Jumat, 29 Januari 2016

Resep Kue Butter Cookies dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Harian - Walaupun lebaran masih lama, tapi nggak papa kita buat kue butter cookies ini bun.. Sekalian terus belajar biar ilmu masak memasaknya nggak cepet hilang.. hehe

Resep Kue Butter Cookies

Lagian kue ini juga bisa buat hidangan di rumahkan? buat temen nonton tv oke.. Buat kalo temen dateng bertamu kerumah juga oke banget.. Nah, cukup deh cuap-cuapnya. Mendingan sekarang kita intip aja apa bahannya dan gimana cara buat kue butter cookies yang enak dan mudah kan bun? Ini nih resep dan langkah membuatnya :

Bahan-bahan:


  • 50 gr butter
  • 50 gr margarin
  • 150 gr tepung terigu 
  • 50 gr gula halus
  • 2-3 sdm susu bubuk
  • 1 btr telur utuh
  • 1/4 sdt vanili bubuk


Cara Membuat kue Butter yg Mudah:


  1. Campurkah bahan-bahan seperti butter, gula halus, margarin,  dan juga vanili. Lalu mixer bahan tadi dengan kecepatan sedang sampai lembut.
  2. Masukkan telur dan kocok rata. (usahakan tidakterlalu lama)
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan juga susu bubuk yang sebelumnya udah diayak terlebih dahulu ke dalam adonan (no.1). Aduk menggunakan spatula hingga rata.
  4. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam pipping bag yg udah dipasang spuit bintang.
  5. Bentuk dengan loyang yg sebelumnya udah dialasi dengan kertas roti.
  6. Masukkan adonan yng sudah dicetak ke dalam oven dengan api sedang-kecil selama 25 menitan (atau permukaan bawah kue berwarna kecoklatan)
  7. Dinginkan sebentar lalu masukkan kue Butter yang sudah dibuat ke dalam toples agar tetap renyah


Tugas ngebuat kue kue Butter pun udah selesai. Nyam.. Nyam.. Saatnya bunda yg praktekin dirumah yah.. :*

Kamis, 28 Januari 2016

RESEP ISTIMEWA DAGING SAPI TUMIS PAPRIKA YANG LEZAT

Olahan Danging - Bagaimana cara memadukan daging sapi dengan paprika? Inilah resep daging sapi tumis paprika - Banyak orang tidak tau manfaat yang tersembunyi dari cabai yang bulat dan besar ini, Ya...itulah paprika. Cabai jenis paprika ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan, kandungan likopen pada paprika merah mampu meningkatkan seksualitas pria. Dengan mengkonsumsi paprika merah, pria dapat meningkatkan jumlah spermanya dan memperbaiki strukstur sperma.

Selain itu, paprika merah juga bermanfaat untuk meningkatkan agresivitas lelaki dalam melakukan hubungan intim dengan pasangan Anda. Kandungan likopen pada paprika juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh kinerja likopen yang mampu mempengaruhi resistensi hormon insulin sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan berkurang.

Inilah resep daging sapi tumis paprika
Daging sapi tumis + Paprika - kali ini kita akan coba padukan pedasnya cabai paprika dengan lezatnya daging sapi, dengan segudang manfaat dari paprika ini pastinya olahan daging sapi campur paprika ini akan disukai oleh para pria dan hubungan suami istri akan semakin hangat

Resep & Cara Membuat Tumis Daging Sapi campur Paprika Yang Lezat

Baha bahan:

  • 500 g daging sapi, iris tipis
  • 3 buah paprika hijau atau merah, potong potong
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 4 siung bwg putih, cincang
  • 2 cm jahe, cincang
  • 2 btg serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • 5 buah cabe merah, iris serong
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt lada bubuk
  • garam secukupnya

Cara Membuatnya:

  1. Mula mula Tumis bawang bombay, bawang putih & jahe hingga harum. Lalu Aduk rata. Masukan serai, daun salam & lengkuas. Aduk rata lagi.
  2. Kemudian Masukan daging aduk hingga rata. Tuang air secukupnya sekedar membasahi lalu Tutup tunggu hingga setengah matang.
  3. Lalu Masukan saus tiram, minyak wijen, kecap manis, lada bubuk, & garam. Aduk hingga rata. Masak hingga empuk.
  4. Terakhir masukan cabe & paprika. Aduk hingga rata. Masak hingga paprika layu & matang.
  5. Masukan saus tiram, minyak wijen, kecap manis, lada bubuk, & garam. Aduk supaya rata lalu masak hingga empuk, jika dirasa sudah cukup empuk silakan angkat dan sajikan..
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari paprika sebaiknya pilih paprika merah saja, karena Setiap 100 gramnya, paprika merah mengandung 26 kkal, paprika kuning mengandung 27 kkal, dan paprika hijau mengandung 20 kkal. Dengan perbedaan yang tidak terlalu banyak ini, paprika mampu menambah energy manusia untuk menjalankan aktivitasnya.   Nah begitulah resep dan cara memasak tumis daging sapi campur cabai paprika yang lezat dan bermanfaat untuk vitalitas pria punya selera...

Resep Cara Membuat Ikan Asam Padeh Khas Masakan Padang Super Lezat

Selain masakan rendang dan dendeng balado yang bisa bunda cicipi, makan lain yang wajib bunda coba adalah Ikan Asam Padeh khas masakan Padang ini. Nyam Nyam. Bikin lidah bergoyang nih.

Untk menikmati masakan Ikan Asam Padeh yang enak dan nikmat, bunda tidak perlu ngeluarin kocek yang dalam buat beli di rumah makan Padang. Bunda bisa mencoba memasaknya sendiri dirumah.

Resep Resep Ikan Asam Padeh

Makanya, disini kami bagikan resep rahasianya secara gratis. Simak baik2 yah cara mudah  dan gampang membuatnya berikut ini..

Bahan-bahan:


  • 300 gr ikan tongkol, potong-potong
  • garam secukupnya
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bumbu tumis:


  • 4 buah belimbing sayur
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 butir kapulaga
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun kunyit, potong-potong
  • minyak untuk menumis

Bumbu halus:


  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • garam secukupnya
  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas jahe


Cara memasak Ikan Asam Padeh yg Enak:


  1. Bersihkan ikan tongkol hingga bersih. 
  2. Rendam ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan juga garam.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus sampai wangi. 
  4. Masukkan lagi semua bumbu tumis. Tambahkan 1 gelas kecil air agar bumbu tidak gosong dan terlalu kental. 
  5. Tumis lagi hingga kuahnya menjadi berkurang dan agak mengental.
  6. Masukkan ikan tongkol dan belimbing sayur.
  7. Lalu tambahkan air sedikit lagi hingga ikan terendam dengan bumbu. 
  8. Masak sampai bumbu meresap kedalam ikan tongkol. Cicipi
  9. Angkat dan sajikan 

Ikan Asam Padeh Paling enak disajikan dengan nasi yang tidak terlalu akas, dan dinikmati pas musim seperti sekarang ini. Yuk segera di praktekin bun..! Nyam nyam..

Resep Sayur: Plecing Kangkung Bumbu Kacang

Resep Masakan Sederhana - Sayur plecing kangkung, masakan ini hampir mirip-mirip seperti pecel, kebanyakan menggunakan sambal kacang sebagai bahan bumbunya. Disini bunda sudah ada yang pernah buat plecing kangkung ini belum? Kalo belum pernah, boleh deh resep ini dicoba dirumah. Berikut resepnya:


Bahan-bahan

  • 1 ikat kangkung
  • 1 gengam taoge
  • 5 butir cabe rawit
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 1 sdm air jeruk limau
  • terasi secukupnya 
  • kacang goreng sedikit saja
  • garam secukupnya 
  • gula merah secukupnya 
  • MSG sesuai selera

Langkah cara membuat:

  1. Bersihkan kangkung dan juga taoge. Cuci sampai bersih.
  2. Rebus kangkung sampai matang lalu tiriskan. Tata di atas piring.
  3. Masak taoge kedalam air mendidih sebentar saja. kemudian tiriskan. Letakkan di piring berisi kangkung diatas.
  4. Haluskan : cabe rawit, tomat, terasi, sedikit kacang goreng. Boleh juga ditambah kulit jeruk limau, jika kamu suka. Tambahkan air perasan jeruk limau sesuai selera.
  5. Tuangkan sambal di atas piring yang berisi kangkung dan taoge. Taburi kacang goreng diatasnya.
  6. Selesai dan sajikan.

Selasa, 26 Januari 2016

RESEP & CARA MUDAH MEMBUAT BAKWAN UDANG SPESIAL

Bagiamana Cara Membuat Bakwan Udang Yang Paling Enak? - Ada beberapa olahan semacam bakwan yang dibuat oleh masyarakan Indonesia diantaranya di daerah jawa timur mereka menamakan-nya Ote Ote, lalu jawa barat dengan nama Bala Bala kalau didaerah lain diluar jawa belum tau saya mereka menamakan-nya apa. Yang pasti pada umumnya namanya bakwan, kalau di jepang ini mirip yasai tenpura. Makanan ini sangat sederhana dan mudah cara membuatnya, biasanya bahan-nya terdiri dari tepung terigu sebagai adonan, irisan wortel, taoge, irisan kol dan ditengahnya diletakan udang goreng yang akan memanbah gurihnya bakwan.

Ketika saya masih kecil, bakwan ini jajanan favorit saya karena memang banyak yang jual, tapi sekarang jarang saya jumpai, adanya juga bala bala karena saat ini saya tinggal dijawa barat, bala bala ini bahan-nya tidak selengkap bakwan. Untuk mengobati kerinduan saya makan bakwan terpakasa bikin sendiri, Ingin tau resep dan cara membuat-nya supaya lebih enak? nih tak kasih...

 Cara membuat bakwan udang spesial yang paling enak

Resep & Cara Membuat Bakwan‬ Udang Yang Paling Enak

Bahan Bahan:
  • 200 gr tepung terigu
  • 200 gr udang basah
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa, jika suka
  • 1/2 sendok teh lada
  • 150 cc air
  • Wortel yang telah diiris
  • Daun sledr! diiris
  • Kol diiris secukupnya
Cara Membuat Bakwan Udang:
  1. Semua bahan di Aduk jadi satu sampai semua bahan tercampur
  2. Untuk mulai menggoreng, Ambil satu sdm adonan. lebarkan adonan Goreng hingga kekuningan.
  3. Jika dirasa sudah cukup matang lalu angkat dan sajikan dengan cabai..

Begitulah cara membuat bakwan udang spesial yang paling enak, nantikan resep lain-nya yang pastinya lebih menarik...

RESEP UDANG BALADO IJO SPESIAL PALING ENAK


Olahan Udang - Bagaimana Cara Membuat Udang Dengan Bumbu Balado Ijo Yang Paling Enak? Apa Saja Resep Dan Bumbunya? - Seminggu yang lalu saya sudah berbagi olahan udang dengan bumbu kalio khas Padang, nah untuk pertemuan kali ini saya masih punya resep masakan udang juga yaitu Udang Balado Ijo yang tak kalah enaknya dengan kalio udang. Uniknya bumbu balado ini cabainya diuleg atau dipotomg kasar bahkan ada masih utuh cuma pecah saja, bawang merah dan bawang putihnya serta tomat hijau-nya juga dibiarkan kasar justru itu manambah nikmatnya saat dimakan. Bagaimana cara membuat-nya? Ok tidak perlu panjang panjang ngobrolnya, yang penting resep dan cara membuantnya...
Cara Membuat Udang Dengan Bumbu Balado Ijo

Resep Dan Cara Membuat Udang Balado Ijo Spesial Enak

Bahan bahan :
  • 400 gram udang
  • 1 buah Jeruk Nipis, potong
  • 350 gr Cabe Hijau, potong kasar
  • 50 gr Cabe Rawit Hijau
  • 4 butir Bawang Merah, potong kasar
  • 2 siung Bawang Putih, potong kasar
  • 1 buah Tomat Hijau, potong kasar
  • Garam secukupnya
  • ½ sendok teh Air Jeruk NipiS
  • Minyak Goreng
Cara Membuat Udang Bumbu Balado Hijau:
  1. Mula mula lumuri UDANG dengan garam,dan air jeruk lalu Diamkan selama 5 - 10 menit.
  2. Untuk Sambal lado Hijau: Campur cabe hijau, cabe rawit hijau, bawang merah, bawang putih dan tomat dalam daun pisang lalu Kukus selama kurang lebih 7 menit. Angkat dan tumbuk kasar.
  3. Lalu Panaskan minyak, tumis sambal hingga harum. Masukkan garam, dan air jeruk nipis. Aduk rata.
  4. Tambahkan udang, masak hingga matang dan sambal meresap. Angkat dan udang balado ijo siap di sajikan
BACA JUGA: CARA PRAKTIS MEMASAK CUMI TUMIS KERING TINTA HITAM

Begitulah resep, bumbu dan cara memasak udang balado ijo spesial enak, yang bisa anda coba untuk sajaian keluarga tercinta, silakan di share agar sahabat anda juga tau cara membuatnya...

Senin, 25 Januari 2016

Resep Cara Membuat Bandeng Presto yg Enak dan Mudah

Resep Bandeng Presto - Pengen nyoba bikin bandeng presto yang empuk dan enak bunda? Yuk simak resep dan cara mudah membuat bandeng presto seperti pada resep berikut ini.. Dijamin hasilnya memuaskan deh..

Resep Bandeng Presto dan Cara Membuatnya

Bahan:


  • 2 ekor ikan bandeng, bersihkan, buang isi perutnya
  • 2 sdt ragi instan
  • 250 g serai, memarkan untuk alas 
  • 700 ml air 
  • 3 sdm Minyak goreng


Bunmbu Bandeng Presto halus:


  • 3 butir bwg putih
  • 5 butir bwg merah
  • 2 butir kemiri
  • 4 cm kunyit dibakar
  • 1 sdm garam


Bahan untuk pencelup:


  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt tepung beras
  • 50 ml air
  • 1/2 sdt garam


Cara Membuat Bandeng Presto yg Empuk:


  1. Aduk rata bumbu halus, ragi instan, dan minyak goreng. Oleskan secara merata keseluruh ikan. Diamkan selama 1 jam.
  2. Letakan serai didasar panci presto. Masukan ikan bandeng. Tuang 50 ml air. Masak selama 1 jam. Angkat ikan dari panci presto dan dinginkan.
  3. Celup ikan bndeng kedalam bahan pencelup, kemudian goreng hingga kekuning ke emasan.
  4. Bandeng presto empuk pun siap untuk disajikan

Resep Cara Membuat Kue Bolu Coklat Tanpa Mixer Dan Oven dengan Mudah

Resep Kue Bolu Coklat Tanpa Mixer ini membutuhkan beberapa teknik memasak yang mungkin saja bunda semua sudah pada tau. Nah, bagi yang belum pernah membuatnya dan pengen mencoba kue lezat ini, yuk simak aja langsung langkah bikinya..

Resep Kue Bolu Coklat Tanpa Oven

Bahan Kue Bolu Coklat Tanpa Open:


  • 225 gram Tepung terigu 
  • 100 gram Kacang almond 
  • 1 butir Telur 
  • 250 gram Susu cair 
  • 3 sendok makan Cokelat bubuk 
  • 1 sendok makan Baking powder 
  • 1 sendok teh Vanila 
  • 3 sendok makan Minyak sayur 
  • 375 gram Gula pasir 
  • Garam secukupnya


Cara Membuat Kue Bolu Coklat Tanpa Oven yang Mudah:


  1. Masukkan semua bahan ke dalam baskom berukuran sedang ( kecuali kacang almond ) .
  2. Aduk merata semua bahan menggunakan whisk sampai adonan benar-benar tercampur merata .
  3. Selanjutnya, iris tipis kacang almond , kemudian sangrai. 
  4. Campurkan kacang salmon sangrai kedalam adonan. Aduk-aduk biar kacang almond tercampur kedalam adonan dengan rata .
  5. Sementara itu, siapkan teflon anti lengket  lengkap dgn tuutup kacanya. Olesi teflon tadi dengan minyak sayur secukupnya agar nanti kue tidak lengket .
  6. Tuangkan adonan kue bolu cokelat ke dalam teflon yg udah diolesi minyak. Kemudian masak dengan api kecil sekitar 20 menitan. Jika dirasa sudh matang, Angkat.


Resep kue bolu coklat tanpa oven ini terbilang cukup mudah. Untuk kreasi resep kue lainya, bunda juga dapat mencoba membuat kue ini : Resep Kue Brownies Almond Cup Super Legit dengan Oven - Resep Blonde Brownies Legit - Resep Kue Lapis Manis Dan Legit Spesial - Resep Bolu Kukus Mekar Pelangi Super Cantik

Resep Cara Mudah Membuat Kue Putu Bihun Sagu Mutiara yang Enak

Kumpulan Resep Masakan Harian - Resep Putu Bihun Sagu Mutiara | Kue putu bihun ini sangat pas dan nikmat jika disajikan dengan saus nangka. Nah, buat bunda semua yang pengen mencoba membuatnya dirumah. Berikut ini kami akan membagikan resep spesialnya, simak yah.. :)

Kue Putu Bihun Sagu Mutiara

Bahan :

  • 60 gr tepung sagu
  • 30 gr sagu mutiara rebus
  • 100 gr bihun kering
  • 3 lb daun pandan
  • 750 ml air
  • 1 st garam


Bahan saus :


  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
  • 150 gr gula merah sisir atau bisa diganti gula pasir 100 gr
  • 3 lembar daun pandan
  • 5 biji nangka
  • garam seccukupnya


Cara Membuat Putu Bihun Sagu Mutiara:


  1. Langkah pertama, rebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Masukkan bihun dan aduk sebentar, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, campur bihun dengan bahan2 lain seperti tepung sagu, sagu mutiara dan juga garam. aduk agar tercampur.
  3. Kemudian tuangkan adonan diatas ke dalam cetakan kue mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak goreng. Lalu kukus selama 15 menit atau hingga matang.
  4. langkah kedua, buat sausnya: rebus jadi satu semua bahan saus sampai mendidih sambil di aduk. Masukkan nangka, kemudian matikan api.
  5. Ambil kue putu bihun yang sudah dikukus dan sajikan dengan saus nangka selagi panas.


Yummi.. Resep Putu Bihun Sagu Mutiara pun selesai juga dibuat. Jika bunda pengen kreasi resep masakan yang lain, bunda bisa coba juga yang ini: #Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep Cara Membuat Telor Gabus Keju Enak dan Mudah#Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Mudah dan Enak atau #Resep Kue Apem Khas Nusantara, Dijamin Maknyuus..!

Minggu, 24 Januari 2016

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Murah dan Praktis

Kumpulan Resep Masakan Harian - Resep Tahu Isi Telur  | Sebagai selingan lauk pauk, menu masakan tahu isi telur ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas buat keluarga bunda.. Selain itu, bunda juga bisa mencoba Resep Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak dan LEZAT sebagai menu spesial.

Resep Cara Membuat Tahu Isi Telur Puyuh Yang Enak

Nah.. Untuk resep dan cara mudah membuat tahu isi telur ini, bunda dapat mencobanya sendiri dirumah dengan mengikuti tutorial masakan langkah demi langkah memasak yang mudah berikut ini:

Bahan-bahan :


  • 1 buah tahu putih
  • 100 gram udang, cincang
  • 20 gram tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 2 batang daun seledri, iris
  • 12 butir telur puyuh rebus matang, kupas
  • minyak secukupnya, untuk menggoreng


Bumbu Halus:


  • 2 siung bawang putih, iris, goreng
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1/4 sdt garam


Saus cocolan :


  • 50 ml kecap manis
  • 1 sdm petis udang


Cara membuat :


  1. Tahu dihaluskan terlebih dahulu, lalu campur dengan udang, telur, tepung sagu, bawang merah halus, daun bawang, garam, merica, dan seledri, aduk merata. Buat jadi adonan.
  2. Sementara itu, ambil adonan sesendok demi sesendok. Lalu bentuk bulat menyerupai  bola, isi telur puyuh didalamnya, bulatkan lagi. Lalukan cara ini sampai habis..
  3. Panaskan minyak goreng, dan goreng hingga matang, angkat.
  4. Buat saus cocolan enak:  campur semua bumbu halus dengan petis udang, aduk rata, tambahkan kecap manis, lalu aduk rata.


Resep Lauk pauk selingan yang enak pun sudah selesai dibuat. Pilihan resep lain yang enak dan bisa bunda coba adalah : #Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep Ayam Bungkus Saus Tiram Yang Gurih - #Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap - #Resep Ayam Goreng Spesial Gaya Korea Super Murah

Kamis, 21 Januari 2016

Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak dan LEZAT

Cara Paling Mudah Membuat Pepes Ikan Mas yang Enak - Pengen tau resep rahasia pepes ikan mas seperti yang ada di restoran2 bunda? Bunda nggak harus bingung2 lagi sekarang, karena disini akan kami bagikan resepnya secara gratis. Plus, bunda juga dengan mudah mengikuti tutorial membuat pepes ikan dengan mudah dan praktis.

Cara membuat Pepes Ikan Mas yang Enak

Apa saja resep dan bumbunya? yuk kita simak resepnya berikut ini..

Bahan Pepes Ikan Mas:


  • 1 kg ikan mas
  • daun pisang untuk membungkus


Bumbu Pepes Ikan:


  • 2 buah tomat
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang daun serai
  • 5 lembar daun salam
  • 50 gram daun kemangi
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng


Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 50 gram cabai merah
  • 5 butir kemiri
  • 5 gram asam jawa
  • ½ sdt. garam
  • 25 cc air


Cara Memasak Pepes Ikan Mas yang Enak:

  1. Bersihkan sisik dan isi perut ikan mas sampai bersih.
  2. Buat tiga irisan diagonal pada setiap sisi ikan, ini bertujuan agar bumbu lebih meresap
  3. Rendam ikan kedalam larutan garam dan asam jawa minimal selama 15 menit, lalu cuci dengan semangkuk air untuk membuang kelebihan garam
  4. Tambahkan sedikit minyak goreng ke bumbu yg sudah dihaluskan, aduk. Lalu Lumuri ikan mas dengan bumbu tersebut
  5. Tambahkan irisan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil, daun salam, daun kemangi, dan potongan daun serai
  6. Bungkus dengan daun pisang atau aluminum foil.
  7. Kukus dengan api sedang selama 30 menit atau gunakan panci bertekanan (presto) agar lebih cepat matang dan rasa yang lebih enak
  8. Dinginkan sebentar dan panggang di atas api, kalau bisa panggang di atas api arang supaya harum.

Resep Cara Membuat Pepes Tahu dan Udang Spesial

Resep Pepes Tahu Udang - Sudah siap masak bunda? Nyobain resep pepes tahu ini yuk.. Pepes kali ini dibuat sedikit beda, karena mamakai udang. Untuk bahan dan bumbunya masih sama aja sih, hanya saja ada sedikit tambahan.. Langsung simak aja yah langkah dan cara membuatnya..

Resep Cara Membuat Pepes Tahu dan Udang Spesial

Bahan-bahan:


  • 500gr tahu putih, dihaluskan
  • 250gr jamur merang, potong-potong
  • 250gr udang, kulit udang dikupas lalu cincang kasar
  • 3 butir telur, dikocok lepas
  • 200ml santan kental, bisa memakai santan instan.
  • 10 biji cabai merah, iris-iris menyerong
  • daun pisang secukupnya


Bumbu yang dihaluskan:

  • 10 butir bawang putih, 
  • 10 butir bawang merah, 
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh garam


Cara Membuat Pepes Tahu Udang yang Enak:

  1. Semua bahan dicampurkan termasuk bumbu yang sudah di haluskan di atas. Aduk hingga rata,
  2. Sediakan daun pisang secukupnya. Masukan dua sampai tiga sendok adonan udang. Bungkus dan semat dengan lidi.
  3. Setelah itu kukus dalam api besar hingga 30 menit.
  4. Angkat dan sajikan.

RAHASIA RESEP SUP DAGING & TULANG SAPI YANG SWEGERRR...

Olahan Daging - Bagaimana cara membuat Sup Tulang Dan Daging Sapi Yang Paling Enak? - Tulang dan daging sapi ini melimpah disaat hari raya 'idul adha, jadi bingung mau dimasak apa ya? hemm.. disate sudah, di panggang juga sudah, di goreng masa' tulang digoreng? bagaimana kalau di bikin sup/sop dengan kuah bening? hemm..boleh juga tuh, pasti swegerrr..seperti soto bening khas solo itu. Sup daging dan tulang sapi ini boleh dicampurkan, agar isinya bervariasi yang pastinya akan menambah nafsu makan.

Sup daging dan tulang sapi ini, sebenarnya juga mengandung kolesterol bisa anda perhatikan kuahnya dengan campuran lemak seperti minyak goreng, sehingga kalau dalam kondisi dingin minyak itu akan kembali ke tampilan aslinya yaitu lemak sapi yang berasal dari tulang iga, atau tulang kaki sapi. Makan-nya tidak diajurkan makan yang berlebihan, walaupun enak dan lezat sekalipun.
cara membuat Sup Tulang Dan Daging Sapi paling enak dan swegerr..

Sop daging dan tulang sapi ini cocoknya dimakan pada siang hari, dengan cuaca panas sup-nya juga hangat, dipadu dengan sambal korek atau sambal kecap, sambil pegang kerupuk wah enak banget pokoknya, apa lagi kalau sudah makan tinggal tulang-nya yang daging dan uratnya masih menempel pada tulang itu, anteng ngrikiti tulang...

Resep Dan Cara Membuat Sup‬ Daging dan Tulang Sapi

Bahan bahan:
  • 1/4 kg daging sapi
  • ½ Kg Tulang atau berapa saja terserah anda
  • Wortel 1 ons
  • 1/4 kentang
  • Buncis 1 ons (tidak wajib)
  • Daun seledri di iris kecil dan lembut
  • 2 ikat dun bawang di iris juga
  • Minyak goreng untu menumis
Bumbu Yang di Tumis :
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 2 siung
Bumbu Rempah:
  • Kapulaga 2 butir
  • Kayu manis 2 cm
  • Bunga lawang (Pekak) 3 kelopak
  • Cengkeh 1 butir
  • Merica halus sejumput
  • Jahe 2 cm dikeprak
Kapulaga dan bunga lawang (pekak)

Cara Membuat Sup :
  1. Rebus daging dan tulang sapi kurang lebih 1 jam buang busanya, dan Tambahkan bumbu rempah rebus sampai empuk 
  2. Haluskan bawang putih dan bawang merah kemudian tumis dengan api kecil hingga wangi, angkat dan masukkan kedalam rebusan daging dan tulang iga sapi
  3. Masukan sayuran wortel dan buncis sesaat sebelum diangkat, jangan lupa garam dan penyedap rasa secukupnya
  4. Ketika mau diangakat taburkan daun bawang dan irisan daun saledri lalu sajikan selagi hangat

Begitulah cara membuat Sop/Sup daging dan tulang sapi yang enak, lezat dan pastinya swegerrr...selamat mencoba, jangan lupa di share ya...

RESEP DAN CARA MEMBUAT KALIO‬ HATI AMPELA YANG ENAK

Resep Khas Padang - Bagaimana cara membuat kalio Hati Apela Yang Paling Enak? - Hati dengan Ampela kalau orang jawa bilang "Ati - Pelo" ini sebagian orang tidak menyukainya dengan alasan tinggi kolesterol, ya memang jadi tidak direkomendasikan untuk yang bermasalah kolesterol. Tapi taukah anda walaupun tidak disukai oleh sebagian orang ternyata rasanya enak sekali walaupun hanya di goreng dengan hanya bumbu garam saja dan masih anget anget itu, apa lagi ampela-nya itu hmm..ada sensasi kenyal dan gurih nikmat.

Tapi untuk kali ini bukan digoreng, kita akan membuat Kalio ati ampela khas Padang - Sumatera Barat, sudah taukan kalio itu apa? masakan kalio ini sejenis rendang tapi gak sampai lama masaknya, ya..masih ada basah basah gitu, gak sampai kering kaya' rendang itu poko'nya. Uniknya Hati ampela ini cara memasaknya biar gak berantakan usus-nya dipakai untuk tali, Apa saja resep dan bumbu serta bagaimana cara memasak Kalio Hati Ampela ini? yu' mari' kita mulai membuat-nya...
Cara memasak Kalio Hati Ampela

Resep, Bumbu & Cara Membuat Kalio Hati Ampela Khas Padang

Bahan bahan :
  • 5 pasang hati dan ampela ayam, cuci bersih
  •  5 potong usus ayam, cuci bersih
  • 750 ml santan kental
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • ½ lembar daun kunyit
  • 8 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • ½ sdt garam
  • 1 potong asam kandis
Bumbu Yang di Halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 1 1/2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
Cara Membuat Kalio Ati Ampela Khas Padang :
  1. Mula mula Bersihkan jeroan ayam hingga benar-benar bersih . buat guratan pada bagian ampela yang tebal. Angkupkan sepasang hati dan ampela, ikat dengan usus ayam. Pastikan usus mengikat kuat sehingga tidak akan terbuka.
  2. Lalu Tuang santan dalam panci bersama serai, daun kunyit, daun jeruk dan bumbu halus. Masak diatas api sedang sambil ditimba-timba hingga santan mendidih.
  3. Kemudian Masukan hati ampela, didihkan. Tambahkan garam dan asam kandis, aduk rata. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, jeroan empuk dan kuah mengental. Setalah dirasa sudah matang angkat saja...siap disajikan.

Begitulah resep dan cara membuat Kalio Hati Ampela yang enak dan lezat, selamat menikmati..
Jangan lupa di share ya kepada sahabat anda di sosial media, biar tau semua...

Rabu, 20 Januari 2016

Resep Cara Mudah Membuat Kroket Kentang Keju yang Enak

Resep Cara Mudah Membuat Kroket Kentang Keju Enak | Kue Kroket merupakan salah satu gorengan Favorit selain bakwan jagung manis, pisang goreng, atau Risoles. Selain rasanya yang gurih, resep ini juga banyak dipilih sebagai sajian saat acara hajatan maupun acara resmi lainya.

Resep Kroket Keju Yang Enak

Sebenarnya, resep dan cara membuat Kroket Goreng ini tidaklah sulit. Bunda hanya cukup menyiapkan bahan dan bumbunya seperti yang ada dibawah ini..

Bahan Kroket:


  • 350 gram kentang, kukus, haluskan
  • 1/4 bagian bawang bombay, cincang halus
  • 4 sdm tepung terigu
  • 125 ml susu cair
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk


Bahan Isian:


  • 75 gram keju cheddar, potong kotak kecil


Bahan Pelapis:


  • 2 butir putih telur, kocok lepas
  • 100 gram tepung panir


Cara Membuat Kroket Goreng:


  1. Tumis bawang bombay sampai harum.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga menjadi butiran.
  3. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit, aduk terus sampai adonan licin dan tidak menggumpal.
  4. Tambahkan kentang, garam dan merica bubuk.
  5. Aduk hingga adonan matang dan tercampur rata.
  6. Angkat, dinginkan sebentar.
  7. Ambil adonan, pipihkan.
  8. Isi dengan potongan keju, lalu tutup adonan dan buat adonan jadi bulat atau lonjong.
  9. Lakukan terus hingga adonan habis.
  10. Celupkan adonan dalam putih telur, lalu gulingkan dalam tepung panir hingga semua bagian tertutup rata.
  11. Goreng kroket dalam minyak panas hingga cokelat keemasan. Angkat, tiriskan.
  12. Sajikan selagi hangat.


Selain membuat gorengan, bunda bisa praktekin resep kue ini : Resep Membuat Kue Cubit Mungil Yang Enak - Resep Membuat Brownies Sandwich Ice Cream Spesial - atau Resep Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Pelangi.

Resep Risoles Goreng Isi Sayur, Enak, Mudah dan Murah

Resep Mudah Cara Membuat Risol isi Sayur Yang Enak | Resep gorengan ini terinspirasi dari dapurnya Bunda cantik @Yuni Kitchen. Setelah resep ini dicoba, ternyata hasilnya luar biasa mantap. Lumayan, bisa nambah2 pengalaman masak dan nambahin koleksi resep dapurnya di blog Resep Hari Ini. Buat bunda yang lain, wajib coba juga resep Risoles dengan bahan isi Sayuran ini yah...


Inspirasi Resep dan gambar, By: @Yuni Kitchen

Bahan Baku untuk Kulit Risoles:

Bahan baku yang perlu bunda siapkan untuk membuat gorengan Risoles/Risol isi Sayur yang enak adalah seperti dibawah ini. Caranya, campur semua bahan dibawah menjadi satu. Aduk sampe encer dan licin, lalu saring. Selanjutnya panaskan teflon, buat dadar sebagai kulit reseoles tipis2.. sisihkan.


  • 250 gr Tepung Terigu
  • 1 sdm Susu bubuk
  • 2 sdm Tepung kanji/sagu
  • 2 sdm Margarin cair/minyak
  • 1 telur
  • 600 ml Air/susu cair
  • garam secukupnya



Bahan Baku Isian Risol:

Bahan isian Risol sebenarnya bisa bunda kembangin sesuai minat. Namun disini kami merekomendasikan untuk memakai bahan isian seperti yang ada dalam daftar bahan dibawah ini. Caranya, Tumis bahan yang ada di daftar seperti: bawang putih sampai harum, masukan daging ayam dan tumis bentar, masukan wortel dan kentang aduk rata. Masukan air aduk rata, lalu tutup sebentar dan beri bumbu. Cicipi rasanya apakah sudah enak apa belum, terakhir masukan daun bawang dan juga larutan maizena. Aduk rata dan angkat.

  • 1 wortel potong dadu kecil
  • 1 kentang potong dadu kecil
  • 100 gr daging ayam potong dadu kecil
  • 2 daun bawang potong2
  • 1 bawang putih cincang
  • Garam, gula, merica bubuk, royco secukupnya
  • Sedikit air
  • 1 sdt maizena dilarutkan


Cara Membuatnya:

Langkah dan cara membuat Risoles goreng yang memiliki citarasa yang nikmat dan renyah sebenarnya tidak sulit, bisa dibilang mudah banget bun. Seperti ini cara membuatnya..

  1. Ambil selembar kulit risoles yang sudah dibuat pada poin pertama.
  2. Isi bahan kulit tersebut dengan bahan isian yang sudah dibuat pada poin kedua.
  3. Proses selanjutnya, lipat kulit risoles yang sudah diisi menyerupai lipatan amplop. 
  4. Lalu celupkan ke dalam kocokan putih telur. 
  5. Baluri dengan tepung panir/roti
  6. Terakhir, goreng Risoles tadi sampai matang. 
  7. Angkat dan siap dihidangkan.. Yummi


Selain resep diatas, resep masakan ini juga sangat kami rekomendasikan untuk dicoba bunda..: #Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya - #Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Kres-Kres Super Renyah - #Resep Tahu Isi (Isi Touge dan Wortel Spesial) dan Juga #Resep Membuat Lumpia Goreng Isi Daging Ayam 

Resep Roti Cane dan Cara Mudah Membuatnya

Resep dan Cara Membuat Roti Cane yang Enak. Setelah kesana kesini nyari resep roti mungil ini, akhirnya dapet juga resep roti cane yang lumayan gampang. Selesai dicoba dirumah, dari 1/4 tepung terigu jadi 6 buah roti cane yang enak Yummi, makin semangat masak...

Resep Membuat Roti Cane yang Enak

Pikiran saya sih daripada beli roti cane seporsinya bisa nyampe 10rb, mending coba bikin sendiri. Ternyata gampang mudah baanget cara bikinnya, pilihan lain bisa dikombinasikan dengan coklat dan keju biar lebih kekinian...

Bahan Roti Cane:


  • 1/4 terigu
  • 1 telur
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm mentega
  • Air secukupnya (dikira kira aja sampai kalis)
  • -Sedikit minyak untuk merendam


Caranya Membuat:

Cara membuat Roti cane ini bisa dilakukan dengan langkah-langkah seperti ini agar hasil masakan sempurna..

  • Campur semua bahan kecuali air
  • Tambahkan air sedikit dikit sampai kalis
  • Bagi menjadi 6 buletan
  • Diamkan selama 1 jam direndam dalam minyak sayur
  • Bentuk adonan & goreng
  • Topingnya skm,mesis & keju


Cara Membentuknya:

Agar tampilan roti cane lebih cantik dan menarik, bentuk roti juga harus di perhatiin. Bentuklah roti cane dengan cara seperti ini..

  1. Ambil adonan dan pipihkan sampai tipis
  2. Beri mentega sampai rata dan gulung (jadi nanti bentuknya dibuat memanjang gitu bun)
  3. Lalu gulung melingkar kaya obat nyamuk tapi 1sisi kekanan sisi lain ke Kiri (jadi kaya huruf S)
  4. Tumpuk kedua bulatan dan pipihkan lagi sampai tipis
  5. Lalu goreng dengan sedikit mentega

Selasa, 19 Januari 2016

Resep Dendeng Balado Pedas dan Cara Mudah Membuatnya

Resep Masakan Khas Dendeng Balado | Dendeng Balado adalah salah satu masakan pedas khas masakan Padang. Rasanya nikmat, pedas dan pasti sangat menggugah selera.

Resep masakan ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis dalam hal cara membuatnya. Bunda tinggal duplikasi resep dan cara membuat dendeng balado kering, basah dan pedas dibawah ini..

Resep Dendeng Balado Pedas

Bahan untuk membuat dendeng balado:


  • 400 gram daging gandik
  • 8 lbr daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air asam
  • 50 ml minyak untuk menumis
  • Minyak goreng


Bahan Bumbu dendeng balado di tumbuk kasar:


  • 7 butir bawang merah
  • 9 buah cabe merah besar


Cara Membuat Dendeng Balado yang Enak:

Tutorial, tips dan cara mudah membuat dendeng balado yang enak dan mudah, bisa bunda simak seperti pada langkah memasak berikut..

  1. Daging di iris tipis searah dengan seratnya.
  2. Taruhlah irisan daging di loyang tanpa minyak. Masukkan ke oven dan panaskan dengan suhu 150 derajat celsius selama 40 menit atau hingga kering. Dinginkan
  3. Goreng irisan daging yang sudah di oven menggunakan minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Lalu tumis bumbu yang ditumbuk kasar, beserta daun jeruk, daun salam, dan juga serai hingga harum.
  5. Terakhir, masukkan daging dendeng, garam, dan juga gula pasir, lalu aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok air asam, aduk sampai rata. 
  6. Angkat dan sajikan dendeng balado pedas yang baru dibuat.

Resep Sayur Asem Betawi Asli si Penggugah Selera..

Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Betawi | Sayur Asem adalah salah satu dari jenis masakan paling populer dikalangan warga Betawi, dengan cita rasanya yang gurih dan lezat mampu menggugah selera. Persis seperti Resep Ikan Asam Kuah Pedas Super Nikmat.

Resep Sayur Asem Betawi Asli

Bahan - Bahan :

Untuk membuat Sayur Asem Khas Betawi yang enak dan lezat, bahan-bahan yang wajib kamu siapkan adalah seperti berikut..

  • Kacang panjang
  • Daun melinjo
  • Jagung manis
  • Kacang tanah
  • Nangka muda
  • Pepaya muda
  • Air asem jawa
  • Labu siam
  • Biji melinjo


Bumbu :

Adapun bahan bumbu Sayur Asem Betawi yang mesti ada untuk digunakan memasak adalah..

  • Cabai rawit merah
  • Kacang tanah
  • Bawang merah
  • Daun salam
  • Lengkuas
  • Garam
  • Air


Cara Membuat:

Ikuti langkah dan tips cara membuat  Sayur Asam Betawi ini agar hasil masakan sup yang kamu buat lebih maksimal dan mantap..

  1. Haluskan bumbu kacang tanah, bawang merah, cabai dan bawang merah.
  2. Memarkan lengkuas dan juga daun salam.
  3. Didihkan air. Selanjutnya, masukkan potongan nangka dan jagung.
  4. Setelah nangka lunak, tambahkan bumbu sayur asem ke dalamnya.  Dan masukkan semua bahan sayur asem.
  5. Aduk rata, masak sampai empuk.
  6. Angkat dan sajikan.


Ini resep masakan lainya Bunda: #Resep Cara Membuat Sop Daging Sapi Mudah, Enak dan Gratis - #Resep dan Cara Membuat Sup Makaroni Spesial - #Resep Masak Ikan Kakap Saus - #Nikmatnya Resep Rujak Sayur Petis Super Pedas

Resep Cara Membuat Sop Daging Sapi Mudah, Enak dan Gratis

Resep dan Cara Memasak sop daging - Sebenarnya cara membuatnya dan bumbunya resep masakan ini cukup simpel dan mudah untuk dicoba sendiri dirumah. Bahan baku membuat sop daging yang enak dan resep dapurnya pun gampang ditemukan dipasaran.

Resep cara Membuat Sop Daging Sapi

Seperti pada Resep Rahasia Terong dan Teri Masak Balado Enak, Mudah pada artikel masakan sebelumnya. Biar lebih tau dan dapat dijadikan sebagai koleksi resep dapur, yuk dicoba resep daging sapi ini bunda :)

Bahan:

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sup daging sapi adalah sebagai berikut.. Bahan ini harus disiapin dahulu sebelum membuat..


  • 500 gr Daging Sapi, potong dadu
  • 1 buah Jeruk nipis, ambil airnya
  • 500 ml Air
  • 2 btg Wortel, potong melintang
  • 100 gr Jagung pipil
  • 2 siung Bawang putih, rajang halus
  • 1/2 Bawang bombai, rajang kasar
  • 2 cm Jahe, memarkan
  • 1 sdt Merica bubuk
  • 2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1 btg Daun bawang, potong 2 cm
  • 2 sdm Bawang goreng


Cara Membuat :

Ikuti langkah dan cara membuat Sup Daging sapi berikut ini agar hasil masakan sop daging sapi yang kamu buat rasanya enak dan lezat..

  1. Lumuri daging dengan jeruk nipis, lalu diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian cuci kembali dan tiriskan.
  2. Rebus daging sapi sampai benar2 empuk.
  3. Masukkan  bawang putih, bawang bombai, wortel, jagung, dan jahe. Masak sampai wortel empuk.
  4. Bumbui dengan garam, merica, dan gula, sesuai selera hingga dirasa cukup dan pas.
  5. Tambahkan irisan daun bawang, aduk hingga mendidih.
  6. Angkat dan taburi dengan bawang goreng.

Senin, 18 Januari 2016

KREASI RESEP SEMUR AYAM + JAMUR KANCING BUMBU SAUS TIRAM

Olahan Ayam & Jamur - Bagaimana cara memasak ayam semur dengan campuran jamur kancing yang lezat? - Ada yang unik dari kreasi masakan kita kali ini yaitu adanya jamur kancing yang gurih dan lezat, bahkan menurut saya makanan jenis jamur ini kelezatan-nya melebihi daging ayam itu sendiri, nah kali ini kita akan coba padukan ayam dengan jamur jenis kancing ini. Untuk mendapatkan jamur kancing ini agak susah karena diwarung sayur disekitar perumahan jarang yang jual, gak tau kenapa mungkin harganya diatas rata rata jamur pada umumnya. Jika susah carinya lebih baik cari di beberapa supermarkat dalam bentuk kalengan.
Cara memasak ayam semur dengan campuran jamur kancing yang lezat
Untuk ayamnya, silakan pilih bagian paha agar mudah cara makan-nya. Untuk cara membuatnya setelah mendapatkan bahan bahan-nya silakan ikuti cara dibawah ini...

Bahan & Bumbu Untuk 4 Porsi:

  • 500 gram paha ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis-tipis
  • 6 butir bawang merah, diiris tipis-tipis
  • 3 cm jahe
  • 2 buah tomat, diparut
  • 3 lembar daun salam
  • 1 kaleng jamur kancing
  • 6 sendok makan Kecap Manis Bango (recommended)
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 3 butir cengkeh
  • 4 butir kemiri, disangrai dan dihaluskan
  • 1000 ml (1 liter) air
  • 5 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 butir pala, diparut
  • 1 sendok teh gula merah sisir

Cara membuat:

  1. Mula mula Potong paha ayam masing-masing menjadi 4 bagian. Lumuri dengan air jeruk nipis lalu diamkan 10-15 menit.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga layu lalu tambahkan daun salam, jahe, kemiri, tumis hingga harum. Masukkan ayam, tumis hingga berubah warna dan tidak berair sampai berwarna kecokelatan.
  3. Tambahkan tomat, cengkeh, pala, kecap manis, saus tiram, garam dan gula merah.
  4. Tuangkan air, masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental lalu masukkan jamur. Masak sebentar lalu diangkat.

BACA JUGA: RESEP RAHASIA AYAM BACEM KHAS YOGYAKARTA MAK NYUSSS

Begitulah cara membuat Semur ayam campur jamur kancing dengn bumbu saus tiram yamg lezat, selamat mencoba

Reverensi: http://www.bango.co.id/

BUMBU DAN CARA MEMBUAT KALIO UDANG SPESIAL LEZAT

Olahan Udang - Bagaimana cara membuat kalio udang khas sumatera barat yang paling enak? apa saja resepnya? - Olahan binatang air jenis udang ini memang sangat digemari anak anak hingga orang dewasa, aromanya yang ciri khas gurih dan renyah jika digoreng ini membuat olahan udang menjadi mahal jika kita membeli di restorant. Tapi kali ini tidak dengan cara di goreng, kita akan bikin kalio udang, kalio ini mirip dengan rendang bedanya dibikin agak basah dan sedikit bekuah.

Kalio bertekstur lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat, sementara rendang lebih kering, bertekstur kasar, dan mengeluarkan aroma rempah yang tajam. Umumnya kalio dijual sebagai rendang di Rumah Makan Padang di luar Sumatera Barat karena waktu yang diperlukan memasak lebih pendek sehingga lebih praktis dan ekonomis untuk disajikan. Selain itu, rasanya tidak terlalu pedas. Lalu bagaimana cara memasak kalio udang ini? perhatikan caranya...

Resep Dan Cara Membuat Kalio Udang Khas Sumatera Barat

Bahan-bahan:
  • 15 ekor udang, lebih bagus lagi udang windu atau udang besar.
  • 1 butir kelapa parut
Bumbu-bumbu:
  • 8 butir bawang merah
  • 1/2 ruas kunyit
  • 4 siung bawang bawang putih
  • 4 buah cabe merah
  • 4 buah cabe hijau
  • 2 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1/2 ruas lengkuas
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 8 butir kemiri
  • asam kandis
  • garam dan lada secukupnya
Cara Memasak/Membuat Kalio Udang:
  1. Silakan bersihkan dulu udang-nya terutama kotoran yang diatas kepalanya itu
  2. Kemudian tumbuk halus Bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau, kemiri, lengkuas, dan erai dijadikan 1
  3. Untuk rasa yang nikmat Ketumbar disangrai lalu ditumbuk. Asam jawa dilarutkan dalam air kemudian kelapa diparut dan diambil santannya.
  4. Bumbu yang dihaluskan tadi ditumis dalam minyak yang telah dipanaskan sehingga tercium aromma wangi, kemudian tambahkan daun jeruk , daun kunyit, air santan dan kemudian masukan juga udangnya.
  5. Tunggu hingga mendidih, dan aduk-aduk terus. Kemudian masukan air larutan asam kandis, garam dan lada. Terus aduk hingga matang. Setelah itu angkat dan hidangan...!
BACA JUGA: RAHASIA RESEP KALIO CUMI + TELUR PUYUH PALING ENAK

Begitulah cara membuat kalio udang yang spesial lezat, Ok selamat menikmati, jangan lupa di share ya resep kalio udang ini, agar sahabat anda juga bisa memasak..

RESEP DAN CARA MEMBUAT GULAI AYAM PALING ENAK

Olahan Ayam Khas Padang - Bagaimana cara memasak gulai ayam yang paling enak? apa saja resep dan bumbunya? - Olahan ayam memang sangat beragam caranya, dan setiap daerah punya ciri khas bumbunya khususnya di Padang. Sebagian orang kurang menyukai masakan ayam yang berkuah karena makan sedikit sudah eNeg di perut dan malas untuk makan lagi, tapi ini dijamain tidak eNeg dan bikin nambah lagi sepiring makan-nya. Dengan ditemani lalapan daun singkong, sambalado hijau lalu ditaburi sedikit bumbu rendang akan terasa lebih nikmat rasanya.

Gulai ayam khas Padang - itulah namanya, dengan menggunakan ayam kampung asli dengan bumbu khas padang yaitu asam kandis, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe dam lain lain membuat gulai ayam ini terasa enak dilidah dan tidak eNeg. Lalu bagaimana cara membuatnya? yuk mari akau tunjukan, mudah kok'...


Resep, Bumbu dan Cara Membuat Gulai Ayam Khas Padang

Bahan bahan :
  • 1 ekor ayam kampung
  • 1000 ml santan
  • 2 lbr daun jeruk
  • 1 potong asam kandis
  • 2 btg serai
  • 1 lbr daun kunyit
  • 1 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus :
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 bh cabai merah
  • ½ sdt merica bulat
  • 5 btr kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe, memarkan
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • Garam secukupnya
Cara membuat Gulai Ayam:
  1. Mula mula Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu yang di haluskan tadi hingga harum.
  2. Kemudian Tambahkan daun jeruk , serai, daun kunyit dan asam kandis jangan lupa masukkan santan, aduk hingga mendidih
  3. Tahap terakhir Masukkan ayam, masak sampai matang lalu angkat dan sajikan
BACA JUGA: 2 RESEP AYAM GEPREK SPESIAL HUWS HAAHH..PEDASS..!!!

Caranya termasuk mudah dan simple tidak seperti bikin rendang atau soto ayam. Ok sahabat semua, itulah menu hari ini yang bisa anda praktekan dirumah, tidak perlu beli kewarung kalau hanya membuat gulai.

Resep Cara Membuat Telor Gabus Keju Enak dan Mudah

Resep Cemilan Hari Ini. Sudah pernah nyoba membuat cemilan Telur Gabusbunda? Kalo bunda sudah pernah membuatnya, tentu sudah tidak kesulitan lagi dong ya.. Tapi buat bunda2 yg belum pernah membuatnya jangan berkecil hati dulu.

Disini kami akan memberikan resep masakan secara gratis dan mudah di praktekin dirumah, tingga ikuti saja langkah langkah dan cara membuatnya seperti Resep Telur Gabus Keju dibawah ini..


Resep Cara Membuat Kue dan Cemilan Telor Gabus Keju Enak dan Mudah 


Bahan Telur Gabus Keju:

  • 50 gr tepung terigu
  • 200 gr tepung tapioka
  • 2 butir telor 
  • 2 sdm margarin
  • 100 gr keju di parut
  • 1/4 sdt garam
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupny


Cara Membuat Telur Gabus Keju:

  1. Campurkan semua bahan kecuali air, aduk2 sampai merata. Kemudian tambahkan air sedikit sedikit aduk lagi atau di uleni hingga mjd adonan kalis dan bisa di bentuk.
  2. Siapkan wajan penggoreng, lalu tuang minyak goreng yg cukup banyak. (api kompor jgn dihidupkan dulu)
  3. Ambil sejimpit adonan, bentuklah dengan memakai kedua telapak tangan dgn cara di gulung2. Masukkan ke dlm minyak di wajan. Lakukan cara ini hingga adonan cukup banyak dan penuh dgn ukuran minyak goreng . 
  4. Nyalakan api kecil saja. Goreng telur gabus sampai warnanya berubah agak kuning atau sampai tak berbuih.
  5. Setelah matang lalu angkat dan tirisan


Cara membuat Cemilan Telur Gabus Keju pun siap dibuat. Tinggal tugas bunda sekarang, daripada cuman dibaca aja. Mending resep cemilan ini dipraktekin dirumah, kalo sudah jadi jangan lupa dishare ke temen-temen yang lain, biar viral pahalanya.. Hehe.

Resep Bolu Pisang Panggang Enak

Resep dan Cara Mudah Membuat Bolu Pisang Panggang Yang Enak. Setelah kemarin membagikan Resep Sayur Bening Bayam Jagung Muda Super Praktis dan Lezat, sekarang giliran berbagi resep kue yang lezat sebagai selingan. Kue apa ya kira2? Yups, edisi kali ini kami akan membagikan resep kue bolu sederhana dan praktis. Namanya kue Bolu Pisang Panggang.

Resep Kue Bolu Pisang

Kue ini sebenarnya gampang banget untuk membuatnya, bisa dibilang sama seperti kalo kita membuat kue bolu pandan atau kue bolu lainya. Hanya saja kita menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Seperti apa resepnya dan gimana cara membuat kue bolunya? Yuk intip dapur masaknya berikut..

Resep dan Cara Mudah Membuat Bolu Pisang Panggang Spesial - Praktis -Mudah -Enak

Bahan - bahan

#Basah :

  • 5 buah pisang
  • 175 ml minyak goreng 
  • 3 butir telur (kocok secara manual sampi agak pucat)


#Kering :

  • 200 gr tepung terigu serba guna 
  • 125 gr gula pasir
  • 20 gr gula palm
  • 2 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt kayu manis bubuk


Cara membuat kue bolu pisang:

  1. Panaskan oven suhu 180. Api atas bawah.
  2. Campurkan semua bahan kering sambil diayak
  3. Campur bahan basah
  4. Mix semua bahan kering dan basah jadi satu dengan menggunakan whisk.
  5. Tuang adonan kedalam loyang
  6. Panggang  dalam kondisi suhu stabil 180' selama 30 menit (sampe tes tusuk gigi bersih)
Semoga Tips dan Cara Memasak Kue Bolu Pisang diatas bisa dipahami dan diikuti dengan baik ya bunda,, Jangan lupa dipraktekin resep diatas. Kalau sudah matang dan sukses, mimin juga mau dong nyobain hasil masakan bunda.. hehe.

Minggu, 17 Januari 2016

RESEP TEMPE & TAHU BACEM KHAS JAWA TENGAH MAK NYUSS..!!

Resep Khas Jawa Tengah - Bagaimana cara membuat tempe dan tehu bacem khas Jawa Tengah - Tahu dan tempe sakan akan tidak bisa lepas dari orang Indonesia dan ini memang menjadi makanan khas Indonesia, susah rasanya untuk bisa lepas ataupun mengurangi kenutuhan tempe dan tahu ini, buktinya tahun 2015 kemaren kita pernah mengalami kelangkaan kedelai, sudah cari kedelai untuk bahan membuat tempe dan tahu kalaupun ada harganya mahal, sehingga para pedagang banyak yang bangkrut berhenti memproduksi tahu dan tempe, mereka masih bertahan berjualan tempe dan tahu harganya mahal dan porsi-nya diperkecil.

Sekarang kita lupakan tentang kelangkaan kedelai ini, karena pemerintah mendatangkan dari negara lain gak tau thailand atau India kemarin itu. Ah yang pasti kita tidak kesusahan lagi mencari bahan baku tempe dan tahu ini. Tempe dan tahu ini memang praktis untuk dioalah dengan cara apa saja, digoreng, disayur pakai santan, dibakar juga enak. Memang enak tempe di bakar? hmm..belum coba ya? ini kebiasan saya waktu masih kecil, tempe di iris kotak lebar kemudian ditusuk dengan lidi lalu dimasukan ke api panggang maka tempe akan mengeluakan minyak sendiri bumbunya cukup garam ditaburkan dari kelurnya minyak inilah aroma tempe bakar terasa lebih gurih.
 Cara membuat tempe dan tehu bacem khas Jawa Tengah
Tempe dan Tahu Bacem - Kembali ke topik awal, tempe dan tahu juga enak untuk dibikin bacem. ini sering dilakukan oleh orang jawa tengah dan timur, karena saya orang jawa tengah maka saya kasih judul tempe dan tahu bacem khas jawa tengah. Olahan ini biasnya untuk campuran gudeg  Yogyakarta, sebenrnya bukan untuk gudeg saja tapi untuk makanan sehari hari dirumah juga sering bikin ini, saya sering lihat ibu saya bikin tahu dan tempe bacem sehingga hafal cara bikin dan resepnya. Ada 2 cara untuk membuatnya yaitu dengan air kelapa dan iar biasa. Dengan air kelapa biasanya rasa manis-nya akan lebih gurih. Untuk bumbu sebenarnya sudah tidak repot lagi, sekarang sudah ada yang instan. Tapi untuk mendapatkan rasa yang original sebaiknya bikin sendiri saja...

Resep & Cara Membuat Tempe dan Tahu Bacem Khas Jawa Tengah

1. Bahan & Resep Bacem Tahu & Tempe Dengan Air Kelapa 
  • 400 gram (1 -2 papan) tempe , potong sesuai selera
  • Tahu 5 - 7 kotak atau sesuai selera
  • 800 ml air kelapa
  • 100 gram gula merah, sisir
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • ½ sdt garam
  • minyak untuk menggoreng
Bahan Yang di Haluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdm ketumbar
  • 3 batang serai, ambil putihnya
Langkah Langkah Membuat Bacem Tempe dengan Air Kelapa
  1. Silakan Ungkep atau rebus tempe dan tahu bersama air kelapa, gula merah, kecap manis, daun salam, lengkuas, garam, dan bumbu halus sampai matang dan meresap.
  2. Panaskan minyak, goreng tempe dan tahu di atas api sedang hingga kecokelatan jangan terlalu kering. 
  3. Lalu Angkat, tiriskan dan terakhir siap di hidangkan.
2. Resep Tempe & Tahu Bacem Tanpa Air Kelapa
  • 400 gram tempe, potong sesuai selera
  • 5 - 7 kotak tahu atau sebanyak yang anda mau
  • 300 ml air
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam
  • garam, gula dan kecap manis sesuai selera
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • minyak untuk menggoreng
Bahan Yang di Haluskan :
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri
Cara Membuat Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa
  1. Mula mula Campur bumbu halus dengan air, gula merah, asam, gula, garam, dan kecap manis di dalam wajan atau panci. Masukkan tempe dan tahu, susun dan ratakan hingga terendam bumbu, tambahkan daun salam dan lengkuas.
  2. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan air menyusut. Angkat dan dinginkan.
  3. Panaskan minyak lalu goreng tempe dan tahu hingga berwarna coklat gelap jangan sampai terlalu kering. 
  4. Jika sudah dirasa cukup matang Angkat, tiriskan dan hidangkan.

Sebenarnya tanpa digoreng juga tempe dan tahu bacem sudah siap untuk dinakan, karena itu sudah jadi tempe dan tahu bacem. kalau digoreng tergantung selera daerah masing masing. Itulah cara membuat tempe dan tehu bacem khas Jawa Tengah, jika ini bermanfaat silakan di share...

Jumat, 15 Januari 2016

RESEP IKAN KEMBUNG BAKAR PALING ENAK

Olahan Ikan Kembung Khas Padang - Bagaimana Cara membuat Ikan kembung Bakar Supaya Enak? - Ikan kembung banyak kita dapatkan dari berbagai warung sayur dan beberapa supermarket, karena memang harga ikan kembung termasuk murah sehingga bisa dijangkau kalangan bawah sekalipun. Ikan Kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger, suku Scombridae. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel. Di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama lema atau tatare, di Makassar disebut banyar atau banyara. Dari sini didapat sebutan kembung banjar.

Ikan kebung bisa diolah dengan berbagai macam cara digoreng, dipindang "Pindang kembung", dijadikan ikan asin. Salain itu cara mengolah ikan kembung bisa juga dengan di bakar, ikan kembung bakart banyak kita jumpai di rumah makan Padang, karena memang jarang saya jumpai ikan kembung bakar di warung lain-nya. Kalau menurut saya justru dengan dibakar ini rasanya lebih gurih dan terasa bumbunya, bagaimana cara membakarnya dan apa saja resep/bumbu ikan kembung bakar ini? yuk mari'..aku tunjukan Ikan Kembung Bakar Yang Paling Enak...
Cara membuat Ikan kembung Bakar Supaya Enak

Resep Dan Cara membuat Ikan Kembung Bakar yang Paling Enak

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • 1 kg = 6 ekor Kembung banjar yang segar. Kalau pakai kembung jenis yang lain, sisik badan dekat ekornya keras.
  • Jeruk nipis – diperas ambil airnya sebanyak 1 sendok makan.
  • Garam – 1/2 sendok makan
  • Santan 1/4 bagian dari 1 butir kelapa.
  • Bawang merah – 7 butir , diblender
  • Bawang putih – 4 butir, diblender
  • Kunyit giling – 3 sendok makan
  • Cabe merah besar giling – 4 sendok makan
  • 9. Sereh – 3 batang, dimemarkan
  • Daun jeruk – 3 lembar
  • Garam – 1/2 sendok makan
  • Merica bubuk – 1/4 sendok makan
  • Sasa – 1/4 sendok makan
  • Mentega – 1 sendok makan
Caranya Membakar Ikan Kembung:
  1. Mula mula Rendam ikan kembung dalam air jeruk dan garam selama 3 menit untuk menghilangkan bau amis dan supaya air garam meresap.
  2. Campur dan aduk bumbu di atas .
  3. Siapkan arang yang membara.
  4. Oles ikan kembung tersebut dengan mentega.
  5. Bumbu yang sudah disiapkan, ditimpakan ke ikan kembung bolak balik.
  6. Dikipas dan dibolak balik selama dibakar, supaya ikannya matang merata sampai bumbunya kering…

Nah begitulah caranya membuat ikan kembung bakar khas Rumah Makan Padang, rasanya pedas pedas gurih...

Selasa, 12 Januari 2016

KREASI RESEP BALADO CUMI BROCIS (BROKOLI BUNCIS)

Olahan Ikan Cumi - Bagaimana cara memasak cumi dengan campuran Brokoli & Buncis - Banyak kreasi memasak ikan cumi, dengan dicampuri apa saja sepertinya Ok saja tetap enak, salah satunya dengan dicampuri sayur Brokoli dan Buncis. Sebagaimana kita tau sayur brokoli ini penuh dengan vitamin, 100 g Brokoli segar mengandung Vitamin A 623 IU, atau 21% dari tingkat kebutuhan harian yang direkomendasikan, selain itu merupakan anti oksidan yang merupakan anti kanker membantu melindungi kita dari berbagai jenis kanker, seperti  prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas, dan kanker payudara.

Kreasi Balado Cumi Brocis - Kandungan dan gizi ikan cumi juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Manfaat seafood juga hadir dalam cumi-cumi sangat kaya akan mineral dan nutrisi, protein, vitamin, dan Omega3 yang khas dari kandungan gizi hewan laut yang satu ini. Wah.. banyak pokoknya kalau disebut nilai gizi dan manfaat. Dari semua manfaat yang paling menonjol adalah menambah nafsu makan, jadi kebanyakan cerita nih lalu kapan masaknya? Ok langsung saja yuk...

Cara Membuat Balado Cumi Brocis (Brokoli Buncis)

Bahan-bahan balado cumi brocis :
  • 500 gram cumi yg telah dibersihkan dan dihilangkan tintanya
  • 100 gram buncis
  • 100 gram brokoli
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah besar
  • 4 buah cabe rawit
  • 1 buah kemiri yg telah di goreng
  • 1/2 buah tomat (iris)
  • 1 batang daun bawang (iris)
  • secukupnya garam,, penyedap rasa
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 100 mL air
Cara Membuat Balado Cumi Buncis:
  1. Silakan potong cumi sesuai selera, kemudian rebus dengan air mendidih tambahkan garam secukupnya hingga cumi matang, lalu tiriskan.
  2. haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri yg telah digoreng, cabe merah, cabe rawit, garam, penyedap rasa.
  3. Lalu panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu yg telah di haluskan hingga wangi.
  4. tambahkan air kedalam wajan hingga mendidih, lalu tambahkan tomat kemudian cicipi rasa.
  5. Setelah rasanya pas dilidah, masukkan  cumi yg telah direbus tadi, buncis, dan brokoli, hingga cukup matang.
Baca juga: Cara Praktis Memasak Balado cumi spesial lezat

Begitulah kreasi masakan ikan cumi dengan campuran Brokoli & Buncis (Brocis), ini ternasuk masakan yang sederhana dan mudah, semua ibu ibu pasti bisa dan mungkin lebih tau...

NIH...!!! COBA RESEP AYAM BALADO HIJAU YANG PALING LEZAT

Olahan Ayam Pedas - Bagaimana Cara Membuat Ayam Balado Hijau Yang Paling Enak & Lezat? - Apa Kabar Ibu ibu muda yang cantik? lihat dapur-nya sedang masak apa hari ini? Hemm...ayam goreng lagi gak bosen tuh cuma digoreng saja? saya ada resep olahan ayam yang paling enak nih..! mau coba? nih coba ayam balado hijau, ayam yang degoreng kemudian di bumbui cabai hijau. Untuk orang padang mungkin ini sudah biasa tapi kalau anda bukan orang padang sepertinya harus anda coba.

Ayam Balado Hijau ini saat di masak aromanya sungguh nikmat padaun dari gurihnya ayam goreng, langu-pedas-nya cabai hijau dan wanginya daun jeruk purut pasti akan menambah selera makan anda sekeluarga. Penasarankan? kalau begitu jangan lama lama yuk kita kumpulkan bahan dan bumbunya...
Membuat Ayam Balado Hijau Yang Paling Enak & Lezat

Resep Ayam Balado Hijau Yang Paling Lezat

Bahan Bahan dan bumbu:
  • 1 ekor ayam, cuci hingga bersih, dan potonglah sesuai selera;
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Garam secukupnya;
  • Minyak goreng untuk menumis;
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 2 buah serai, ikatkan kedua batang serai;
Haluskan Bumbu:
  • 10 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 20 buah cabai hijau besar
  • Jahe sedikit saja
  • Kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt garam
Cara Membuat Ayam Balado Hijau:
  1. Mula mula Silahkan lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan dan biarkan selama 15 menit hingga meresap.
  2. Goreng ayam dalam minyak hingga kuning kecokelatan atau bisa Anda sesuaikan.
  3. Tumislah bumbu halus hingga matang, masukkan daun jeruk dan serai.
  4. Terakhir, masukkan ayam goreng. Aduk hingga bumbu cabai hijau merata.
  5. Jika dirasa sudah cukup rata bumbunya, Sajikanlah untuk makan bersama keluarga Anda.
Baca juga: CARA MEMBUAT AYAM BAKAR BETUTU KHAS BALI YANG LEZAAAT

Begitulah cara Membuat Ayam Balado Hijau Yang Paling Enak & Lezat?, ternyata mudah-kan? walaupun tidak semudah ayam goreng, tapi ini lebih spesial..

TUTORIAL LENGKAP CARA MEMBUAT ONDE-ONDE ISI KACANG HIJAU

Bikin Cemilan yuk - Bagaimana Cara Membuat Onde Onde Isi Kacang Hijau Yang Paling Lezat? - Orang Indonesia pasti sudah sangat mengenal makanan jenis Kue yang di dalamnya ada kacang hijau yang lembut ini, kemudian di luarnya ada biji wijen yang melekat, ya...Onde Onde Kacang Hijau. Makanan jenis Kue ini benar benar lezat rasanya, tinggal mak ceplus langsung terasa aroma wangi dan manisnya kacang hijau yang dilembutkan itu.

Tapi pernahkah anda berpikir bagaimana cara membuatnya? Tidak-kah anda ingin membuat sendiri yang pastinya dengan selera anda sendiri, Jangan khawatir saya ada resep cara membuat Onde Onde isi kacang hijau ini beserta gambar lengkap agar anda mudah memahaminya. Resep ini saya dapatkan dari temen saya di Facebookk dan terbukti mak nyusss...!!! rasanya. Penasaran Bagaimana cara Membuatnya? nih baca dan pahami dulu kemudian praktek-kan...



TUTORIAL LENGKAP CARA MEMBUAT ONDE-ONDE ISI KACANG HIJAU

Bahan Isi Onde Onde‬
A
  • 125 gr kacang hijau, cuci bersih
  • 500 ml air
  • 1 daun pandan, potong jadi 4
  • Silakan Rebus air sampai mendidih, masukkan kacang hijau, masak sampai kuah menyusut/habis
B
  • 50 gr gula merah, sisir halus
  • 100 ml air
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • Silakan anda Rebus sampai gula larut, kemudian saring
C
  • 150 ml santan dari 100 gr kelapa parut atau 1/4 butir kelapa(buang kulit ari).Atau ganti dg 1 bungkus kara 65 ml+encerkan dg air, ukur 150 ml
  • 30 gr gula pasir/2 sdm
  • 1/4 sdt peres garam
Cara membuat Isi Onde Onde:

  1. Campur A+B, setelah mendidih masukan C, lalu aduk
  2. Masak terus sampai santan meresap dan habis/tidak berkuah, boleh kecilkan api jika takut gosong
  3. ‪Setelah‬ matang, angkat. Biarkan sampai dingin
  4. Bulatkan isian seberat 10 gr

Bahan Kulit Onde Onde (Bagian Luar)

  • 500 gr tepung beras ketan
  • 50 gr tepung beras/5 sdm
  • 150 gr gula pasir/10 sdm
  • 2 bungkus vanili bubuk/1 sdt/2 gr
  • 1 sdt garam
  • 5 sdm minyak goreng/35 gr
  • Biji wijen secukupnya
  • 400 ml santan panas(saya pakai 130 ml santan kemasan(2 bungkus kara kecil ditambah air termos/air panas, ukur jadi 400 ml atau pakai 1/2 butir kelapa/200 gr kelapa parut, diperas dg air dan rebus sampai panas)
Cara membuat Onde Onde Isi Kacang Hijau:
  1. Mula mula ‎Campur‬ semua bahan kulit kecuali santan, lalu aduk rata
  2. ‪Kemudian Tuang‬ santan sedikit2 sambil diuleni sampai kalis/tercampur rata
  3. Lalu ‎Tutup‬ rapat adonan agar tidak kering sesudah itu ‎Ambil‬ 20 gr adonan kulit, kemudian:
  4. Remas2, pipihkan lalu beri isi kacang ijo yang di atas tadi
  5. Silakan anda rapatkan lagi remas dan bulatkan lalu gulingkan ke wijen. Ukuran adonan boleh lebih, jadi 25-30 gr(bila Anda lebih suka kulit yg lebih tebal)
  6. ‪Lakukan‬ sampai dapat agak banyak, lalu adonan yg sudah digulingkan ke wijen, bulatkan dengan kedua telapak tangan agar wijen menempel sempurna
  7. ‪Setelah adonan onde onde anda Kerjakan‬ sampai selesai semua, kemudian ketahap penggorengan, 
  8. Panaskan‬ 1 liter minyak dengan api kecil Fungsi api kecil: agar onde-onde yang tadinya saat dimasukkan bentuknya tidak bulat/peyang, otomatis bisa membesar/mengembang dan bulat mulus. Kalau api sedang/besar, otomatis ukuran onde2 tetap/kurang mengembang dan bentuk tidak bulat mulus
  9. Setelah minyak panas, masukkan 10 onde onde sekaliguas atau terserah anda yang penting cukup tempatnya.
  10. ‪‎Diamkan‬ sebentar lalu aduk sesekali agar tidak gosong. Terus‬ aduk2 sampai onde-onde mengembang bulat mulus dan ukuran lebih besar
  11. Nah, Setelah onde-onde mengembang, besarkan apinya sedikit, setelah berwarna kecokelatan angkat saja sudah matang itu...
Baca juga: RESEP CARA MEMBUAT KUE WAJIK KETAN YANG LEGIT BANGET

Tips, Setiap‬ kali akan menggoreng, kecilkan lagi apinya, agar tidak langsung gosong saat di masukan. Untuk ukuran kulit seberat 20 gr, 1 resep bisa jadi 50-54 onde-onde.
Nah begitulah tutorial lengkap cara membuat Onde Onde isi Kacang Hijau yang paling enak dan lezat. Silakan simpan atau bookmark halaman ini, Sajian Onde Onde ini yang lezat ini sangat cocok saat ada acara kumpul rame bersama teman dan kelurga. Jangan lupa share ke media sosial agar sahabat Facebook anda juga mengetahui, Selamat mencoba...

Tanks : Lovely Ayi