakan hasil karyamu, kirimkan saja tulisanmu DISINI. Resep kamu bakal dipublikasikan di blog ini lho..! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar